Lembar Pengamatan Pratek Pembelajaran UP 1
ON 2 up
1
A. Tujuan
Peserta melaksanakan praktek
pembelajaran dan menyusun RPP unit 2
B. Petunjuk
1.
Peserta melaksanakan pratek pembelajaran dengan
langkah-langkah sebagai berikut:
a.
Peserta melakukan persiapan sebelum melaksanakan
pratek pembelajaran
b.
Peserta melaksanakan proses
pembelajaran berdasarkan RPP yang telah disusun pada kegiatan IN-3
c.
Pengawas pembina melakukan pengamatan pratek pembelajaran yang dilakukan
peserta dengan mengunakan format Lembar
Pengamatan Praktik Pembelajaran Berorientasi HOTS yang telah tersedia
2.
Peserta mengaupload lembar
pengamatan yang telah di isi oleh pengawas ke aplikasi pendampingan Online
3.
Peserta menyusun RPP berorientasi
HOTS Unit ke 2 sesuai dengan desain pembelajaran yang telah di susun pada In 3
dengan mengunakan LK-5.
4.
Peserta mengisi Jurnal Pratek mengajar.
Format
Lembar Pengamatan Praktik Pembelajaran Berorientasi HOTS
Format
Pengamatan
Nama Peserta :
xxxxxxxxxxxxxxx
Mata Pelajaran :
IPA
Modul /Kelompok Kompetensi/ Layanan/Kls : TINGGI
Kegiatan Pembelajaran :
UP 1
Aspek yang Diamati
|
Ya
|
Tidak
|
Catatan
|
||||
Kegiatan Pendahuluan
|
|
|
|
||||
1
|
Memotivasi
peserta dalam memulai pembelajaran
|
ü
|
|
Terlaksana dengan baik
sesuai yang di harapkan
|
|||
2
|
Mengondisikan suasana
belajar yang nyaman (pengaturan tempat duduk, media,
kesiapan alat bantu pembelajaran)
|
ü
|
|
Dilaksanakan sesuai dengan
langkah-langkah pembelajaran
|
|||
3
|
Menyampaikan
tujuan, kompetensi, indikator, alokasi waktu dan skenario kegiatan
pembelajaran
|
ü
|
|
Kegiatan pembelajaran
terlaksana sesuai yang di harapkan
|
|||
Kegiatan Inti
|
|
|
|
||||
Penguasaan materi dan pengelolaan pembelajaran
|
|
|
|
||||
Kemampuan memfasilitasi
Pembelajaran
|
|
|
|
||||
1
|
Menguasai materi pembelajaran
|
ü
|
|
Penguasaan materi terlaksana sesuai dengan
langkah langkah pembelajaran
|
|||
2
|
Menyajikan materi secara sistematis
|
ü
|
|
Penyajian materi sesuai yang di harapakn
|
|||
3
|
Menguasai kelas
|
ü
|
|
Menguasai kelas dengan baik
|
|||
4
|
Melaksanakan pembelajaran
sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan
|
ü
|
|
Kegiatan pembelajaran terlaksana sesuai
alokasi waktu yang di rencanakan
|
|||
Pelibatan peserta dalam
pembelajaran
|
|
|
|
||||
1
|
Menumbuhkan partisipasi
aktif peserta dalam kegiatan belajar
|
ü
|
|
Peserta didik aktif dalam kegiatan
pembela an
|
|||
2
|
Merespon positif partisipasi peserta
|
ü
|
|
Peserta didik berlomba lomba menga ukan pertanyaan
|
|||
3
|
Menumbuhkan keceriaan atau
antusiasme peserta dalam belajar
|
ü
|
|
Peserta didik bersemangat men wab persyaratan
|
|||
Integrasi Saintifik, Aspek HOTS, Kecakapan abad 21 dan dimensi
pengetahuan dalam pembelajaran
|
|
|
|
||||
1
|
Proses Saintifik (5M)
|
ü
|
|
Kegiatan inti sesuai kriteria dan langkah
langkah pembelajaran saintifik
|
|||
2
|
Aktivitas pembelajaran HOTS
|
ü
|
|
|
|||
|
a
|
Transfer Knowledge
|
ü
|
|
Sesuai dengan aktifitas pembelajaran mengenai
transfer knowledge
|
||
|
b
|
Critical Creativity
|
ü
|
|
Sesuai dengan aktifitas pembelajaran mengenai
creativity
|
||
|
c
|
Problem Solving
|
ü
|
|
Terlaksana sesuai langkah langkah pembelajaran
dalam pemecahan masalah
|
||
3
|
Kecakapan abad 21 (4C)
|
ü
|
|
Kecakapan abad 21 terlaksana sesuai yang
diharapkan
|
|||
4
|
Dimensi Pengetahuan
|
ü
|
|
Dimensi pengetahuan terlaksana dengan baik sesuai
langkah langkah pembela aran
|
|||
Pemanfaatan media/sumber
belajar dalam pembelajaran
|
|
|
|
||||
1
|
Menunjukkan keterampilan dalam
penggunaan media belajar
|
ü
|
|
Penggunaan media sesuai dengan materi
|
|||
2
|
Menunjukkan keterampilan dalam
penggunaan sumber pembelajaran
|
ü
|
|
Peserta didik menun ukkan gambar siklus air
|
|||
3
|
Melibatkan peserta dalam
pemanfaatan media belajar
|
ü
|
|
Keterlibatan peserta didik menun ukksn siklus air
|
|||
Pelaksanaan penilaian pembelajaran
|
|
|
|
||||
1
|
Melaksanakan penilaian sikap
|
ü
|
|
Mengamati sikap setiap peserta didik dalam
proses pembelaran sesuai yang di harapkan
|
|||
2
|
Melaksanakan penilaian
pengetahuan
|
ü
|
|
Peserta didik aktif melakukan tanya awab
|
|||
3
|
Melaksanakan penilaian
keterampilan
|
ü
|
|
Penilaian keterampilan sesuai dengan yang
diharapkan
|
|||
Penggunaan bahasa yang benar dan tepat dalam pembelajaran
|
|
|
|
||||
1
|
Menggunakan bahasa lisan secara jelas dan lancar
|
ü
|
|
Guru menggunakan bahasa lisan dengan jelas dan
lancar
|
|||
2
|
Menggunakan bahasa tulis yang
baik dan benar
|
ü
|
|
Guru dan peserta didik menggunakan bahasa
tulis yang baik dan benar
|
|||
Kegiatan Penutup
|
|||||||
1
|
Memfasilitasi peserta merangkum materi pelajaran
|
ü
|
|
Guru menyimpulkan materi pembela an
|
|||
2
|
Melakukan rerefleksi proses dan
materi pelajaran
|
ü
|
|
Guru melakukan tanya awab tentang materi
pembelajaran
|
Kelebihan:
Kelebihan:
1. Proses pembelajaran
sudah menggunakan mata pelajaran yang menarik siswa untuk belajar
2. Pendekatan yang
digunakan sudah scientific apporoach yang menggali pemahaman siswa tentang
materi yang diajarkan
Kekurangan:
Penggunaan soal HOTS masih kurang
didalalm menyusun soal tingkat pengetahuan
Masukkan terhadap penyajian Simulasi:
Didalam Penyajian proses
pembelajaran masih perlu ditambah alat peraga agar peserta didik lebih aktif
lagi di kegiatan pembelajaran
|
0 Response to "Lembar Pengamatan Pratek Pembelajaran UP 1"
Posting Komentar