-->

Lembar Pengamatan Pratek Pembelajaran UP 1


ON 2 up 1

A.   Tujuan
Peserta melaksanakan praktek pembelajaran dan menyusun RPP unit 2
B.    Petunjuk
1.         Peserta melaksanakan pratek pembelajaran dengan langkah-langkah sebagai berikut:
a.       Peserta melakukan persiapan sebelum melaksanakan pratek pembelajaran
b.       Peserta melaksanakan  proses pembelajaran berdasarkan RPP yang telah disusun pada kegiatan IN-3
c.       Pengawas pembina melakukan pengamatan pratek pembelajaran yang dilakukan peserta dengan mengunakan format Lembar Pengamatan Praktik Pembelajaran Berorientasi HOTS yang telah tersedia
2.         Peserta mengaupload lembar pengamatan yang telah di isi oleh pengawas ke aplikasi pendampingan Online
3.         Peserta menyusun RPP berorientasi HOTS Unit ke 2 sesuai dengan desain pembelajaran yang telah di susun pada In 3 dengan mengunakan LK-5.
4.         Peserta mengisi Jurnal Pratek mengajar. 
  


Format Lembar Pengamatan Praktik Pembelajaran Berorientasi HOTS


Format Pengamatan

Nama Peserta                                                                   : xxxxxxxxxxxxxxx
Mata Pelajaran                                                                 : IPA
Modul /Kelompok Kompetensi/ Layanan/Kls : TINGGI
Kegiatan Pembelajaran                                               : UP 1

Aspek yang Diamati
Ya
Tidak
Catatan

Kegiatan Pendahuluan




1
Memotivasi peserta  dalam memulai pembelajaran
ü   

Terlaksana dengan baik sesuai yang di harapkan

2
Mengondisikan suasana belajar yang nyaman (pengaturan tempat duduk, media, kesiapan alat bantu pembelajaran)
ü   

Dilaksanakan sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran

3
Menyampaikan tujuan, kompetensi, indikator, alokasi waktu dan skenario kegiatan pembelajaran
ü   

Kegiatan pembelajaran terlaksana sesuai yang di harapkan

Kegiatan Inti




Penguasaan materi dan pengelolaan pembelajaran




 Kemampuan memfasilitasi Pembelajaran




1
Menguasai materi pembelajaran
ü   

Penguasaan materi terlaksana sesuai dengan langkah langkah pembelajaran

2
Menyajikan materi secara sistematis 
ü   

Penyajian materi sesuai yang di harapakn


3
Menguasai kelas
ü   

Menguasai kelas dengan baik

4
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan
ü   

Kegiatan pembelajaran terlaksana sesuai alokasi waktu yang di rencanakan

Pelibatan peserta   dalam pembelajaran




1
Menumbuhkan partisipasi aktif   peserta dalam kegiatan belajar
ü   

Peserta didik aktif dalam kegiatan pembela  an

2
Merespon positif partisipasi peserta  
ü   

Peserta didik berlomba lomba menga  ukan pertanyaan

3
Menumbuhkan keceriaan atau antusiasme peserta dalam belajar
ü   

Peserta didik bersemangat men       wab persyaratan

Integrasi Saintifik, Aspek HOTS, Kecakapan abad 21 dan dimensi pengetahuan dalam pembelajaran




1
Proses Saintifik (5M)
ü   

Kegiatan inti sesuai kriteria dan langkah langkah pembelajaran saintifik

2
Aktivitas pembelajaran HOTS
ü   




a
Transfer Knowledge
ü   

Sesuai dengan aktifitas pembelajaran mengenai transfer knowledge


b
Critical Creativity
ü   

Sesuai dengan aktifitas pembelajaran mengenai creativity


c
Problem Solving
ü   

Terlaksana sesuai langkah langkah pembelajaran dalam pemecahan masalah

3
Kecakapan abad 21 (4C)
ü   

Kecakapan abad 21 terlaksana sesuai yang diharapkan

4
Dimensi Pengetahuan
ü   

Dimensi pengetahuan terlaksana dengan baik sesuai langkah langkah pembela  aran

Pemanfaatan media/sumber belajar dalam pembelajaran




1
Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan  media belajar 
ü   

Penggunaan media sesuai dengan materi

2
Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan   sumber pembelajaran
ü   

Peserta didik menun ukkan gambar siklus air

3
Melibatkan peserta   dalam  pemanfaatan  media belajar
ü   

Keterlibatan peserta didik menun  ukksn siklus air

 Pelaksanaan penilaian pembelajaran




1
Melaksanakan penilaian sikap
ü   

Mengamati sikap setiap peserta didik dalam proses pembelaran sesuai yang di harapkan


2
Melaksanakan penilaian pengetahuan
ü   

Peserta didik aktif melakukan tanya awab

3
Melaksanakan penilaian keterampilan
ü   

Penilaian keterampilan sesuai dengan yang diharapkan



Penggunaan bahasa yang benar dan tepat dalam pembelajaran




1
Menggunakan bahasa lisan secara jelas dan lancar
ü   

Guru menggunakan bahasa lisan dengan jelas dan lancar

2
Menggunakan bahasa tulis yang baik dan benar
ü   

Guru dan peserta didik menggunakan bahasa tulis yang baik dan benar

Kegiatan Penutup
1
Memfasilitasi peserta  merangkum materi pelajaran
ü   

Guru menyimpulkan materi pembela  an

2
Melakukan rerefleksi proses dan materi pelajaran
ü   

Guru melakukan tanya awab tentang materi pembelajaran














































































Kelebihan:
Kelebihan:
1.    Proses pembelajaran sudah menggunakan mata pelajaran yang menarik siswa untuk belajar
2.    Pendekatan yang digunakan sudah scientific apporoach yang menggali pemahaman siswa tentang materi yang diajarkan 
Kekurangan:
Penggunaan soal HOTS masih kurang didalalm menyusun soal tingkat pengetahuan
Masukkan terhadap penyajian Simulasi:
Didalam Penyajian proses pembelajaran masih perlu ditambah alat peraga agar peserta didik lebih aktif lagi di kegiatan pembelajaran





                                                                                                                

0 Response to "Lembar Pengamatan Pratek Pembelajaran UP 1"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel