Lembar Pengamatan Pratek Pembelajaran UP 2
ON 3 UP
2
A. Tujuan
Peserta melaksanakan praktek
pembelajaran dan menyusun RPP unit 2
B. Petunjuk
1.
Peserta melaksanakan pratek pembelajaran dengan
langkah-langkah sebagai berikut:
a.
Peserta melakukan persiapan sebelum melaksanakan
pratek pembelajaran
b.
Peserta melaksanakan proses
pembelajaran berdasarkan RPP yang telah disusun pada kegiatan IN-3
c.
Pengawas pembina melakukan pengamatan pratek pembelajaran yang dilakukan
peserta dengan mengunakan format Lembar
Pengamatan Praktik Pembelajaran Berorientasi HOTS yang telah tersedia
2.
Peserta mengaupload lembar
pengamatan yang telah di isi oleh pengawas ke aplikasi pendampingan Online
3.
Peserta menyusun RPP berorientasi
HOTS Unit ke 2 sesuai dengan desain pembelajaran yang telah di susun pada In 3
dengan mengunakan LK-5.
4.
Peserta mengisi Jurnal Pratek mengajar.
Format
Lembar Pengamatan Praktik Pembelajaran Berorientasi HOTS
Format
Pengamatan
Nama Peserta :
FATMAWATI
SENEN,S.Pd
Mata Pelajaran :
MATEMATIKA
Modul /Kelompok Kompetensi/ Layanan/Kls : TINGGI
Jenjang :
SD
Aspek yang Diamati
|
Ya
|
Tidak
|
Catatan
|
||||
Kegiatan Pendahuluan
|
|
|
|
||||
1
|
Memotivasi
peserta dalam memulai pembelajaran
|
ü
|
|
|
|||
2
|
Mengondisikan suasana
belajar yang nyaman (pengaturan tempat duduk, media,
kesiapan alat bantu pembelajaran)
|
ü
|
|
|
|||
3
|
Menyampaikan
tujuan, kompetensi, indikator, alokasi waktu dan skenario kegiatan
pembelajaran
|
ü
|
|
|
|||
Kegiatan Inti
|
|
|
|
||||
Penguasaan materi dan pengelolaan pembelajaran
|
|
|
|
||||
Kemampuan memfasilitasi
Pembelajaran
|
|
|
|
||||
1
|
Menguasai materi pembelajaran
|
ü
|
|
|
|||
2
|
Menyajikan materi secara
sistematis
|
ü
|
|
|
|||
3
|
Menguasai kelas
|
ü
|
|
|
|||
4
|
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan
|
ü
|
|
|
|||
Pelibatan peserta dalam
pembelajaran
|
|
|
|
||||
1
|
Menumbuhkan partisipasi aktif
peserta dalam kegiatan belajar
|
ü
|
|
|
|||
2
|
Merespon positif
partisipasi peserta
|
ü
|
|
|
|||
3
|
Menumbuhkan keceriaan atau antusiasme peserta dalam belajar
|
ü
|
|
|
|||
Integrasi Saintifik, Aspek HOTS, Kecakapan abad 21 dan dimensi
pengetahuan dalam pembelajaran
|
|
|
|
||||
1
|
Proses Saintifik (5M)
|
ü
|
|
|
|||
2
|
Aktivitas pembelajaran HOTS
|
ü
|
|
|
|||
|
a
|
Transfer Knowledge
|
ü
|
|
|
||
|
b
|
Critical Creativity
|
ü
|
|
|
||
|
c
|
Problem Solving
|
ü
|
|
|
||
3
|
Kecakapan abad 21 (4C)
|
ü
|
|
|
|||
4
|
Dimensi Pengetahuan
|
ü
|
|
|
|||
Pemanfaatan media/sumber
belajar dalam pembelajaran
|
|
|
|
||||
1
|
Menunjukkan keterampilan dalam
penggunaan media belajar
|
ü
|
|
|
|||
2
|
Menunjukkan keterampilan dalam
penggunaan sumber pembelajaran
|
ü
|
|
|
|||
3
|
Melibatkan peserta dalam
pemanfaatan media belajar
|
ü
|
|
|
|||
Pelaksanaan penilaian pembelajaran
|
|
|
|
||||
1
|
Melaksanakan penilaian sikap
|
ü
|
|
|
|||
2
|
Melaksanakan penilaian
pengetahuan
|
ü
|
|
|
|||
3
|
Melaksanakan penilaian
keterampilan
|
ü
|
|
|
|||
Penggunaan bahasa yang benar dan tepat dalam pembelajaran
|
|
|
|
||||
1
|
Menggunakan bahasa lisan
secara jelas dan lancar
|
ü
|
|
|
|||
2
|
Menggunakan bahasa tulis yang baik dan benar
|
ü
|
|
|
|||
|
|||||||
1
|
Memfasilitasi peserta merangkum materi pelajaran
|
ü
|
|
|
|||
2
|
Melakukan rerefleksi proses dan
materi pelajaran
|
ü
|
|
|
|||
xxxxxxxxxxx, November 2019
Kepala
Sekolah
xxxxxxxxxx
NIP. 19671231 198803 1 083
0 Response to "Lembar Pengamatan Pratek Pembelajaran UP 2"
Posting Komentar