-->

Lembar Pengamatan Pratek Pembelajaran UP 2


ON 3 UP 2

A.   Tujuan
Peserta melaksanakan praktek pembelajaran dan menyusun RPP unit 2
B.    Petunjuk
1.         Peserta melaksanakan pratek pembelajaran dengan langkah-langkah sebagai berikut:
a.       Peserta melakukan persiapan sebelum melaksanakan pratek pembelajaran
b.       Peserta melaksanakan  proses pembelajaran berdasarkan RPP yang telah disusun pada kegiatan IN-3
c.       Pengawas pembina melakukan pengamatan pratek pembelajaran yang dilakukan peserta dengan mengunakan format Lembar Pengamatan Praktik Pembelajaran Berorientasi HOTS yang telah tersedia
2.         Peserta mengaupload lembar pengamatan yang telah di isi oleh pengawas ke aplikasi pendampingan Online
3.         Peserta menyusun RPP berorientasi HOTS Unit ke 2 sesuai dengan desain pembelajaran yang telah di susun pada In 3 dengan mengunakan LK-5.
4.         Peserta mengisi Jurnal Pratek mengajar. 









Format Lembar Pengamatan Praktik Pembelajaran Berorientasi HOTS


Format Pengamatan

Nama Peserta                                                                   : FATMAWATI SENEN,S.Pd
Mata Pelajaran                                                                 : MATEMATIKA
Modul /Kelompok Kompetensi/ Layanan/Kls : TINGGI
Jenjang                                                                               : SD

Aspek yang Diamati
Ya
Tidak
Catatan

Kegiatan Pendahuluan




1
Memotivasi peserta  dalam memulai pembelajaran
ü   



2
Mengondisikan suasana belajar yang nyaman (pengaturan tempat duduk, media, kesiapan alat bantu pembelajaran)
ü   



3
Menyampaikan tujuan, kompetensi, indikator, alokasi waktu dan skenario kegiatan pembelajaran
ü   



Kegiatan Inti




Penguasaan materi dan pengelolaan pembelajaran




 Kemampuan memfasilitasi Pembelajaran




1
Menguasai materi pembelajaran
ü   



2
Menyajikan materi secara sistematis 
ü   



3
Menguasai kelas
ü   



4
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan
ü   



Pelibatan peserta   dalam pembelajaran




1
Menumbuhkan partisipasi aktif   peserta dalam kegiatan belajar
ü   



2
Merespon positif partisipasi peserta  
ü   



3
Menumbuhkan keceriaan atau antusiasme peserta dalam belajar
ü   



Integrasi Saintifik, Aspek HOTS, Kecakapan abad 21 dan dimensi pengetahuan dalam pembelajaran




1
Proses Saintifik (5M)
ü   



2
Aktivitas pembelajaran HOTS
ü   




a
Transfer Knowledge
ü   




b
Critical Creativity
ü   




c
Problem Solving
ü   



3
Kecakapan abad 21 (4C)
ü   



4
Dimensi Pengetahuan
ü   



Pemanfaatan media/sumber belajar dalam pembelajaran




1
Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan  media belajar 
ü   



2
Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan   sumber pembelajaran
ü   



3
Melibatkan peserta   dalam  pemanfaatan  media belajar
ü   



 Pelaksanaan penilaian pembelajaran




1
Melaksanakan penilaian sikap
ü   



2
Melaksanakan penilaian pengetahuan
ü   



3
Melaksanakan penilaian keterampilan
ü   



Penggunaan bahasa yang benar dan tepat dalam pembelajaran




1
Menggunakan bahasa lisan secara jelas dan lancar
ü   



2
Menggunakan bahasa tulis yang baik dan benar
ü   




1
Memfasilitasi peserta  merangkum materi pelajaran
ü   



2
Melakukan rerefleksi proses dan materi pelajaran
ü   



Rounded Rectangle: Kelebihan:
1. Proses pembelajaran sudah menggunakan mata pelajaran yang menarik siswa untuk belajar 
2. Pendekatan yang digunakan sudah scientific apporoach yang menggali pemahaman siswa tentang materi yang diajarkan  
Kekurangan:
Penggunaan soal HOTS masih kurang didalalm menyusun soal tingkat pengetahuan
Masukkan terhadap penyajian Simulasi:
Didalam penyajian proses pembelajaran masih perlu ditambah alat peraga agar peserta didik lebih aktif lagi di kegiatan pembelajaran
                                                                                    xxxxxxxxxxx,      November 2019
                                                                                    Kepala Sekolah



xxxxxxxxxx
NIP. 19671231 198803 1 083
     



0 Response to "Lembar Pengamatan Pratek Pembelajaran UP 2"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel