RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) materi Sumber Energi
LK-5
Pengembangan RPP UP 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : Sekolah
Dasar ( SD )
Kelas
/ Semester : IV (Empat) / 1
Tema
2 : Selalu Berhemat Energi
Sub
Tema 1 : Sumber Energi
Pembelajaran : 2
Alokasi
Waktu : 2
x 35 Menit
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
Muatan :IPA
KompetensiDasar
|
IndikatorPencapaianKompetensi
|
3.5 Memahami berbagai sumber energi, perubahan
bentuk energi, dan sumber energi alternatif (angin, air, matahari, panas
bumi, bahan bakar organik, dan nuklir)
dalam kehidupan sehari-hari.
|
3.5.2Mengidentifikasi bentuk-bentuk energi
3.5.3
Mengidentifikasi perubahan energi
3.5.5
Mengidentifikasi berbagai sumber energi alternatif
|
4.5.Menyajikan
laporan hasil pengamatan dan penelusuran informasi tentang berbagai perubahan
bentuk energi.
|
4.5.5 menyajikan
laporan hasil pengamatan
tentang perubahan bentuk
energi alternatif dalam
kehidupan sehari- hari.
|
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
a.
Melalui diskusi kelompok siswa mampu menyebutkan
manfaat matahari bagi kehidupan manusia dengan benar.
b.
Melalui pengamatan lingkungan sekitar siswa dapat
mengidentifikasi bentuk-bentuk energi dengan
tepat.
c.
Melalui percobaan sederhana dengan membuat kincir angin siswa mengidentifikasi perubahan energi dengan benar.
d.
Dengan
mengamati video tentang energi alternatif siswa mampu mengidentifikasi berbagai sumber
energi alternatif dengan tepat
e. Dengan percobaan, siswa mampu menyajikan laporan
hasil pengamatan tentang perubahan bentuk energi angin menggunakan kosakata
baku dan kalimat efektif dengan sistematis.
A.
Nilai
Karakter
1. Disiplin
2. Gotong
royong
3. Peduli
lingkungan
B.
Materi
Pembelajaran
Energi dan perubahan
1. MateriReguler
a. Macam
bentuk energi
b. Bentuk-bentuk
Energi dan perubahannya
c. Manfaat energi alternatif bagi kehidupan sehari- hari .
2. Materi
Pengayaan
a.
Apabila memiliki waktu, siswa dapat
membuat laying-layang
b.
Percobaan
tanaman
menjadi energi alternatif
3. Materi Remidi
a.
Macam-macam perubahan bentuk energi
b.
Teks
langkah- langkah mebuat kincir angin
c.
Manfaat energi alternatif bagi kehidupan sehari- hari
C.
Metode
dan Pendekatan
Pendekatan : Scientific
Model :
Cooperatif Learning, tipe STAD
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
D. Media Pembelajaran
Video pembelajran energi alternatif.
E.
Sumber
belajar
1.
Buku
Pedoman Guru Tema : Selalu Berhemat
Energi Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 , Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan).
- Buku Siswa Tema : Selalu Berhemat Energi Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum
2013 , Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan).
3.
Kardus bekas, kalender bekas, kertas lipat, gunting, dan alat tulis untuk percobaan IPA
4.
Lingkungan sekitar siswa.
❖
Karakter siswa yang diharapkan :
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
F. Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
◼
Guru
memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing. Religius
◼
Guru
mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa
kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan
pembelajaran.
◼
Menginformasikan
tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Selalu Berhemat Energi”.
◼
Guru
menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya,
mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
◼
Menyanyikan
lagu Indonesia Raya Nasionalis
◼
Guru melakukan tanya jawab tentang pengertian energi (siswa
mengingat kembali tentang pengertian energi dari materi yang telah dipelajari
pada pertemuan sebelumnya )
|
10 menit
|
Inti
|
Aktivitas 1
▪
Sebagai kegiatan pembuka, Guru memasuki ruang kelas membawa kipas
angin. Communication
▪
Guru mengajukan pertanyaan tantangan:
▪
Bagaimana cara kipas angin dapat berputar? (Menanya)
▪
Siswa yang mengacungkan tangan diminta untuk mempraktikkan cara untuk
menyalakan kipas tersebut. Mandiri
▪
Siswa kemudian membaca teks singkat tentang bacaan macam-macam sumber
energi. Literasi
▪
Guru membagi peserta didik ke dalam kelompok.
▪
Setiap kelompok diberikan LKPD 1
▪
Guru bertanya kepada siswa tentang hal yang belum jelas yang ada pada
LKPD.
▪
Setiap kelompok membuat pengamatan tentang bentuk – bentuk energi di dalam kelas serta berdiskusi tentang
manfaat energi matahari
▪
Guru memfasilitasi pada peserta didik untuk mendiskusikan hasil
kegiatan pada kelompok.
▪
Siswa menuliskan hasil diskusi pada lembar kertas yang telah tersedia
kemudian ditempelkan pada dindng (windowshowpee) kemudian siswa dari kelompok
lain mengamati dan memberikan tanda bintang pada hasil diskusi yang berbeda. Creativity and Innovation
▪
Siswa mempresentasikan hasil diskusi (perwakilan).
Aktivitas 2
▪
Siswa dalam kelompok yang sama menerima LKPD 2. (percobaan perubahan
energi) dengan membuat kincir angin
▪
Siswa membuat kincir berdasarkan instruksi di buku. Siswa mengamati
teks visual dan intruksi yang ada di buku siswa. Guru memotivasi siswa untuk
membaca dengan cermat teks yang ada. Guru meminta siswa untuk saling
menceritakan isi teks kepada temannya. Guru berkeliling dan membuat catatan
bagi siswa yang masih kesulitan memahami gagasan dari teks yang dibacanya. (Mengekplorasi)
▪
Siswa membaca dengan teliti panduan keselamatan kerja sebelum mulai
membuat kincir.
▪
Siswa membuat kincir berdasarkan instruksi yang terdapat di buku,
dengan batasan waktu yang ditentukan guru. Mandiri
▪
Setelah kincir selesai, ingatkan siswa untuk bersama-sama merapikan
alat- alat serta sisa-sisa bahan. Integritas
▪
Siswa melakukan percobaan menggunakan tiupan angin untuk kincir
kertas. Critical Thinking and Problem Solving
▪
Siswa mendiskusikan perubahan energy yang terjadi pada kincir angin.
Siswa juga diharapkan menemukan perubahan energy pada benda lainnya. (Mengkomunikasikan)
▪
Siswa dapat memasang kincir-kincir mereka di sekitar sekolah pada
tempat dan ketinggian yang berbeda. Siswa kemudian dapat mengobservasi dan
mengidentifikasi faktor-faktor yang mengakibatkan kincir mereka dapat
berputar kencang atau sebaliknya. Creativity and Innovation
Aktivitas 3
▪
Guru menyajikan media pembelajaran berupa tayangan video tentang
sumber energi alternatif.
▪
Siswa mengamati tayangan tersebut.
▪
Siswa tanya jawab dengan guru tentang tayangan video (hal-hal/ istilah
yang belum dipahami) Communication
▪
Siswa mengerjakan LKPD (menyebutkan pengertian sumber energi
alternatif, menyebutkan sumber-sumber energi alternatif)
▪
Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan hasil pembelajaran dan hasil
pengamatan tentang energi alternatif.
▪
Setelah melakukan pengamatan guru mengadakan tanya jawab tentang
penggunakan energi listrik di rumah. ( terkait kewajiban siswa di rumah)
“ Apakah
siswa sudah mematikan aliran listrik jika peralatan sudah tidak dipakai ?”
▪
Siswa mengingat kembali tentang contoh hak dan kewajiban di rumah (
keluarga).
▪
Siswa diberi persoalan apakah hak dan kewajiban itu hanya ada di
lungkangan keluarga? Bagaimana kewajiban dan hak siswa ( anak di sekolah) Problem
Solving
▪
Siswa berdiskusi tentang kewajiban dan hak apa saja yang harus
dilakukan di rumah dan sekolah yang berkiatan dengan sumber energy dan energy
alternative.
▪
Siswa mengerjakan soal evaluasi. Mandiri
|
35 Menit
X 2 JP
|
Penutup
|
◼
Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas
◼
Bertanya
jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil
ketercapaian materi)
◼
Guru
memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang
pembelajaran yang telah diikuti.
◼
Melakukan
penilaian hasil belajar
◼
Mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk
mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius
|
15 menit
|
Pembelajaran
Remedial dan Pengayaan
Pengayaan
Siswa
diberi tugas pada akhir pembelajaran untuk mencari jenis energi alternatif
energi yang lain dan menyebuukan cara kerja/ cara pemanfaatannya. Dengan
menggunakan berbagai sumber ( buku, internet, suarat kabar, dsb) . Dikumpulkan
dalam bentuk kliping atau portofolio siswa secara mandiri. Batas pengumpulan
tugas 1 minggu
Remedial
Bagi siswa yang belum
mencapai ketuntasan minimal, Guru menanyakan kepada siswa tentang kendala atau
hal – hal yang belum siswa pahami. Siswa diberi penjelasan ulang dengan
menggunakan beberapa sumber belajar tambahan yang memungkinkan siswa dapat
belajar secara konkret. Siswa dibimbing guru dalam melakukan praktikkum ( yang
semula secara kelompok/ bisa memungkinkan karena dominasi siswa yang lebih
terampil sehingga siswa yang kurang aktif cenderung kurang.
G.
PENILAIAN
a. Teknik
Penilaian
Sikap: Pengamatan kerja sama siswa dalam berdiskusi, keaktifan siswa (
instrumen lembar observasi )
No
|
Nama
siswa
|
Keterampilan
|
Jumlah
|
|
Penggunaan alat
|
Penakaran bahan
|
|
||
1
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
Skor untuk setiap kategori: Rentang penilaian 1 – 5
Nilai :
Kriteria Nilai
10 – 9 = A
8 – 7 = B
6 – 5 = C
< 4 = D
Pengetahuan: Tes tertulis ( instrumen soal tertulis )
Perhatikan gambar berikut!
Gambar A
Gambar B
Perbedaan perubahan energi dari kedua kegiatan tersebut
adalah …
No
|
Gambar A
|
Gambar B
|
A
|
Kinetik-listrik-cahaya
|
Listrik-kinetik-cahaya
|
B
|
Kimia-listrik-cahaya
|
Listrik-kimia-cahaya
|
C
|
Kinetik-listrik-cahaya
|
Kimia-listrik-cahaya
|
D
|
Kimkia-listrik-cahaya
|
Kinetik-listrik-cahaya
|
Kunci jawaban : C skor 1
Soal
Perhatikan
gambar di bawah ini !
Jelaskan cara pemanfaatan
sumber energi alternatif di atas !
Kunci Jawaban :
Cahaya matahari diubah menjadi energi listrik dengan menggunakan
sel surya yang kemudian ditampung dalam baterai yang dapat dimanfaatkan untuk
menyalakan lampu lalu lintas.
Skor 5
Keterampilan : Unjuk kerja ( intrumen lembar observasi)
No
|
Nama
siswa
|
Sikap
|
Jumlah
|
|
Keaktifan
|
Kerja sama
|
|
||
1
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
Skor untuk setiap kategori: Rentang penilaian 1 – 5
Nilai : Jumlah skor perolehan
Kriteria Nilai
10 – 9 = A
8 – 7 = B
6 – 5 = C
< 4 = D
Bontolebang, 16
November 2019
Mengetahui
Kepala
Sekolah
|
Guru Kelas
|
M.SILA B, S.Pd FATMAWATI
SENEN, S.Pd
NIP.1967231 198803 1 083
Lampiran 1
Materi
b. Bentuk-bentuk
Energi
Pada
saat kita berlari
terus menerus lama-kelamaan tubuh kita
akan terasa lemas hal ini terjadi karena
energi yang ada di dalam tubuh
kita berkurang. Untuk dapat berlari
kembali dengan baik maka kita
perlu tambahan energi. Untuk menamba energi kita dapat lakukan dengan
cara istirahat dan makan. Mobil mainan
yang mengunakan batere
akan berjalan kencang
saat batere masih penuh.
Jika mobil ini
terus dijalankan semakin
lama semakin lambat bahkan
sampai tidak bisa
bergerak lagi. Hal
ini terjadi karena
isi batere semakin berkurang.
Mobil mainan bisa
berjalan kencang lagi
dengan cara mengganti batere
dengan yang baru atau mengisi ulang batere (charge).
Dari
dua uraian di
atas dapat dikatakan
bahwa suatu benda
dapat melakukan suatu usaha atau
pekerjaan jika memiliki cukup energi. Sehingga dapat disimpulkan
bahwa energi adalah
sesuatu yang dapat
menyebabkan benda dapat melakukan
suatu pekerjaan. Energi yang paling
besar adalah energi
Matahari. Matahari merupakan sumber energi
panas dan energi
cahaya. Energi panas
dari sinar Matahari memiliki banyak manfaat bagi
kehidupan di muka bumi ini. Manfaat
energi panas Matahari
dapat dimanfaatkan oleh
manusia yaitu untuk mengeringkan
pakaian, untuk menghangatkan
ruangan, sebagai penghangat tubuh,
untuk mengeringkan hasil
pertanian seperti padi,
kopi, cengkeh. Energi cahaya yang dihasilkan Matahari dapat
digunakan untuk bermanfaat bagi tumbuhan
yang memiliki klorofil
untuk dapat melakukan
proses pembuatanan makanan atau
proses fotosintesis.
Tumbuhan dapat menghasilkan kayu
dan makanan. Makanan
menjadi sumber energi
bagi manusia dan hewan.
Kayu yang dihasilkan
tanaman bisa menjadi
sumber energi yaitu dengan
cara dibuat kayu
bakar atau dengan
proses alam bisa menjadi
batu bara. Cahaya
Matahari bisa dimanfaatkan
sebagai sumber energi listrik. Dari
uraian diatas kita dapat simpulkan bahwa Matahari merupakan sumber energi utama
untuk kehidupan di
bumi. Tanpa Matahari
tidak akan ada kehidupan
di dunia. Jika
tidak ada Matahari
maka tumbuhan tidak
bisa melakukan fotosintesis akibatnya
tidak ada tumbuhan
yang hidup. Tumbuhan merupakan
sumber makanan bagi manusia dan hewan maka jika tidak ada
tumbuhan maka manusia
dan hewan akan
musnah. Matahari memancarkan energi
panas yang berguna
untuk memanaskan suhu
bumi, jika matahari tidak ada maka suhu bumi akan turun sampai jauh
dibawah 0°C
akibatnya semua mahluk hidap akan mati dan
musnah. Selain energi Matahari
yang merupakan energi
yang paling besar,
secara umum energi dapat dibagi menjadi beberapa macam bentuk energi
yaitu:
a.
Energi kimia
Energi
kimia adalah energi yang terdapat pada
senyawa kimia. Energi kimia ini
dihasilkan dalam suatu
reaksi kimia. Besarnya
energi yang dihasilkan tergantung dari jenis dan jumlah
pereaksi dalam suatu reaksi kimia. Alat-alat yang dapat menghasilkan energi
dari reaksi kimia misalnya aki, beterai
dan makanan.
2.
Energi listrik
Energi listrik
saat ini merupakan
salah satu energi
yang paling banyak digunakan. Energi ini terjadi karena adanya aliran muatan elektron
melalui kawat logam konduktor.
Elektron merupakan muatan
listrik negatif. Aliran elektron menimbulkan
arus listrik. Arah
arus listrik berlawanan
dengaan arah aliran elektron.
Energi listrik dapat diubah menjadi bentuk energi yang
lain seperti energi gerak, energi cahaya,
energi panas, atau energi bunyi.
3.
Energi panas
Energi
panas atau energi kalor merupakan suatu energi yang bersumber dari
benda-benda yang mengeluarkan
panas. Sumber energi
panas yang paling besar
adalah Matahari. Panas
Matahari sangat bermanfaat
bagi makhluk hidup yang
ada di muka
bumi. Contoh sumber energi
panas lain adalah Setrika, Penanak nasi, Pemanas air dan
lain-lain.
4.
Energi bunyi
Energi
bunyi merupakan energi yang dihasilkan oleh bunyi atau suara. Bunyi
dihassilkan dari benda-benda
yang bergetar. Contohnya
bunyi gitar, bunyi bom, bunyi halilintar, dan bunyi
petasan.
5. Energi
nuklir
Energi nuklir
adalah suatu energi
yang terkandung dalam
inti atom dari unsur-unsur nuklir.
Energi nuklir akan
keluar bila suatu
inti atom berubah menjadi inti
lain. Besarnya energi
nuklir yang dihasilkan
tergantung pada jumlah dan
jenis inti. Contohnya
Energi atam adalah
ledakan yang terjadi pada bom atom, PLTN (Pembangkit
Listrik Tenaga Nuklir).
6.
Energi mekanik
Energi mekanik merupakan energi
yang disebabkan karena
keadaan benda. Keadaan benda
yang dimaksud adalah
benda yang berada
pada posisi tertentu terhadap
suatu acuan dan
benda bergerak. Energi
mekanik terdiri atas 2 buah
energi yaitu energi potensial dan energi kinetik.
a) Energi
potensial
Energi potensial merupakan suatu energi tersimpan yang
dimiliki oleh suatu benda karena posisi (kedudukan) terhadap suatu acuan.
Sebagai contoh yaitu benda yang berada
pada ketinggian tertentu apabila benda
kita lepas maka benda
tersebut akan bergerak
ke bawah atau
jatuh. Jika benda
tersebut mengenai tanah yang lembek, akan menyebabkan terjadinya cekungan
pada tanah. Jika masa benda yang jatuh semakin besar maka lubang
terbentuk juga semakin besar dan semakin dalam. Semakin tinggi tempat benda
dijatuhkan semakin besar dan semakin dalam pula lubang yang terbentuk. Dari pernyataan
di atas dapat
disimpulkan bahwa energi
potensial suatu benda dipengaruhi
oleh massa benda, dan ketinggian dari suatu benda.
b) Energi
kinetik
Energi kinetik merupakan suatu energi yang dimiliki oleh
suatu benda yang bergerak. Besarnya
suatu energi kinetik dipengaruhi oleh massa suatu benda dan kecepatan
dari suatu benda
yang bersangkutan. Semakin
besar massa dari benda
yang bersangkutan, maka
energi kinetiknya juga
akan semakin besar, begitu
pula semakin cepat
gerak suatu benda,
energi kinetik yang dihasilkan juga akan semakin besar.
Perubahan Bentuk Energi Energi akan
bermanfaat setelah berubah
bentuk menjadi energi
yang lain. Bentuk energi dapat
mengalami perubahan dari satu bentuk ke bentuk yang lain.
Beberapa bentuk perubahan energi ini
dimanfaatkan dalam kehidupan
sehari-hari. Sesuai dengan
Hukum Kekekalan Energi,
energi tidak dapat diciptakan dan juga tidak dapat
dimusnahkan, tetapi hanya dapat diubah dari satu bentuk ke bentuk yang
lain. Beberapa perubahan energi tersebut
antara lain sebagai berikut.
a. Perubahan energi
gerak menjadi energi
panas. Contoh kedua
telapak tangan yang digosokan
semakin lama akan terasa hangat;
b. Perubahan
energi gerak menjadi energi bunyi. Contoh saat kita memukul benda dengan pinsil maka akan terdengar bunyi;
c. Perubahan energi
panas menjadi energi
gerak. Contoh kertas
yang dibentuk spiral yang digantung
menggunakan benang di atas lilin;
d. Perubahan energi
kimia menjadi energi
panas. Contoh energi
dari makanan yang
menghasilkan panas setelah
dimakan. Adanya energi panas ditandai dengan timbulnya keringat
setelah makan;
e. Perubahan
energi listrik menjadi energi panas. Contoh setrika listrik dan solder listrik yang dipanaskan;
f. Perubahan energi
listrik menjadi energi
gerak. Contoh kipas
angin dan blender;
g. Perubahan energi
cahaya menjadi energi
panas. Contoh pada pembakaran
kertas menggunakan lup
7. Energi
Alternatif
Energi
alternatif merupakan sebuah
istilah untuk semua
energi yang dapat digunakan sebagai
pengganti bahan bakar
yang berasal dari
fosil (hidrokarbon). Contoh
bahan bakar fosil
adalah batubara dan
bahan bakar minyak. Penggunaan
energi jenis ini
dapat mengurangi kerusakan lingkungan akibat
emisi karbondioksida yang
tinggi (pemanasan global) dalam penggunaan bahan bakar yang
berasal dari fosil (batubara dan BBM). Sejarah bahan bakar alternatif dimulai
sejak tahun 1973 terjadi krisis minyak bumi secara global yang menyita
perhatian sebagian besar penduduk dunia. Kejadian ini mulai mendorong berbagai
pihak mencari sumber energi lainnya yang dapat diperbarui dan dapat
dikembangkan untuk mengatasi krisis ini.
Minyak bumi sebagai
sumber energi utama
memang kini semakin
menipis jumlahnya dan mulai
mengalami kelangkaan. Selain itu,
kelangkaan sumber daya terjadi karena
adanya sikap ketidakpedulian dan
pemborosan sumber daya itu sendiri, termasuk energi. Padahal
energi memiliki peranan penting
dalam kehidupan manusia dan lingkungan sekitarnya. Oleh karena itu perlu
dibangun sikap kepedulian
terhadap sumber daya
khususnya minyak bumi yang mulai mengalami kelangkaan. Manusia
harus mulai berpikir lebih keras memikirkan pengganti minyak bumi. Perlu adanya
upaya pengembangan dan penelitian
terhadap sumber daya
lainnya yang berpotensi menjadi
energi alternatif. Energi
jenis ini akan
berperan penting dalam
menggantikan energi tak terbarukan yang
mulai mengalami kelangkaan.
Adanya energi alternatif terbarukan akan
mendukung segala kegiatan
manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.Terdapat berbagai
sumber daya yang
dapat kita temukan
di permukaan bumi. Berikut
syarat-syarat suatu sumber
daya dapat digunakan
sebagai
sumber energi alternatif:
Ø Tidak
Boleh Berasal dari Fosil
Ø Terbarukan
(Renewable)
Ø Ramah
Lingkungan
Ø Dapat
Diproduksi Secara Masal
Jenis-Jenis Sumber Energi Alternatif
Bumi sebagai tempat tinggal kita memiliki
kekayaan sumber daya alam yang dapat
kita manfaatkan untuk
sumber energi alternatif.
Berikut ini beberpa jenis sumber energi alternatif yang sudah
mulai dikembangkan. Energi Panas Bumi (Geothermal).
Energi panas bumi atau yang dikenal dengan
nama energi geothermal berasal dari
Bahasa Yunani, “geo”
berarti bumi dan
“thermal” berarti panas.
Energi geothermal merupakan energi
alternatif yang dihasilkan
dan tersimpan di inti
bumi sehingga diperlukan
biaya pengeboran tinggi
untuk memperolehnya. Sumber energi
panas bumi dapat
ditemukan di sekitar daerah yang memiliki gunung berapi
aktif.
Energi Angin
Energi
angin sudah dimanfaatkan
manusia sejak lama
sebagai energi penggerak kapal
layar. Selain itu,
tenaga angin juga
dapat digunakan untuk menggerakkan mesin penggiling jagung. Saat ini
energi angin juga
dapat dimanfaatkan sebagai
sumber energi penghasil listrik
dengan menggunakan kincir
angin raksasa yang
akan menggerakkan turbin penghasil listrik.
Energi Surya
Energi
surya yang berasal
dari matahari merupakan
sumber energi paling berlimpah yang
saat ini tersedia.
Energi tersebut terdiri
dari energi panas dan energi cahaya. Energi panas
dapat kita manfaatkan
pada siang hari,
misalnya untuk mengeringkan
pakaian dan lain sebagainya.
Gambar 6 Pembangkit Listrik Tenaga Surya
Sumber : solarpanelindonesia.wordpress.com
Energi cahaya juga dapat kita gunakan sebagai
sumber penerangan sehingga kita tidak perlu menyalakan lampu. Energi surya juga
dapat diubah menjadi energi listrik menggunakan alat yang disebut sel surya.
Energi Air
Air selalu mengalir dari tempat tinggi menuju
ke tempat yang lebih rendah. Air
yang mengalir sangat
deras merupakan sumber
energi gerak untuk mengasilkan hydropower
atau energi listrik
yang dihasilkan dari
kekuatan air. Pada stasiun
Pembangkit Listrik Tenaga
Air (PLTA), air
dibendung sehingga
permukaanya menjadi lebih
tinggi. Kemudian aliran
air diarahkan ke turbin melalui
pipa air untuk menghasilkan listrik. Pada umumnya tempat yang dapat
digunakan untuk menampung
air dalam jumlah
yang besar adalah danau atau waduk.
Pembangkit
listrik tenaga air
bisa juga dibuat
dengan sederhana, yaitu dengan cara memasang kincir pada aliran
sungai.
Biogas
Biogas merupakan gas yang dihasilkan dari
sisa atau hasil buangan makhluk hidup (manusia dan hewan). Biogas ini termasuk
dalam kelompok bioenergi. Pada umumnya pemanfaatan sisa kotoran ini dilakukan
dengan membangun sebuah instalasi dari tangki yang menampung kotoran manusia
dan hewan.
LAMPIRAN 2
LKPD 1
Lampiran 3
LKPD 2
KINCIR ANGIN SEDERHANA
Tujuan : Siswa
dapat membuat kincir sederhana
Buatlah kincir angin dari kertas seusuai dengan
petunjuk di bawah ini!
Alat dan bahan:
o
Lidi/sumpit kayu
o
Gunting
o
Lem
o
Kertas berbentuk persegi
o
Jarum/pin/paku payung
Langkah-langkah pembuatan:
▪
Gambarlah pada
kertas garis dua garis menyilang dengan garis silang. Pada bagian tengah dari
pertemuan dua garis silang, buatlah lubang kecil.
▪
Potonglah kertas
menurut garis bersilang yang telah kamu buat dengan gunting. Potonglah hingga
setengahnya atau mendekati sumbu poros.
▪
Berhati-hatilah
menggunakan gunting jangan sampai melukai tanganmu.
▪
Tekuklah bagian
yang telah digunting kea rah poros dan tusukkan paku paying pada proses
pembuatannya.
▪
Tusukkan paku pada
sebatang kayu, kemudian tiuplah kincir itu dari depan.
▪
Setelah baling-baling kertas siap, tempelkan ke ujung
sumpit menggunakan jarum.
▪
Pastikan baling-baling bisa berputar.
Jawablah pertanyaan berikut ini!
1.
Apakah
kincirmu dapat berputar?
2.
Kemanakah
arah putarannya?
3.
Dari
manakah kincir dapat berputar?
4.
Tiuplah
kincir dari arah samping. Apakah kincir bergerak?
5.
Tiuplah
kincir dari arah belakang. Apakah kincir dapat berputar?
6.
Bawalah
pergi berlari, apakah yang akan terjadi?
7.
Jelaskan
peruban energi yang terjadi pada kincir angina!
Lampiran 4
Soal
IPA
1.
Perhatikan
gambar berikut!
Gambar A
Gambar B
Perbedaan
perubahan energi dari kedua kegiatan tersebut adalah …
No
|
Gambar A
|
Gambar B
|
A
|
Kinetik-listrik-cahaya
|
Listrik-kinetik-cahaya
|
B
|
Kimia-listrik-cahaya
|
Listrik-kimia-cahaya
|
C
|
Kinetik-listrik-cahaya
|
Kimia-listrik-cahaya
|
D
|
Kimkia-listrik-cahaya
|
Kinetik-listrik-cahaya
|
2.
Perhatikan
gambar berikut!
Jelaskan cara
pemanfaatan sumber energi alternatif di atas !
What's the Best Slot Machines In Vegas? - DRMCD
BalasHapusVegasSlot MachineVegas.lv. The most popular slot machine for the Las 광양 출장마사지 Vegas Strip, it 경상남도 출장마사지 is 안양 출장샵 the only casino in 대전광역 출장샵 the U.S. 광주광역 출장샵 that offers a VegasSlot MachineVegas.lv.