-->

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) materi Sumber Energi


LK-5 Pengembangan RPP UP 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan          :   Sekolah Dasar ( SD )
Kelas / Semester              :  IV (Empat) / 1
Tema 2                             :  Selalu Berhemat Energi
Sub Tema 1                      :   Sumber Energi
Pembelajaran                  :  2
Alokasi Waktu                 :  2 x 35 Menit

A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
Muatan :IPA
KompetensiDasar
IndikatorPencapaianKompetensi
3.5  Memahami berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi alternatif (angin, air, matahari, panas bumi, bahan bakar  organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari.

3.5.2Mengidentifikasi bentuk-bentuk energi
3.5.3 Mengidentifikasi perubahan energi
3.5.5 Mengidentifikasi berbagai sumber energi alternatif

4.5.Menyajikan laporan hasil pengamatan dan penelusuran informasi tentang berbagai perubahan bentuk energi.

4.5.5  menyajikan  laporan  hasil  pengamatan  tentang  perubahan  bentuk  energi alternatif dalam  kehidupan sehari- hari.


C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
a.   Melalui diskusi kelompok siswa mampu menyebutkan manfaat matahari bagi kehidupan manusia dengan benar.
b.   Melalui pengamatan lingkungan sekitar siswa dapat mengidentifikasi bentuk-bentuk energi dengan tepat.
c.   Melalui percobaan sederhana dengan membuat kincir angin siswa mengidentifikasi perubahan energi dengan benar.
d.   Dengan mengamati video tentang energi alternatif siswa mampu mengidentifikasi berbagai sumber energi alternatif dengan tepat
e.    Dengan percobaan, siswa mampu menyajikan laporan hasil pengamatan tentang perubahan bentuk energi angin menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dengan sistematis.

A.   Nilai Karakter
1.   Disiplin
2.   Gotong royong
3.   Peduli lingkungan

B.   Materi Pembelajaran
Energi dan perubahan
1.    MateriReguler
a.    Macam bentuk energi
b.    Bentuk-bentuk Energi dan perubahannya
c.    Manfaat  energi alternatif  bagi kehidupan sehari- hari .
2.    Materi  Pengayaan
a.    Apabila memiliki waktu, siswa dapat membuat laying-layang
b.    Percobaan   tanaman  menjadi energi alternatif
3.    Materi Remidi
a.    Macam-macam perubahan bentuk energi
b.    Teks langkah- langkah mebuat kincir angin
c.    Manfaat  energi alternatif  bagi kehidupan sehari- hari

C.   Metode dan Pendekatan
Pendekatan           : Scientific
Model                    : Cooperatif Learning, tipe STAD
Metode      : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

D.   Media Pembelajaran
Video pembelajran energi alternatif.
E.    Sumber belajar
1.      Buku Pedoman Guru Tema : Selalu Berhemat Energi Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 , Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan).
  1. Buku Siswa Tema : Selalu Berhemat Energi Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 , Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan).
3.    Kardus bekas, kalender bekas, kertas lipat, gunting, dan alat tulis untuk percobaan IPA
4.    Lingkungan sekitar siswa.
               Karakter siswa yang diharapkan :
          Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
F.     Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
              Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius
              Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
              Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Selalu Berhemat Energi”.
              Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
              Menyanyikan lagu Indonesia Raya Nasionalis
         Guru melakukan tanya jawab tentang pengertian energi (siswa mengingat kembali tentang pengertian energi dari materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya )
10 menit
Inti
Aktivitas 1
         Sebagai kegiatan pembuka, Guru memasuki ruang kelas membawa kipas angin. Communication
         Guru mengajukan pertanyaan tantangan:
         Bagaimana cara kipas angin dapat berputar? (Menanya)
         Siswa yang mengacungkan tangan diminta untuk mempraktikkan cara untuk menyalakan kipas  tersebut. Mandiri
         Siswa kemudian membaca teks singkat tentang bacaan macam-macam sumber energi. Literasi
         Guru membagi peserta didik ke dalam kelompok.
         Setiap kelompok diberikan LKPD 1
         Guru bertanya kepada siswa tentang hal yang belum jelas yang ada pada LKPD.
         Setiap kelompok membuat pengamatan tentang bentuk – bentuk energi  di dalam kelas serta berdiskusi tentang manfaat energi matahari
         Guru memfasilitasi pada peserta didik untuk mendiskusikan hasil kegiatan pada kelompok.
         Siswa menuliskan hasil diskusi pada lembar kertas yang telah tersedia kemudian ditempelkan pada dindng (windowshowpee) kemudian siswa dari kelompok lain mengamati dan memberikan tanda bintang pada hasil diskusi yang berbeda. Creativity and Innovation
         Siswa mempresentasikan hasil diskusi (perwakilan).
Aktivitas 2
         Siswa dalam kelompok yang sama menerima LKPD 2. (percobaan perubahan energi) dengan membuat kincir angin
         Siswa membuat kincir berdasarkan instruksi di buku. Siswa mengamati teks visual dan intruksi yang ada di buku siswa. Guru memotivasi siswa untuk membaca dengan cermat teks yang ada. Guru meminta siswa untuk saling menceritakan isi teks kepada temannya. Guru berkeliling dan membuat catatan bagi siswa yang masih kesulitan memahami gagasan dari teks yang dibacanya. (Mengekplorasi)
         Siswa membaca dengan teliti panduan keselamatan kerja sebelum mulai membuat kincir.
         Siswa membuat kincir berdasarkan instruksi yang terdapat di buku, dengan batasan waktu yang ditentukan guru. Mandiri
         Setelah kincir selesai, ingatkan siswa untuk bersama-sama merapikan alat- alat serta sisa-sisa bahan. Integritas
         Siswa melakukan percobaan menggunakan tiupan angin untuk kincir kertas. Critical Thinking and Problem Solving
         Siswa mendiskusikan perubahan energy yang terjadi pada kincir angin. Siswa juga diharapkan menemukan perubahan energy pada benda lainnya. (Mengkomunikasikan)
         Siswa dapat memasang kincir-kincir mereka di sekitar sekolah pada tempat dan ketinggian yang berbeda. Siswa kemudian dapat mengobservasi dan mengidentifikasi faktor-faktor yang mengakibatkan kincir mereka dapat berputar kencang atau sebaliknya. Creativity and Innovation
Aktivitas 3
         Guru menyajikan media pembelajaran berupa tayangan video tentang sumber energi alternatif.
         Siswa mengamati tayangan tersebut.
         Siswa tanya jawab dengan guru tentang tayangan video (hal-hal/ istilah yang belum dipahami) Communication
         Siswa mengerjakan LKPD (menyebutkan pengertian sumber energi alternatif, menyebutkan sumber-sumber energi alternatif)
         Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan hasil pembelajaran dan hasil pengamatan tentang energi alternatif.
         Setelah melakukan pengamatan guru mengadakan tanya jawab tentang penggunakan energi listrik di rumah. ( terkait kewajiban siswa di rumah)
“ Apakah siswa sudah mematikan aliran listrik jika peralatan sudah tidak dipakai ?”
         Siswa mengingat kembali tentang contoh hak dan kewajiban di rumah ( keluarga).
         Siswa diberi persoalan apakah hak dan kewajiban itu hanya ada di lungkangan keluarga? Bagaimana kewajiban dan hak siswa ( anak di sekolah) Problem Solving
         Siswa berdiskusi tentang kewajiban dan hak apa saja yang harus dilakukan di rumah dan sekolah yang berkiatan dengan sumber energy dan energy alternative.
         Siswa mengerjakan soal evaluasi. Mandiri
35 Menit X  2    JP
Penutup
              Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas
              Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
              Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
              Melakukan penilaian hasil belajar
              Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius
15 menit
Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
Pengayaan
Siswa diberi tugas pada akhir pembelajaran untuk mencari jenis energi alternatif energi yang lain dan menyebuukan cara kerja/ cara pemanfaatannya. Dengan menggunakan berbagai sumber ( buku, internet, suarat kabar, dsb) . Dikumpulkan dalam bentuk kliping atau portofolio siswa secara mandiri. Batas pengumpulan tugas 1 minggu 

Remedial
Bagi siswa yang belum mencapai ketuntasan minimal, Guru menanyakan kepada siswa tentang kendala atau hal – hal yang belum siswa pahami. Siswa diberi penjelasan ulang dengan menggunakan beberapa sumber belajar tambahan yang memungkinkan siswa dapat belajar secara konkret. Siswa dibimbing guru dalam melakukan praktikkum ( yang semula secara kelompok/ bisa memungkinkan karena dominasi siswa yang lebih terampil sehingga siswa yang kurang aktif cenderung kurang.

G.    PENILAIAN
a.    Teknik Penilaian
Sikap: Pengamatan kerja sama siswa dalam berdiskusi, keaktifan siswa ( instrumen lembar observasi )
No
Nama siswa
Keterampilan
Jumlah
Penggunaan alat
Penakaran bahan 

1




2





Skor untuk setiap  kategori: Rentang penilaian 1 – 5
Nilai :    
Kriteria Nilai
10 – 9 =  A
8 – 7  = B
6 – 5 = C
< 4    = D


Pengetahuan: Tes tertulis ( instrumen soal tertulis  )
Perhatikan gambar berikut!

                        Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgbMgFKyV3p7RL1H2R61Ibrt3PAgosjbcV_qVqA5dZuUzgqCONxq13Ierm0AsUFCI-VvLzpK8DoWSMGITphLvQXCJLt7KIREmIJqsEKQZMZEKIaMoZ86b8Y3v-7NIHmFXyqN7uof0dfLwo/s1600/Dinamo+Sepeda.jpeg                                    
                                  Gambar A                                                          Gambar B
Perbedaan perubahan energi dari kedua kegiatan tersebut adalah …

No
Gambar A
Gambar B
A
Kinetik-listrik-cahaya
Listrik-kinetik-cahaya
B
Kimia-listrik-cahaya
Listrik-kimia-cahaya
C
Kinetik-listrik-cahaya
Kimia-listrik-cahaya
D
Kimkia-listrik-cahaya
Kinetik-listrik-cahaya
Kunci jawaban : C  skor 1
Soal
Perhatikan gambar di bawah ini !
Description: Image result for pemanfaatan sel surya lampu lalu lintas
Jelaskan cara pemanfaatan sumber energi alternatif di atas !
Kunci Jawaban :
Cahaya matahari diubah menjadi energi listrik dengan menggunakan sel surya yang kemudian ditampung dalam baterai yang dapat dimanfaatkan untuk menyalakan lampu lalu lintas.
Skor 5
Keterampilan : Unjuk kerja  ( intrumen lembar observasi)
No
Nama siswa
Sikap
Jumlah
Keaktifan
Kerja sama

1




2





Skor untuk setiap  kategori: Rentang penilaian 1 – 5
Nilai : Jumlah skor perolehan
Kriteria Nilai
10 – 9 =  A
8 – 7  = B
6 – 5 = C
< 4    = D



                                                                                                                                        Bontolebang, 16 November 2019

Mengetahui
Kepala Sekolah





Guru Kelas





 M.SILA B, S.Pd                                                                            FATMAWATI SENEN, S.Pd
 NIP.1967231 198803 1 083        






















Lampiran 1
Materi
b.    Bentuk-bentuk Energi
Pada  saat  kita  berlari  terus menerus  lama-kelamaan  tubuh kita  akan  terasa lemas  hal ini terjadi  karena  energi  yang ada di dalam tubuh kita berkurang.  Untuk dapat berlari kembali  dengan baik maka  kita  perlu tambahan  energi.  Untuk menamba energi kita dapat lakukan dengan cara istirahat dan makan.  Mobil  mainan  yang  mengunakan  batere  akan  berjalan  kencang  saat  batere masih  penuh.  Jika  mobil  ini  terus  dijalankan  semakin  lama  semakin  lambat bahkan  sampai  tidak  bisa  bergerak  lagi.  Hal  ini  terjadi  karena  isi  batere semakin  berkurang.  Mobil  mainan  bisa  berjalan  kencang  lagi  dengan  cara mengganti batere dengan yang baru atau mengisi ulang batere (charge).
Dari  dua  uraian  di  atas  dapat  dikatakan  bahwa  suatu  benda   dapat  melakukan suatu usaha atau pekerjaan jika memiliki cukup energi. Sehingga dapat  disimpulkan  bahwa  energi  adalah  sesuatu  yang  dapat  menyebabkan  benda dapat melakukan suatu pekerjaan. Energi  yang  paling  besar  adalah  energi  Matahari.  Matahari  merupakan sumber  energi  panas  dan  energi  cahaya.  Energi  panas  dari  sinar  Matahari memiliki banyak manfaat bagi kehidupan di muka bumi ini. Manfaat  energi  panas  Matahari  dapat  dimanfaatkan    oleh  manusia  yaitu untuk  mengeringkan  pakaian,  untuk  menghangatkan  ruangan,  sebagai penghangat  tubuh,  untuk  mengeringkan  hasil  pertanian  seperti  padi,  kopi, cengkeh. Energi cahaya yang dihasilkan Matahari dapat digunakan  untuk bermanfaat bagi  tumbuhan  yang  memiliki  klorofil  untuk  dapat  melakukan  proses pembuatanan  makanan  atau  proses  fotosintesis. Tumbuhan  dapat menghasilkan  kayu  dan  makanan.  Makanan  menjadi  sumber  energi  bagi manusia  dan  hewan.  Kayu  yang  dihasilkan  tanaman  bisa  menjadi  sumber energi  yaitu  dengan  cara  dibuat  kayu  bakar  atau  dengan  proses  alam  bisa menjadi  batu  bara.  Cahaya  Matahari  bisa  dimanfaatkan  sebagai  sumber energi listrik. Dari uraian diatas kita dapat simpulkan bahwa Matahari merupakan sumber energi  utama  untuk  kehidupan  di  bumi.  Tanpa  Matahari  tidak  akan  ada kehidupan  di  dunia.  Jika  tidak  ada  Matahari  maka  tumbuhan  tidak  bisa melakukan  fotosintesis  akibatnya  tidak  ada  tumbuhan  yang  hidup. Tumbuhan merupakan sumber makanan bagi manusia dan hewan maka jika tidak  ada  tumbuhan  maka  manusia  dan  hewan  akan  musnah.  Matahari memancarkan  energi  panas  yang  berguna  untuk  memanaskan  suhu  bumi, jika matahari tidak ada maka suhu bumi akan turun sampai jauh dibawah 0°C
akibatnya semua mahluk hidap akan mati dan musnah. Selain  energi  Matahari  yang  merupakan  energi  yang  paling  besar,  secara umum energi dapat dibagi menjadi beberapa macam bentuk energi yaitu:
a.    Energi kimia
Energi kimia adalah energi  yang  terdapat pada  senyawa kimia.  Energi kimia  ini  dihasilkan  dalam  suatu  reaksi  kimia.  Besarnya  energi  yang  dihasilkan tergantung dari jenis dan jumlah pereaksi dalam suatu reaksi kimia. Alat-alat yang dapat menghasilkan energi dari reaksi kimia misalnya  aki,  beterai  dan makanan.
2.    Energi listrik
Energi  listrik  saat  ini  merupakan  salah  satu  energi  yang  paling  banyak digunakan. Energi ini  terjadi karena adanya    aliran muatan  elektron  melalui kawat  logam  konduktor.  Elektron  merupakan  muatan  listrik  negatif.  Aliran elektron  menimbulkan  arus  listrik.  Arah  arus  listrik  berlawanan  dengaan arah aliran elektron.  Energi listrik dapat diubah menjadi bentuk energi yang
lain seperti energi gerak, energi cahaya, energi panas, atau energi bunyi.
3.    Energi panas
Energi panas atau energi kalor merupakan suatu energi yang bersumber dari benda-benda  yang  mengeluarkan  panas.  Sumber  energi  panas  yang  paling besar  adalah  Matahari.  Panas    Matahari  sangat  bermanfaat  bagi  makhluk hidup  yang  ada  di  muka  bumi. Contoh  sumber  energi  panas  lain  adalah Setrika, Penanak nasi, Pemanas air dan lain-lain.

4.    Energi bunyi
Energi bunyi merupakan energi yang dihasilkan oleh bunyi atau suara. Bunyi dihassilkan  dari  benda-benda  yang  bergetar.  Contohnya  bunyi  gitar,  bunyi bom, bunyi halilintar, dan bunyi petasan.
5.    Energi nuklir
Energi  nuklir  adalah  suatu  energi  yang  terkandung  dalam  inti  atom  dari unsur-unsur  nuklir.  Energi  nuklir  akan  keluar  bila  suatu  inti  atom  berubah menjadi  inti  lain.  Besarnya  energi  nuklir  yang  dihasilkan  tergantung  pada jumlah  dan  jenis  inti.  Contohnya  Energi  atam  adalah  ledakan  yang  terjadi pada bom atom, PLTN (Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir).
6.    Energi mekanik
Energi  mekanik merupakan  energi  yang disebabkan karena  keadaan  benda. Keadaan  benda  yang  dimaksud  adalah  benda  yang  berada  pada  posisi tertentu  terhadap  suatu  acuan  dan  benda  bergerak.  Energi  mekanik  terdiri atas 2 buah energi yaitu energi potensial dan energi kinetik.
a)      Energi potensial
Energi potensial merupakan suatu energi tersimpan yang dimiliki oleh suatu benda karena posisi (kedudukan) terhadap suatu acuan. Sebagai contoh yaitu benda  yang  berada  pada  ketinggian  tertentu apabila  benda  kita  lepas  maka benda  tersebut  akan  bergerak  ke  bawah  atau  jatuh.  Jika  benda  tersebut mengenai tanah yang lembek, akan menyebabkan terjadinya  cekungan  pada tanah. Jika masa benda yang jatuh semakin besar maka lubang terbentuk juga semakin besar dan semakin dalam. Semakin tinggi tempat benda dijatuhkan semakin besar dan semakin dalam pula lubang yang terbentuk. Dari  pernyataan  di  atas  dapat  disimpulkan  bahwa  energi  potensial  suatu benda dipengaruhi oleh massa benda, dan ketinggian dari suatu benda.
b)      Energi kinetik
Energi kinetik merupakan suatu energi yang dimiliki oleh suatu benda  yang bergerak. Besarnya suatu energi kinetik dipengaruhi oleh massa suatu benda dan  kecepatan  dari  suatu  benda  yang  bersangkutan.  Semakin  besar  massa dari  benda  yang  bersangkutan,  maka  energi  kinetiknya  juga  akan  semakin besar,  begitu  pula  semakin  cepat  gerak  suatu  benda,  energi  kinetik  yang dihasilkan juga akan semakin besar.
Perubahan Bentuk Energi Energi  akan  bermanfaat  setelah  berubah  bentuk  menjadi  energi  yang  lain. Bentuk energi dapat mengalami perubahan  dari  satu bentuk ke bentuk yang lain. Beberapa  bentuk perubahan energi  ini  dimanfaatkan  dalam kehidupan sehari-hari.  Sesuai  dengan  Hukum  Kekekalan  Energi,  energi  tidak  dapat diciptakan dan juga tidak dapat dimusnahkan, tetapi hanya dapat diubah dari satu bentuk ke bentuk yang lain.  Beberapa perubahan energi tersebut antara lain sebagai berikut.
a.      Perubahan  energi  gerak  menjadi  energi  panas.  Contoh  kedua  telapak  tangan yang digosokan semakin lama akan terasa hangat;
b.      Perubahan energi gerak menjadi energi bunyi. Contoh saat kita memukul  benda dengan pinsil maka akan terdengar bunyi;
c.      Perubahan  energi  panas  menjadi  energi  gerak.  Contoh  kertas  yang  dibentuk spiral yang digantung menggunakan benang di atas lilin;
d.      Perubahan  energi  kimia  menjadi  energi  panas.  Contoh  energi  dari  makanan  yang  menghasilkan  panas  setelah  dimakan.  Adanya  energi  panas ditandai dengan timbulnya keringat setelah makan;
e.      Perubahan energi listrik menjadi energi panas. Contoh setrika listrik dan  solder listrik yang dipanaskan;
f.       Perubahan  energi  listrik  menjadi  energi  gerak.  Contoh  kipas  angin  dan  blender;
g.      Perubahan  energi  cahaya  menjadi  energi  panas.  Contoh  pada  pembakaran kertas menggunakan lup
7.      Energi Alternatif
Energi  alternatif  merupakan  sebuah  istilah  untuk  semua  energi  yang  dapat digunakan  sebagai  pengganti  bahan  bakar  yang  berasal  dari  fosil  (hidrokarbon).  Contoh  bahan  bakar  fosil  adalah  batubara  dan  bahan  bakar minyak.  Penggunaan  energi  jenis  ini  dapat  mengurangi  kerusakan lingkungan  akibat  emisi  karbondioksida  yang  tinggi  (pemanasan  global) dalam penggunaan bahan bakar yang berasal dari fosil (batubara dan BBM). Sejarah bahan bakar alternatif dimulai sejak tahun 1973 terjadi krisis minyak bumi secara global yang menyita perhatian sebagian besar penduduk dunia. Kejadian ini mulai mendorong berbagai pihak mencari sumber energi lainnya yang dapat diperbarui dan dapat dikembangkan untuk mengatasi krisis ini.

Minyak  bumi  sebagai  sumber  energi  utama  memang  kini  semakin  menipis jumlahnya  dan mulai mengalami  kelangkaan. Selain itu, kelangkaan sumber daya  terjadi  karena  adanya  sikap  ketidakpedulian  dan  pemborosan sumber daya itu sendiri, termasuk energi.  Padahal  energi  memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia dan lingkungan sekitarnya. Oleh karena itu perlu dibangun  sikap  kepedulian  terhadap  sumber  daya  khususnya  minyak  bumi yang mulai mengalami kelangkaan. Manusia harus mulai berpikir lebih keras memikirkan pengganti minyak bumi. Perlu adanya upaya pengembangan dan penelitian  terhadap  sumber  daya  lainnya  yang  berpotensi  menjadi  energi alternatif. Energi  jenis  ini  akan  berperan  penting  dalam  menggantikan  energi  tak terbarukan  yang  mulai  mengalami  kelangkaan.  Adanya  energi  alternatif terbarukan  akan  mendukung  segala  kegiatan  manusia  dalam  memenuhi kebutuhan hidupnya.Terdapat  berbagai  sumber  daya  yang  dapat  kita  temukan  di  permukaan bumi.  Berikut  syarat-syarat  suatu  sumber  daya  dapat  digunakan  sebagai
sumber energi alternatif:
Ø  Tidak Boleh Berasal dari Fosil
Ø  Terbarukan (Renewable)
Ø  Ramah Lingkungan
Ø  Dapat Diproduksi Secara Masal
Jenis-Jenis Sumber Energi Alternatif
Bumi sebagai tempat tinggal kita memiliki kekayaan sumber daya alam yang dapat  kita  manfaatkan  untuk  sumber  energi  alternatif.  Berikut  ini  beberpa  jenis sumber energi alternatif yang sudah mulai dikembangkan. Energi Panas Bumi (Geothermal).
Energi panas bumi atau yang dikenal dengan nama energi geothermal berasal dari  Bahasa  Yunani,  “geo”  berarti  bumi  dan  “thermal”  berarti  panas.  Energi geothermal  merupakan  energi  alternatif  yang  dihasilkan  dan  tersimpan  di inti  bumi  sehingga  diperlukan  biaya  pengeboran  tinggi  untuk memperolehnya.  Sumber  energi  panas  bumi  dapat  ditemukan  di  sekitar daerah yang memiliki gunung berapi aktif.

Energi Angin
Energi  angin  sudah  dimanfaatkan  manusia  sejak  lama  sebagai  energi penggerak  kapal  layar.  Selain  itu,  tenaga  angin  juga  dapat  digunakan  untuk menggerakkan mesin penggiling jagung. Saat  ini  energi  angin  juga  dapat  dimanfaatkan  sebagai  sumber  energi penghasil  listrik  dengan  menggunakan  kincir  angin  raksasa  yang  akan menggerakkan turbin penghasil listrik.
Energi Surya
Energi  surya  yang  berasal  dari  matahari  merupakan  sumber  energi  paling berlimpah  yang  saat  ini  tersedia.  Energi  tersebut  terdiri  dari  energi  panas dan energi cahaya. Energi  panas  dapat  kita  manfaatkan  pada  siang  hari,  misalnya  untuk mengeringkan pakaian dan lain sebagainya.


Gambar 6 Pembangkit Listrik Tenaga Surya
Sumber : solarpanelindonesia.wordpress.com

Energi cahaya juga dapat kita gunakan sebagai sumber penerangan sehingga kita tidak perlu menyalakan lampu. Energi surya juga dapat diubah menjadi energi listrik menggunakan alat yang disebut sel surya.
Energi Air
Air selalu mengalir dari tempat tinggi menuju ke tempat yang lebih rendah. Air  yang  mengalir  sangat  deras  merupakan  sumber  energi  gerak  untuk mengasilkan  hydropower  atau  energi  listrik  yang  dihasilkan  dari  kekuatan air.  Pada  stasiun  Pembangkit  Listrik  Tenaga  Air  (PLTA),  air  dibendung sehingga  permukaanya  menjadi  lebih  tinggi.  Kemudian  aliran  air  diarahkan ke turbin melalui pipa air untuk menghasilkan listrik. Pada umumnya tempat yang  dapat  digunakan  untuk  menampung  air  dalam  jumlah  yang  besar  adalah danau atau waduk.



Pembangkit  listrik  tenaga  air  bisa  juga  dibuat  dengan  sederhana,  yaitu dengan cara memasang kincir pada aliran sungai.
Biogas
Biogas merupakan gas yang dihasilkan dari sisa atau hasil buangan makhluk hidup (manusia dan hewan). Biogas ini termasuk dalam kelompok bioenergi. Pada umumnya pemanfaatan sisa kotoran ini dilakukan dengan membangun sebuah instalasi dari tangki yang menampung kotoran manusia dan hewan.



LAMPIRAN 2
LKPD 1











Lampiran 3
LKPD 2

KINCIR ANGIN SEDERHANA

Tujuan : Siswa dapat membuat kincir sederhana

Buatlah kincir angin dari kertas seusuai dengan petunjuk di bawah ini!
Alat dan bahan:
o   Lidi/sumpit kayu                                  Description: FD
o   Gunting
o   Lem
o   Kertas berbentuk persegi
o   Jarum/pin/paku payung
Langkah-langkah pembuatan:
         Gambarlah pada kertas garis dua garis menyilang dengan garis silang. Pada bagian tengah dari pertemuan dua garis silang, buatlah lubang kecil.
         Potonglah kertas menurut garis bersilang yang telah kamu buat dengan gunting. Potonglah hingga setengahnya atau mendekati sumbu poros.
         Berhati-hatilah menggunakan gunting jangan sampai melukai tanganmu.
         Tekuklah bagian yang telah digunting kea rah poros dan tusukkan paku paying pada proses pembuatannya.
         Tusukkan paku pada sebatang kayu, kemudian tiuplah kincir itu dari depan.
         Setelah baling-baling kertas siap, tempelkan ke ujung sumpit menggunakan jarum.
         Pastikan baling-baling bisa berputar.

Jawablah pertanyaan berikut ini!
1.      Apakah kincirmu dapat berputar?
2.      Kemanakah arah putarannya?
3.      Dari manakah kincir dapat berputar?
4.      Tiuplah kincir dari arah samping. Apakah kincir bergerak?
5.      Tiuplah kincir dari arah belakang. Apakah kincir dapat berputar?
6.      Bawalah pergi berlari, apakah yang akan terjadi?
7.      Jelaskan peruban energi yang terjadi pada kincir angina!















Lampiran 4
 Soal

IPA
1.      Perhatikan gambar berikut!

                       Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgbMgFKyV3p7RL1H2R61Ibrt3PAgosjbcV_qVqA5dZuUzgqCONxq13Ierm0AsUFCI-VvLzpK8DoWSMGITphLvQXCJLt7KIREmIJqsEKQZMZEKIaMoZ86b8Y3v-7NIHmFXyqN7uof0dfLwo/s1600/Dinamo+Sepeda.jpeg                                    
                                  Gambar A                                                          Gambar B
Perbedaan perubahan energi dari kedua kegiatan tersebut adalah …

No
Gambar A
Gambar B
A
Kinetik-listrik-cahaya
Listrik-kinetik-cahaya
B
Kimia-listrik-cahaya
Listrik-kimia-cahaya
C
Kinetik-listrik-cahaya
Kimia-listrik-cahaya
D
Kimkia-listrik-cahaya
Kinetik-listrik-cahaya

2.      Perhatikan gambar berikut!
Description: Image result for pemanfaatan sel surya lampu lalu lintas
Jelaskan cara pemanfaatan sumber energi alternatif di atas !











1 Response to "RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) materi Sumber Energi"

  1. What's the Best Slot Machines In Vegas? - DRMCD
    VegasSlot MachineVegas.lv. The most popular slot machine for the Las 광양 출장마사지 Vegas Strip, it 경상남도 출장마사지 is 안양 출장샵 the only casino in 대전광역 출장샵 the U.S. 광주광역 출장샵 that offers a VegasSlot MachineVegas.lv.

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel