-->

LK 2 Analisis Unit Pembelajaran


LK 2 Analisis Unit Pembelajaran

NAMA UNIT PEMBELAJARAN KE 1   : HUBUNGAN GAYA DAN GERAK (ENERGI DAN PERUBANHANNYA)  
JENJANG                                                  : Kelas IV

KD
IPK
Materi
Kegiatan Pembelajaran
HOTS
Transfer Knowledge
Critical thinking, Creativity
Problem Solving
3.4 menghubungkan gaya dan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar

3.6.1 Menjelaskan pengertian gaya
3.6.2 Menjelaskan pengertian gerak
3.6.3 Menyelidiki hubungan gaya dan gerak
Gayadan Gerak

Siswa memahami tugas kelompok yang tertulis pada LKPD.

Siswa membuktikkan gaya mempengaruhi gerak.

Siswa menyimpulkan hasil praktik
Siswa berdiskusi, berdiskusi tentang hasil percobaan ( membuktikkan gaya mempengaruhi gerak benda).

Siswa mencoba menjawab persoalan yang dikemukaan salah satu siswa “
 Manakah yang jatuh terlebih dahulu kelereng atau kertas tisu “

Siswa mencari pembuktian untuk menyelesaiakn persoalan “Mengapa kelereng jatuh terlebih dahulu daripda tisu”











Unsur Keterampilan Abad 21 pada Kegiatan Pembelajaran

KD
IPK
Materi
Kegiatan Pembelajaran
Keterampilan abad 21
PPK
Literasi
4C
4.4 Menyajikan hasil percobaan tentang hubungan gaya dan gerak
 4.4 .1 Menyajikan hasil percobaan tentang hubungan gaya dan gerak
Gaya dan gerak
Siswa membuktikan pengaruh gaya dengan gerak (kejujuran, tanggung jawab, ketelitian)

Siswa berdiskusi menyelesaikan persoalan berdasarkan LKPD
( gotong royong)


Mencari informasi pendukung melalui bahan bacaan tentang pengaruh gaya berat terhadap kecepatan.

Mempraktikkan percobaan dengann mengaitkan hubungan gaya berat terhadap kecepatan gerak benda

 (literai sains)

Creativity :
menjawab pertanyaan, menyimpulkan hasil percobaan.

Critical thinking :
Melakukan percobaan untuk membuktikan pengaruh gaya terhadap gerak.
Mencari informasi dengan bahan bacaan dari berbagai sumber.

Collaboration :
berdiskusi
Communication :
 presentasi hasil diskusi













Penilaian
Pengembangan Soal
Kesesuaian Penilaian
HOTS
IPK
Materi
Pengetahuan
3.6.1 Menjelaskan pengertian gaya
3.6.2 Menjelaskan pengertian gerak
3.6.3 Menyelidiki hubungan gaya dan gerak
Sesuai
Gaya dan gerak


Sesuai

Sudah HOTS
Keterampilan
4.4 .1 Menyajikan hasil percobaan tentang hubungan gaya dan gerak
Sesuai
Gaya dan gerak
Sesuai
Sudah HOTS






Jenjang                                               :SD
KD
IPK
Materi
Kegiatan Pembelajaran
HOTS
Transfer Knowledge
Critical thinking, Creativity
Problem Solving
3.10 Menjelaskan hubungan antar garis ( sejajar, berpotongan, berhimpit) menggunakan model konkret

4.10 Mengidentifikasi hubungan antar garis (sejajar, berpotongan, berhimpit) menggunakan model konkret
3.6.2 Menjelaskan hubungan antar garis sejajar

3.6.3 Menjelaskan hubungan antar garis, berpotongan menggunakan benda konkret


Hubungan Antar Garis
Siswa memahami tugas yang diberikan oleh gurunya.

Siswa membuktikan hubungan antar garis sejajar, berpotongan, berhimpit dengan benda konkret
Siswa dapat menunjukkan benda – benda konkret yang menunjukkan hubungan antar garis.
Siswa mencari pembuktian untuk menyelesaikan persoalan “benda – benda konkret yang menunjukkan hubungan antar garis”










Unsur Keterampilan Abad 21 pada Kegiatan Pembelajaran

KD
IPK
Materi
Kegiatan Pembelajaran
Keterampilan abad 21
PPK
Literasi
4C
3.10 Menjekaskan hubungan antar garis (sejajar,berpotongan, berhimpit) menggunakan model konkret

4.10 Mengidentifikasi hubungan antar garis (sejajar, berpotongan, berhimpit) menggunakan model berhimpit
3.6.2 Menjelaskan hubungan antar garis sejajar

3.6.3 Menjelaskan hubungan antar garis berpotongan menggunakan benda konkret
Hubungan Antar Garis
1.       Siswa berdoa sebelum dan sesudah pelajaran
2.       Guru mengajak siswa untuk selalu bersyukur karena masih diberi kesehatan
3.       Guru menggunakan kata-kata baku selama pembelajaran
4.       Guru menggunakan benda – benda konkret sebagai media pembelajaran 
Guru mengajak siswa membaca 15 menit sebelum pelajaran dimulai
Guru saling berinteraksi dengan siswa.

Guru menjalin komunikasi yang baik dengan siswa supaya siswa dengan mudah menerima pelajaran.

Dengan berbagai benda konkret yang digunakan siswa untuk membuktikan hubungan antar garis.

Siswa dengan teliti mengamati media ( benda konkret) untuk membuktikan hubungan antar garis.








Penilaian
Pengembangan Soal
Kesesuaian Penilaian
HOTS
IPK
Materi
Perhatikan gambar berikut

Description: C:\Users\LENOVO\Downloads\garis sejajar.png

Apakah gambar di atas menunjukkan hubungan antar garis?
3.6.2 Menjelaskan hubungan antar garis sejajar

3.6.3 Menjelaskan hubungan antar garis,berpotongan menggunakan benda konkret
Hubungan Antar Garis
Bukan HOTS

(level C1, Mengingat)




R-2.  Rubrik Desain Pembelajaran Berorientasi HOTS


Rubrik   ini digunakan fasilitator untuk menilai hasil kerja analisis KD, rumusan IPK dan kegiatan pembelajaran sesuai model pembelajaran.
Langkah-langkah penilaian hasil kajian:
1.       Cermati tugas yang diberikan kepada peserta pembekalan pada LK-2!
2.       Berikan nilai berdasarkan penilaian anda terhadap hasil kerja peserta sesuai rubrik berikut!
Kriteria Penilaian:
1.         Menuliskan Unsur HOTS pada analisis unit pembelajaran 1 dengan tepat.
2.         Menuliskan Keterampilan Abad 21 pada analisis unit pembelajaran 1 dengan tepat.
3.         Menuliskan penilaian pada analisis unit pembelajaran 1 dengan tepat.
4.         Menuliskan Unsur HOTS pada analisis unit pembelajaran 2 dengan tepat.
5.         Menuliskan Keterampilan Abad 21 pada analisis unit pembelajaran 2 dengan tepat.
6.         Menuliskan penilaian pada analisis unit pembelajaran 2 dengan tepat.


Rubrik Penilaian:                  
Nilai
Rubrik
90 < nilai £ 100
Enam  aspek sesuai dengan kriteria
80 < nilai £ 90
Lima  aspek sesuai dengan kriteria,satu aspek kurang sesuai
70 < nilai £ 80
Empat   aspek sesuai dengan kriteria, dua aspek kurang sesuai
60 < nilai £ 70
Tiga aspek sesuai dengan kriteria, tiga aspek kurang sesuai
<60
Dua aspek sesuai dengan kriteria, empat aspek kurang sesuai



0 Response to "LK 2 Analisis Unit Pembelajaran"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel