-->

LK-3. Format Desain Pembelajaran Berdasarkan Model Pembelajaran


IN-2

LK-3. Format Desain Pembelajaran Berdasarkan Model Pembelajaran

Perumusan kegiatan dibagi ke dalam beberapa pertemuan, disesuaikan dengan kebutuhan konten materi yang disajikan.
Tujuan Pembelajaran: Menjelaskan pengertian energi, mengidentifikasi bentuk-bentuk energi, menjelaskan sumber energi alternatif.

No
IPK Pengetahuan
IPK Keterampilan
Kegiatan Pembelajaran
Sumber Belajar/Media
Penilaian

3.5.1
Menyebutkan pengertian energi
3.5.2
Mengidentifikasi bentuk-bentuk energi
3.5.3
Mengidentifikasi perubahan energi
3.5.5
Mengidentifikasi berbagai sumber energi alternatif

4.5.1
Melakukan percobaan perubahan energi
4.5.2
meMenyajikan laporan hasil pengamatan dan penelusuran informasi tentang berbagai perubahan bentuk energi
Pendahuluan:
Guru memulai kegiatan pembelajaran dengan mengajukan pertanyaan, anjuran membaca buku dan aktifitas belajar lainnya yang mengarah pada persiapan pemecahan masalah.



Buku Pegangan Siswa K-13 Kelas IV
Sikap:
Lembar observasi siswa

Pengetahuan:
Pengerjaan LKS

Keterampilan
Unjuk Kerja



Inti:
Guru membagi peserta didik ke dalam kelompok
Setiap kelompok diberikan LKPD yang harus dikerjakan
Guru memfasilitasi pada peserta didik untuk mendiskusikan hasil kegiatan pada kelompok
Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompoknya




Penutup:
Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan hasil pembelajaran



                                                                                                                                                                                                                       


2.      Pertemuan/Pembelajaran Unit Ke-2:
No
IPK Pengetahuan
IPK Keterampilan
Kegiatan Pembelajaran
Sumber Belajar/Media
Penilaian
1.
3.6.2 Menjelaskan hubungan antar garis sejajar
3.6.3 Menjelaskan hubungan antar garis, berpotongan menggunakan benda konkret
3.6.4 Menjelaskan hubungan antar berhimpit menggunakan benda konkret

,la   4.8.2 Mengidentifikasi hubungan antar garis sejajar.
Sll   4.8.3Mengidentifikasi hubungan antar berpotongan dengan benda konkret.

4.8.4 Mengidentifkasi hubungan antar garis berhimpit menggunakan benda konkret
.
Pendahuluan:Guru menyiapkan berbagai alat peraga.
Guru bertanya kepada siswa “ Siapa yang masih pelajaran kemarin?”
Guru merangsang siswa dengan memberikan berbagai petanyaan, diantaranya:
a.Mnakah diantara dua garis tersebut yang berpotongan?
b.Manakah diantara dua garis tersebut yang sejajar?
c.Manakah diantara dua garis tersebut yang berimpit?
·      Buku cetak Matematika Kls 4
·      lidi
Sikap:
·   Penilaian diri sendiri


Pengetahuan:
·   Tes tulis

Keterampilan:
·   Observasi
Unjuk kerja











Inti:
Siswa di bagi menjadi beberapa kelompok. Tiap kelompok diminta mencari benda-benda sekitar yang menunjukkan dua garis sejajar dan dua garis berpotongan, baik di dalam kelas maupun di luar kelas






Penutup: Siswa mempresentasekan hasil kerja kelompoknya.


R-3.  Rubrik Desain Pembelajaran Berorientasi HOTS


Rubrik   ini digunakan fasilitator untuk menilai hasil kerja analisis KD, rumusan IPK dan kegiatan pembelajaran sesuai model pembelajaran.
Langkah-langkah penilaian hasil kajian:
1.       Cermati tugas yang diberikan kepada peserta pembekalan pada LK-3!
2.       Berikan nilai berdasarkan penilaian anda terhadap hasil kerja peserta sesuai rubrik berikut!
Kriteria Penilaian:
1.         Merumuskan kegiatan pembelajaran sesuai IPK pengetahuan hasil analisis unit ke dalam desain pembelajaran unit ke-1 dengan tepat.
2.         Merumuskan kegiatan pembelajaran sesuai IPK keterampilan hasil analisis unit ke dalam desain pembelajaran unit ke-1 dengan tepat.
3.         Merumuskan kegiatan pembelajaran sesuai IPK pengetahuan hasil analisis unit ke dalam desain pembelajaran unit ke-2 dengan tepat.
4.         Merumuskan kegiatan pembelajaran sesuai IPK keterampilan hasil analisis unit ke dalam desain pembelajaran unit ke-2 dengan tepat.
5.         Merumuskan sumber belajar sesuai IPK pengetahuan dan keterampilan hasil analisis unit ke dalam desain pembelajaran unit ke-1 dan unit ke-2 dengan tepat.
6.         Merumuskan penilaian sesuai IPK pengetahuan dan keterampilan hasil analisis unit ke dalam desain pembelajaran unit ke-1 dan unit ke-2  dengan tepat.

Rubrik Penilaian:                  
Nilai
Rubrik
90 < nilai £ 100
Enam  aspek sesuai dengan kriteria
80 < nilai £ 90
Lima  aspek sesuai dengan kriteria, satu aspek kurang sesuai
70 < nilai £ 80
Empat  aspek sesuai dengan kriteria, dua aspek kurang sesuai
60 < nilai £ 70
Tiga aspek sesuai dengan kriteria, tiga aspek kurang sesuai
<60
Dua aspek sesuai dengan kriteria, empat aspek kurang sesuai


 


0 Response to "LK-3. Format Desain Pembelajaran Berdasarkan Model Pembelajaran"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel