LK-3. Format Desain Pembelajaran Berdasarkan Model Pembelajaran
IN-2
LK-3. Format Desain Pembelajaran Berdasarkan Model
Pembelajaran
Perumusan kegiatan dibagi ke dalam beberapa pertemuan, disesuaikan
dengan kebutuhan konten materi yang disajikan.
Tujuan Pembelajaran: Menjelaskan
pengertian energi, mengidentifikasi bentuk-bentuk energi, menjelaskan sumber
energi alternatif.
No
|
IPK Pengetahuan
|
IPK Keterampilan
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Sumber Belajar/Media
|
Penilaian
|
|
3.5.1
Menyebutkan
pengertian energi
3.5.2
Mengidentifikasi
bentuk-bentuk energi
3.5.3
Mengidentifikasi
perubahan energi
3.5.5
Mengidentifikasi
berbagai sumber energi alternatif
|
4.5.1
Melakukan
percobaan perubahan energi
4.5.2
meMenyajikan
laporan hasil pengamatan dan penelusuran informasi tentang berbagai perubahan
bentuk energi
|
Pendahuluan:
Guru memulai
kegiatan pembelajaran dengan mengajukan pertanyaan, anjuran membaca buku dan
aktifitas belajar lainnya yang mengarah pada persiapan pemecahan masalah.
|
Buku Pegangan
Siswa K-13 Kelas IV
|
Sikap:
Lembar observasi siswa
Pengetahuan:
Pengerjaan LKS
Keterampilan
Unjuk Kerja
|
|
|
|
Inti:
Guru membagi peserta didik ke dalam kelompok
Setiap kelompok diberikan LKPD yang harus dikerjakan
Guru memfasilitasi pada peserta didik untuk mendiskusikan
hasil kegiatan pada kelompok
Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompoknya
|
|
|
|
|
|
Penutup:
Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan hasil
pembelajaran
|
|
2. Pertemuan/Pembelajaran
Unit Ke-2:
No
|
IPK Pengetahuan
|
IPK Keterampilan
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Sumber Belajar/Media
|
Penilaian
|
1.
|
3.6.2 Menjelaskan hubungan antar garis
sejajar
3.6.3 Menjelaskan hubungan antar garis,
berpotongan menggunakan benda konkret
3.6.4 Menjelaskan hubungan antar
berhimpit menggunakan benda konkret
|
,la 4.8.2
Mengidentifikasi hubungan antar garis sejajar.
Sll
4.8.3Mengidentifikasi hubungan antar berpotongan dengan benda konkret.
4.8.4 Mengidentifkasi hubungan antar garis berhimpit
menggunakan benda konkret
.
|
Pendahuluan:Guru menyiapkan berbagai alat peraga.
Guru bertanya kepada siswa “ Siapa yang masih
pelajaran kemarin?”
Guru merangsang siswa dengan memberikan berbagai
petanyaan, diantaranya:
a.Mnakah diantara dua garis tersebut yang
berpotongan?
b.Manakah diantara dua garis tersebut yang sejajar?
c.Manakah diantara dua garis tersebut yang berimpit?
|
· Buku cetak Matematika Kls 4
· lidi
|
Sikap:
· Penilaian diri sendiri
Pengetahuan:
· Tes
tulis
Keterampilan:
· Observasi
Unjuk kerja
|
|
|
|
Inti:
Siswa di bagi menjadi beberapa kelompok. Tiap kelompok
diminta mencari benda-benda sekitar yang menunjukkan dua garis sejajar dan
dua garis berpotongan, baik di dalam kelas maupun di luar kelas
|
|
|
|
|
|
Penutup: Siswa mempresentasekan hasil kerja kelompoknya.
|
|
R-3. Rubrik Desain
Pembelajaran Berorientasi HOTS
Rubrik ini
digunakan fasilitator untuk menilai hasil kerja analisis KD, rumusan IPK dan
kegiatan pembelajaran sesuai model pembelajaran.
Langkah-langkah penilaian hasil kajian:
1.
Cermati tugas yang
diberikan kepada peserta pembekalan pada LK-3!
2.
Berikan nilai
berdasarkan penilaian anda terhadap hasil kerja peserta sesuai rubrik berikut!
Kriteria Penilaian:
1.
Merumuskan kegiatan pembelajaran sesuai IPK
pengetahuan hasil analisis unit ke dalam desain pembelajaran unit ke-1 dengan tepat.
2.
Merumuskan kegiatan pembelajaran sesuai IPK
keterampilan hasil analisis unit ke dalam desain pembelajaran unit ke-1 dengan tepat.
3.
Merumuskan kegiatan pembelajaran sesuai IPK
pengetahuan hasil analisis unit ke dalam desain pembelajaran unit ke-2 dengan tepat.
4.
Merumuskan kegiatan pembelajaran sesuai IPK
keterampilan hasil analisis unit ke dalam desain pembelajaran unit ke-2 dengan tepat.
5.
Merumuskan sumber belajar sesuai IPK
pengetahuan dan keterampilan hasil analisis unit ke dalam desain pembelajaran
unit ke-1 dan unit ke-2 dengan
tepat.
6.
Merumuskan penilaian sesuai IPK pengetahuan
dan keterampilan hasil analisis unit ke dalam desain pembelajaran unit ke-1 dan
unit ke-2 dengan tepat.
Rubrik Penilaian:
Nilai
|
Rubrik
|
90 < nilai £ 100
|
Enam aspek sesuai
dengan kriteria
|
80 < nilai £ 90
|
Lima aspek sesuai
dengan kriteria, satu aspek kurang sesuai
|
70 < nilai £ 80
|
Empat aspek sesuai
dengan kriteria, dua aspek kurang sesuai
|
60 < nilai £ 70
|
Tiga aspek sesuai dengan kriteria, tiga aspek kurang sesuai
|
<60
|
Dua aspek sesuai dengan kriteria, empat aspek kurang sesuai
|
0 Response to "LK-3. Format Desain Pembelajaran Berdasarkan Model Pembelajaran"
Posting Komentar