LK-4. Penilaian Berorientasi HOTS UP 1
LK-4. Penilaian Berorientasi HOTS UP 1
Tujuan
Kegiatan:
Menyusun soal berorientasi HOTS.
Langkah
Kegiatan:
1.
Buatlah penilaian pengetahuan dengan
langkah-langkah sebagai berikut:
a.
Buatlah kisi-kisi soal sesuai dengan mata
pelajaran yang diampu sesuai kompetensi dasar mata pelajaran yang telah
ditentukan di desain pembelajaran! (LK-4a)
b.
Buatlah soal pada kartu soal yang tersedia,
setiap peserta minimal membuat 1 (satu) soal pilihan ganda dengan level
kognitif pengetahuan dan pemahaman, aplikasi (LK-4b) dan penalaran serta 1
(satu) soal uraian (LK-4c)!
c.
Anggota kelompok secara berpasangan menelaah
soal menggunakan format telaah soal HOTS yang tersedia (LK-4d).
2.
Presentasikan hasil kerja, peserta lain
menyimak presentasi dengan cermat untuk
memberikan saran perbaikan!
3.
Perbaiki hasil yang dibuat sesuai saran!
LK-4a. KISI KISI-KISI
PENULISAN SOAL UP 1
Jenis sekolah :
SD
Jumlah soal : 2
Mata pelajaran : IPA (Bentuk Energi dan Perubahannya)
Bentuk soal/tes : PG
Penyusun : Fatmawati senen S.pd
Alokasi waktu : 2 x 35 menit
Kisi-Kisi Penulisan Soal
No.
|
Kompetensi
Dasar
|
IPK
|
Materi
Pokok
|
Indikator
Soal
|
Level
|
Bentuk Soal
|
Nomor
Soal
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
5
|
6
|
7
|
1
|
Mengidentifikasi berbagai sumber energi, perubahan
bentuk energi, dan sumber energi alternatif (angin, air, matahari, panas
bumi, bahan bakar organik, dan nuklir) dalam Kehidupan sehari-hari.
|
Menganalisis Perubahan Bentuk Energi
|
Perubahan Bentuk Energi
|
Disajikan
gambar suatu rangkaian alat
listrik siswa dapat menganalisis bentuk
perubahan energi yang terjadi
|
C4
|
PG
|
1, 2
|
2
|
Mengidentifikasi
berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi alternatif
(angin, air, matahari, panas bumi, bahan bakar organik, dan nuklir) dalam
Kehidupan sehari-hari.
|
Menganalisis Perubahan Bentuk Energi
|
Perubahan Bentuk Energi
|
Disajikan
gambar suatu rangkaian alat
listrik siswa dapat menganalisis bentuk
perubahan energi yang terjadi
|
C4
|
Uraian
|
1
|
LK -4b KARTU SOAL PILIHAN GANDA
UP 1
KARTU SOAL NOMOR 1
(PILIHAN
GANDA)
Mata
Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : IV/
|
|
Kompetensi Dasar
|
Mengidentifikasi
berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi alternatif
(angin, air, matahari, panas bumi, bahan bakar organik, dan nuklir) dalam
Kehidupan sehari-hari.
|
Materi
|
Perubahan
Bentuk Energi
|
Indikator Soal
|
Menganalisis
Perubahan Bentuk Energi
|
Level Kognitif
|
L3
|
Soal
1.
Perhatikan gambar berikut!
Urutan
perubahan energi yang sesuai gambar tersebut adalah ... .
A.
energi
kimia – energi listrik – energi
panas
B.
energi kimia – energi listrik – energi kinetik
C.
energi
listrik – energi kimia – energi cahaya
D.
energi
kinetik – energi listrik – energi kinetik
2.
Perhatikan
gambar berikut!
Ketika lampu menyala perubahan
enargi yang terjadi adalah …..
a. Energi mekanik
menjadi energi Listrik
b. Energi mekanik
menjadi enegi panas
c. Energi
mekanik menjadi energi listrik, energi listrik menjadi cahaya
d. Energi mekanik menjadi energi listrik, energi listrik menjadi energi
cahaya dan panas
|
Kunci Pedoman Penskoran
NO
SOAL
|
KUNCI/KRITERIA JAWABAN
|
SKOR
|
1
|
B
|
1
|
2
|
D
|
1
|
Keterangan:
Soal ini termasuk soal
HOTS karena
1. Siswa harus menganalisis gambar
tersebut
2. Siswa bisa menguraikan perubahan bentuk
energi yang terjadi
LK-4c KARTU SOAL URAIAN
UP 1
KARTU SOAL NOMOR 2
(URAIAN)
Mata
Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : IV/1
|
|
Kompetensi Dasar
|
Mengidentifikasi
berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi alternatif
(angin, air, matahari, panas bumi, bahan bakar organik, dan nuklir) dalam
Kehidupan sehari-hari.
|
Materi
|
Perubahan
Bentuk Energi
|
Indikator Soal
|
Menganalisis
Perubahan Bentuk Energi
|
Level Kognitif
|
L3
|
Soal
Perhatikan
gambar berikut!
Jelaskan proses terbentuknya energi
listrik pada alat seperti gambar!
|
Kunci Pedoman Penskoran
NO
SOAL
|
URAIAN JAWABAN/KATA
KUNCI
|
SKOR
|
2
|
Jawaban
1. Gerakan air akan memutar kincir
2. Putaran kincir akan digunakan untuk memutar
generator
3. Generator akan menghasilkan energi listrik
|
5
|
Keterangan:
Soal ini termasuk soal HOTS karena
1. Siswa harus menganalisis gambar
tersebut (stimulus gambar)
2. Siswa bisa menguraikan perubahan
bentuk energi yang terjadi
3. Siswa dapat menyimpulkan energi yang
dihasilkan
LK-4d Format Telaah Soal
UP 1
INSTRUMEN TELAAH SOAL
HOTS
BENTUK TES PILIHAN
GANDA
Nama Pengembang Soal :
FATMAWATI SENEN, S.Pd
Mata
Pelajaran/Paket Keahlian/Layanan/Tema : IPA
Kls/Prog/Peminatan :
IV
Isilah tanda ceklist (v) pada kolom
butir soal memenuhi kaidah dan silang (X) pada kolom butir soal bila soal tersebut tidak memenuhi
kaidah.
No.
|
Aspek yang
ditelaah
|
Butir Soal
|
1
|
||
A.
|
Materi
|
|
1.
|
Soal sesuai Kompetensi Dasar (KD)
|
√
|
2.
|
Soal
sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi (IPK)
|
√
|
3.
|
Soal
tidak mengandung unsur SARAPPPK (Suku, Agama, Ras, Antargolongan, Pornografi,
Politik, Propaganda, dan Kekerasan).
|
√
|
4.
|
Soal menggunakan stimulus yang
kontekstual (gambar/grafik, teks, visualisasi, dll, sesuai dengan dunia
nyata)*
|
√
|
5.
|
Soal menggunakan stimulus yang
imajinatif (baru, mendorong peserta didik untuk membaca).
|
-
|
6.
|
Soal menggunakan stimulus yang
mendorong peserta didik untuk melakukan sesuatu).
|
-
|
7.
|
Soal
mengukur level kognitif penalaran (menganalisis, mengevaluasi, mencipta).
Sebelum menentukan pilihan, peserta didik melakukaan tahapan-tahapan
tertentu.
|
√
|
8.
|
Jawaban tersirat pada stimulus
|
√
|
B.
|
Konstruksi
|
|
1.
|
Pokok
soal dirumuskan dengan singkat, jelas, dan tegas.
|
√
|
2.
|
Rumusan
pokok soal dan pilihan jawaban merupakan pernyataan yang diperlukan saja.
|
√
|
3.
|
Pokok
soal tidak memberi petunjuk kunci jawaban.
|
√
|
4.
|
Pokok
soal bebas dari pernyataan yang bersifat negatif ganda.
|
√
|
5.
|
Pilihan
jawaban homogen dan logis ditinjau dari segi materi.
|
√
|
6.
|
Gambar,
grafik, tabel, diagram, atau sejenisnya jelas dan berfungsi.
|
√
|
7.
|
Panjang
pilihan jawaban relatif sama.
|
√
|
8.
|
Pilihan
jawaban tidak menggunakan pernyataan “semua jawaban di atas salah/benar” dan
sejenisnya.
|
√
|
9.
|
Pilihan
jawaban yang berbentuk angka/waktu disusun berdasarkan urutan besar kecilnya
angka atau kronologisnya.
|
-
|
10.
|
Butir
soal tidak bergantung pada jawaban soal sebelumnya.
|
√
|
C.
|
Bahasa
|
|
1.
|
Menggunakan bahasa yang sesuai
dengan kaidah bahasa Indonesia, untuk bahasa daerah dan bahasa asing sesuai
kaidahnya.
|
√
|
2.
|
Tidak menggunakan bahasa yang berlaku
setempat/tabu.
|
√
|
3.
|
Soal menggunakan kalimat yang
komunikatif.
|
√
|
Bontolebang,16
November 2019
Penelaah
HASNAWATI, S.Pd
Nip. 19760820 200502 2 006
Format Telaah Soal Uraian UP 1
INSTRUMEN TELAAH SOAL HOTS
BENTUK TES URAIAN
Nama Pengembang Soal : FATMAWATI SENEN, S.Pd
Mata
Pelajaran/Paket Keahlian/Layanan/Tema : IPA
Kelas/Program/Peminatan :
IV
Isilah tanda ceklist (v) pada kolom
butir soal memenuhi kaidah dan silang (X) pada kolom butir soal bila soal
tersebut tidak memenuhi kaidah.
No.
|
Aspek yang
ditelaah
|
Butir Soal
|
1
|
||
A.
|
Materi
|
√
|
1.
|
Soal sesuai Kompetensi Dasar (KD)
|
√
|
2.
|
Soal
sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi (IPK)
|
√
|
3.
|
Soal
tidak mengandung unsur SARAPPPK (Suku, Agama, Ras, Anatargolongan,
Pornografi, Politik, Propopaganda, dan Kekerasan).
|
√
|
4.
|
Soal menggunakan stimulus yang
kontekstual (gambar/grafik, teks, visualisasi, dll, sesuai dengan dunia
nyata)*
|
√
|
5.
|
Soal menggunakan stimulus yang
imajinatif (baru, mendorong peserta didik untuk membaca).
|
√
|
6.
|
Soal menggunakan stimulus yang
mendorong peserta didik untuk melakukan sesuatu).
|
|
7.
|
Soal
mengukur level kognitif penalaran (menganalisis, mengevaluasi, mencipta).
Sebelum menentukan pilihan, peserta didik melakukaan tahapan-tahapan
tertentu.
|
√
|
B.
|
Konstruksi
|
|
1.
|
Rumusan
kalimat soal atau pertanyaan menggunakan
kata-kata tanya atau perintah yang menuntut jawaban terurai.
|
√
|
2.
|
Memuat petunjuk yang jelas tentang
cara mengerjakan soal.
|
√
|
3.
|
Ada pedoman penskoran/rubrik sesuai
dengan kriteria/kalimat yang mengandung kata kunci.
|
√
|
4.
|
Gambar, grafik, tabel, diagram,
atau sejenisnya jelas dan berfungsi.
|
√
|
5.
|
Butir soal tidak bergantung pada
jawaban soal lain.
|
√
|
C.
|
Bahasa
|
|
1.
|
Menggunakan bahasa yang sesuai
dengan kaidah bahasa Indonesia, untuk bahasa daerah dan bahasa asing sesuai
kaidahnya.
|
√
|
2.
|
Tidak menggunakan bahasa yang berlaku
setempat/tabu.
|
√
|
3.
|
Soal menggunakan kalimat yang
komunikatif.
|
√
|
Bontolebang,16
November 2019
Penelaah
HASNAWATI, S.Pd
Nip. 19760820 200502 2 006
R-3. Rubrik Pengembangan Soal HOTS UP 1
Rubrik ini digunakan
fasilitator untuk menilai hasil kerja pengembangan butir soal USBN.
Langkah-langkah penilaian hasil kajian:
1.
Cermati tugas yang
diberikan kepada peserta pelatihan pada LK-3!
2.
Berikan nilai
berdasarkan penilaian anda terhadap hasil kerja peserta sesuai rubrik berikut!
Kriteria Penilaian:
1.
Merumuskan indikator soal dengan tepat.
2.
Menuliskan soal sesuai indikator soal.
3.
Menuliskan kisi-kisi soal dengan tepat.
4.
Menuliskan soal pilihan ganda sesuai kriteria
soal HOTS.
5.
Menuliskan kunci jawaban pilihan ganda dengan
tepat.
6.
Menuliskan soal uraian sesuai kriteria soal
HOTS.
7.
Menuliskan kunci jawaban uraian dengan tepat.
Rubrik Penilaian:
Nilai
|
Rubrik
|
90 < nilai £ 100
|
Tujuh
aspek sesuai dengan kriteria
|
80 < nilai £ 90
|
Enam
aspek sesuai dengan kriteria, satu aspek kurang sesuai
|
70 < nilai £ 80
|
Lima
aspek sesuai dengan kriteria, dua aspek kurang sesuai
|
60 < nilai £ 70
|
Empat
aspek sesuai dengan kriteria, tiga aspek kurang
sesuai
|
<60
|
Tiga
aspek sesuai dengan kriteria, empat
aspek kurang sesuai
|
0 Response to "LK-4. Penilaian Berorientasi HOTS UP 1"
Posting Komentar