-->

LK-4. Penilaian Berorientasi HOTS UP 1



LK-4. Penilaian Berorientasi HOTS UP 1


Tujuan Kegiatan:
Menyusun soal berorientasi HOTS.
Langkah Kegiatan:
1.       Buatlah penilaian pengetahuan dengan langkah-langkah sebagai berikut:
a.       Buatlah kisi-kisi soal sesuai dengan mata pelajaran yang diampu sesuai kompetensi dasar mata pelajaran yang telah ditentukan di desain pembelajaran! (LK-4a)
b.      Buatlah soal pada kartu soal yang tersedia, setiap peserta minimal membuat 1 (satu) soal pilihan ganda dengan level kognitif pengetahuan dan pemahaman, aplikasi (LK-4b) dan penalaran serta 1 (satu) soal uraian (LK-4c)!
c.       Anggota kelompok secara berpasangan menelaah soal menggunakan format telaah soal HOTS yang tersedia (LK-4d).
2.       Presentasikan hasil kerja, peserta lain menyimak presentasi dengan cermat  untuk memberikan saran perbaikan!
3.       Perbaiki hasil yang dibuat sesuai saran!


LK-4a. KISI KISI-KISI PENULISAN SOAL UP 1

Jenis sekolah                 : SD                                                                                  
Jumlah soal                    : 2
Mata pelajaran             : IPA (Bentuk Energi dan Perubahannya)     
Bentuk soal/tes           : PG
Penyusun                       : Fatmawati senen S.pd
Alokasi waktu              : 2 x 35 menit
Kisi-Kisi Penulisan Soal
No.
Kompetensi Dasar
IPK
Materi
Pokok
Indikator Soal
Level
Bentuk Soal
Nomor
Soal
1
2
3
4

5
6
7
1









Mengidentifikasi berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi alternatif (angin, air, matahari, panas bumi, bahan bakar organik, dan nuklir) dalam Kehidupan sehari-hari.
Menganalisis Perubahan Bentuk Energi
Perubahan Bentuk Energi
Disajikan gambar suatu rangkaian alat listrik siswa dapat menganalisis bentuk perubahan energi yang terjadi
 C4
PG
1, 2
2
Mengidentifikasi berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi alternatif (angin, air, matahari, panas bumi, bahan bakar organik, dan nuklir) dalam Kehidupan sehari-hari.
Menganalisis Perubahan Bentuk Energi
Perubahan Bentuk Energi
Disajikan gambar suatu rangkaian alat listrik siswa dapat menganalisis bentuk perubahan energi yang terjadi
 C4
Uraian
1













LK -4b KARTU SOAL PILIHAN GANDA UP 1

KARTU SOAL NOMOR 1
(PILIHAN GANDA)

Mata Pelajaran       : IPA                                                                   
Kelas/Semester     : IV/                                                                 

Kompetensi Dasar
Mengidentifikasi berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi alternatif (angin, air, matahari, panas bumi, bahan bakar organik, dan nuklir) dalam Kehidupan sehari-hari.
Materi
Perubahan Bentuk Energi
Indikator Soal
Menganalisis Perubahan Bentuk Energi
Level Kognitif
L3 

Soal
1.   Perhatikan  gambar berikut!

Urutan perubahan energi yang sesuai gambar tersebut adalah ... .
A.    energi kimia – energi listrik – energi  panas 
B.    energi kimia  – energi  listrik – energi kinetik 
C.   energi listrik – energi kimia – energi cahaya 
D.   energi kinetik – energi listrik – energi kinetik









2.    Perhatikan gambar berikut!
Description: Hasil gambar untuk gambar dinamo sepeda
     Ketika lampu menyala perubahan enargi yang terjadi adalah …..
a. Energi mekanik menjadi energi Listrik
b. Energi mekanik menjadi enegi panas
c.  Energi mekanik menjadi energi listrik, energi listrik menjadi cahaya
d. Energi mekanik menjadi energi listrik, energi listrik menjadi energi cahaya dan panas




Kunci  Pedoman Penskoran
NO
SOAL
KUNCI/KRITERIA JAWABAN
SKOR
1

B
1
2
D
1

Keterangan:                                                                                                                               
Soal ini termasuk soal HOTS karena
1.       Siswa harus menganalisis gambar tersebut
2.       Siswa bisa menguraikan perubahan bentuk energi yang terjadi


LK-4c KARTU SOAL URAIAN UP 1

KARTU SOAL NOMOR 2
(URAIAN)

Mata Pelajaran       : IPA                                          
Kelas/Semester     : IV/1                                     

Kompetensi Dasar
Mengidentifikasi berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi alternatif (angin, air, matahari, panas bumi, bahan bakar organik, dan nuklir) dalam Kehidupan sehari-hari.
Materi
Perubahan Bentuk Energi
Indikator Soal
Menganalisis Perubahan Bentuk Energi
Level Kognitif
L3

Soal
Perhatikan gambar berikut!
        
Jelaskan proses terbentuknya energi listrik pada alat seperti gambar!





Kunci  Pedoman Penskoran
NO
SOAL
URAIAN JAWABAN/KATA KUNCI
SKOR

2
Jawaban
1.  Gerakan air akan memutar kincir
2.  Putaran kincir akan digunakan untuk memutar generator
3.  Generator akan menghasilkan energi listrik

5
Keterangan:
Soal ini termasuk soal HOTS karena
1.       Siswa harus menganalisis gambar tersebut (stimulus gambar)
2.       Siswa bisa menguraikan perubahan bentuk energi yang terjadi
3.       Siswa dapat menyimpulkan energi yang dihasilkan

LK-4d Format Telaah Soal UP 1

INSTRUMEN TELAAH SOAL HOTS
BENTUK TES PILIHAN GANDA
Nama Pengembang Soal                                                              : FATMAWATI SENEN, S.Pd
Mata Pelajaran/Paket Keahlian/Layanan/Tema             : IPA
Kls/Prog/Peminatan                                                                    : IV
Isilah tanda ceklist (v) pada kolom butir soal memenuhi kaidah dan silang (X) pada kolom  butir soal bila soal tersebut tidak memenuhi kaidah.
No.
Aspek yang ditelaah
Butir Soal
1
A.
Materi

1.        
Soal sesuai Kompetensi Dasar (KD)
2.        
Soal sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi (IPK)
3.        
Soal tidak mengandung unsur SARAPPPK (Suku, Agama, Ras, Antargolongan, Pornografi, Politik, Propaganda, dan Kekerasan).
4.        
Soal menggunakan stimulus yang kontekstual (gambar/grafik, teks, visualisasi, dll, sesuai dengan dunia nyata)*
5.        
Soal menggunakan stimulus yang imajinatif (baru, mendorong peserta didik untuk membaca).
-
6.        
Soal menggunakan stimulus yang mendorong peserta didik untuk melakukan sesuatu).
-
7.        
Soal mengukur level kognitif penalaran (menganalisis, mengevaluasi, mencipta). Sebelum menentukan pilihan, peserta didik melakukaan tahapan-tahapan tertentu.
8.        
Jawaban tersirat pada stimulus
B.
Konstruksi

1.        
Pokok soal dirumuskan dengan singkat, jelas, dan tegas.
2.        
Rumusan pokok soal dan pilihan jawaban merupakan pernyataan yang diperlukan saja.
3.        
Pokok soal tidak memberi petunjuk kunci jawaban.
4.        
Pokok soal bebas dari pernyataan yang bersifat negatif ganda.
5.        
Pilihan jawaban homogen dan logis ditinjau dari segi materi.
6.        
Gambar, grafik, tabel, diagram, atau sejenisnya jelas dan berfungsi.
7.        
Panjang pilihan jawaban relatif sama.
8.        
Pilihan jawaban tidak menggunakan pernyataan “semua jawaban di atas salah/benar” dan sejenisnya.
9.        
Pilihan jawaban yang berbentuk angka/waktu disusun berdasarkan urutan besar kecilnya angka atau kronologisnya.
-
10.    
Butir soal tidak bergantung pada jawaban soal sebelumnya.
C.
Bahasa

1.        
Menggunakan bahasa yang sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia, untuk bahasa daerah dan bahasa asing sesuai kaidahnya.
2.        
Tidak menggunakan bahasa yang berlaku setempat/tabu.
3.        
Soal menggunakan kalimat yang komunikatif.
Bontolebang,16 November 2019
Penelaah


HASNAWATI, S.Pd
Nip. 19760820 200502 2 006



Format Telaah Soal Uraian UP 1
INSTRUMEN TELAAH SOAL HOTS
BENTUK TES URAIAN
Nama Pengembang Soal                                                              :  FATMAWATI SENEN, S.Pd
Mata Pelajaran/Paket Keahlian/Layanan/Tema             : IPA
Kelas/Program/Peminatan                                                       : IV
                                               
Isilah tanda ceklist (v) pada kolom butir soal memenuhi kaidah dan silang (X) pada kolom butir soal bila soal tersebut tidak memenuhi kaidah.

No.
Aspek yang ditelaah
Butir Soal
1
A.
Materi
1.        
Soal sesuai Kompetensi Dasar (KD)
2.        
Soal sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi (IPK)
3.        
Soal tidak mengandung unsur SARAPPPK (Suku, Agama, Ras, Anatargolongan, Pornografi, Politik, Propopaganda, dan Kekerasan).
4.        
Soal menggunakan stimulus yang kontekstual (gambar/grafik, teks, visualisasi, dll, sesuai dengan dunia nyata)*
5.        
Soal menggunakan stimulus yang imajinatif (baru, mendorong peserta didik untuk membaca).
6.        
Soal menggunakan stimulus yang mendorong peserta didik untuk melakukan sesuatu).

7.        
Soal mengukur level kognitif penalaran (menganalisis, mengevaluasi, mencipta). Sebelum menentukan pilihan, peserta didik melakukaan tahapan-tahapan tertentu.
B.
Konstruksi

1.        
Rumusan kalimat soal  atau pertanyaan menggunakan kata-kata tanya atau perintah yang menuntut jawaban terurai.
2.        
Memuat petunjuk yang jelas tentang cara mengerjakan soal.
3.        
Ada pedoman penskoran/rubrik sesuai dengan kriteria/kalimat yang mengandung kata kunci.
4.        
Gambar, grafik, tabel, diagram, atau sejenisnya jelas dan berfungsi.
5.        
Butir soal tidak bergantung pada jawaban soal lain.
C.
Bahasa

1.        
Menggunakan bahasa yang sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia, untuk bahasa daerah dan bahasa asing sesuai kaidahnya.
2.        
Tidak menggunakan bahasa yang berlaku setempat/tabu.
3.        
Soal menggunakan kalimat yang komunikatif.

            Bontolebang,16 November 2019
Penelaah



HASNAWATI, S.Pd
Nip. 19760820 200502 2 006



            R-3.  Rubrik Pengembangan Soal HOTS UP 1



Rubrik   ini digunakan fasilitator untuk menilai hasil kerja pengembangan butir soal USBN.

Langkah-langkah penilaian hasil kajian:
1.       Cermati tugas yang diberikan kepada peserta pelatihan pada LK-3!
2.       Berikan nilai berdasarkan penilaian anda terhadap hasil kerja peserta sesuai rubrik berikut!

Kriteria Penilaian:
1.         Merumuskan indikator soal dengan tepat.
2.         Menuliskan soal sesuai indikator soal.
3.         Menuliskan kisi-kisi soal dengan tepat.
4.         Menuliskan soal pilihan ganda sesuai kriteria soal HOTS.
5.         Menuliskan kunci jawaban pilihan ganda dengan tepat.
6.         Menuliskan soal uraian sesuai kriteria soal HOTS.
7.         Menuliskan kunci jawaban uraian dengan tepat.

Rubrik Penilaian:
Nilai
Rubrik
90 < nilai £ 100
Tujuh aspek sesuai dengan kriteria
80 < nilai £ 90
Enam aspek sesuai dengan kriteria, satu aspek kurang sesuai
70 < nilai £ 80
Lima aspek sesuai dengan kriteria, dua aspek kurang sesuai
60 < nilai £ 70
Empat aspek sesuai dengan kriteria, tiga aspek kurang sesuai
<60
Tiga aspek sesuai dengan kriteria, empat aspek kurang sesuai


0 Response to "LK-4. Penilaian Berorientasi HOTS UP 1"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel