LK-4. Penilaian Berorientasi HOTS UP 2
LK-4. Penilaian
Berorientasi HOTS UP 2
Tujuan Kegiatan:
Menyusun
soal berorientasi HOTS.
Langkah Kegiatan:
1.
Buatlah penilaian pengetahuan dengan
langkah-langkah sebagai berikut:
a.
Buatlah kisi-kisi soal sesuai dengan
mata pelajaran yang diampu sesuai kompetensi dasar mata pelajaran yang telah
ditentukan di desain pembelajaran! (LK-4a)
b.
Buatlah soal pada kartu soal yang
tersedia, setiap peserta minimal membuat 1 (satu) soal pilihan ganda dengan
level kognitif pengetahuan dan pemahaman, aplikasi (LK-4b) dan penalaran serta
1 (satu) soal uraian (LK-4c)!
c.
Anggota kelompok secara berpasangan
menelaah soal menggunakan format telaah soal HOTS yang tersedia (LK-4d).
2.
Presentasikan hasil kerja, peserta lain
menyimak presentasi dengan cermat untuk
memberikan saran perbaikan!
3.
Perbaiki hasil yang dibuat sesuai
saran!
LK-4a. KISI KISI-KISI PENULISAN SOAL UP 2
Jenis
sekolah : SDN No.87
TAMANROYA
Jumlah soal : 1
Mata
pelajaran : Matematika
Bentuk
soal/tes : Pilihan Ganda
Penyusun : FATMAWATI SENEN
Alokasi
waktu : 35 menit
Kisi-Kisi Penulisan Soal
No.
|
Kompetensi
Dasar
|
IPK
|
Materi
Pokok
|
Indikator
Soal
|
Level
|
Bentuk Soal
|
Nomor
Soal
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
5
|
6
|
7
|
|
3.6
Menjelaskan hubungan antar garis (Sejajar, berpotongan, berhimpit)
menggunakan model konkret
|
3.6.1
Menjelaskan unsur-unsur bangun datar
3.6.2
Menjelaskan hubungan antar garis sejajar
3.6.3 Menjelaskan hubungan antar garis,
berpotongan menggunakan model konkret
3.6.4
Menjelaskan hubungan anter berhimpit menggunakan model konkret
3.6.5
Menjelaskan hubungan antar garis berpotongan tegak lurus menggunakan benda
konkret
|
Hubungan
antar garis
|
-
Disajikan beberapa garis yang saling berhubungan
dalam bidang datar, ditanyakan pernyataan yang benar tentang hubungan antar
garis tersebut
- Disajikan
gambar balok dengan nama-nama titik sudut dan beberapa pernyataan tentang
balok tersebut, ditanyakan pernyataan yang salah
|
C3
kognitif
|
Pilihan
Ganda
|
2
|
2.
KARTU SOAL
LK -4b KARTU SOAL PILIHAN GANDA UP 2
KARTU
SOAL
NOMOR 1
(PILIHAN GANDA)
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester :
Atas/ 1.
|
|
Kompetensi Dasar
|
3.7
Menjelaskan hubungan antar garis (Sejajar, berpotongan, berhimpit)
menggunakan model konkret
|
Materi
|
Hubungan antar garis
|
Indikator Soal
|
Disajikan beberapa garis yang saling berhubungan
dalam bidang datar, ditanyakan pernyataan yang benar tentang hubungan antar
garis tersebut
|
Level Kognitif
|
|
Soal
Perhatikan gambar berikut ini.
Pernyataan berikut ini yang benar adalah….
A.
Garis AG dan AC berpotongan di C
B.
Garis AB dan FG sejajar
C.
Garis AG dan BF berpotongan di D
D.
Garis AG dan FG sejajar
|
Kunci Pedoman
Penskoran
NO
SOAL
|
KUNCI/KRITERIA
JAWABAN
|
SKOR
|
1
|
B
|
10
|
Keterangan:
Soal ini termasuk soal HOTS karena
1. Soal menggunakan stimulus yang imajinatif
(baru, mendorong peserta didik untuk membaca).
2. Gambar, grafik, tabel,
diagram, atau sejenisnya jelas dan berfungsi.
3. Menggunakan bahasa yang sesuai dengan kaidah
bahasa Indonesia, untuk bahasa daerah dan bahasa asing sesuai kaidahnya.
LK-4c KARTU SOAL PILIHAN GANDA UP 2
KARTU
SOAL
NOMOR 2
(PILIHAN
GANDA)
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester :
IV/1
|
|||||||||||||
Kompetensi Dasar
|
3.6 Menjelaskan hubungan antar garis (Sejajar,
berpotongan, berhimpit) menggunakan model konkret
|
||||||||||||
Materi
|
Hubungan antar garis
|
||||||||||||
Indikator Soal
|
Disajikan gambar balok dengan nama-nama
titik sudut dan beberapa pernyataan tentang balok tersebut, ditanyakan
pernyataan yang salah
|
||||||||||||
Level Kognitif
|
|
||||||||||||
Soal
Cici melakukan pengamatan terhadap balok berikut
Hasil penyelidikan Cici ditulis pada tabel berikut.
Hasil pengamatan Cici yang salah adalah
A. Nomor 1
dan 2
B. Nomor 3
dan 4
C. Semuanya
salah
D. Tidak
ada yang salah
|
Kunci Pedoman
Penskoran
NO
SOAL
|
KUNCI/KRITERIA JAWABAN
|
SKOR
|
1
|
A
|
10
|
Keterangan:
Soal ini termasuk soal HOTS karena
1. Soal mengukur level
kognitif penalaran (menganalisis, mengevaluasi, mencipta). Sebelum menentukan
pilihan, peserta didik melakukaan tahapan-tahapan tertentu.
2. Pokok soal dirumuskan
dengan singkat, jelas, dan tegas.
LK-4d Format Telaah Soal UP 2
INSTRUMEN TELAAH SOAL HOTS
BENTUK TES PILIHAN GANDA
Nama Pengembang Soal :
FATMAWATI SENEN,
S.Pd.
Mata Pelajaran/Paket Keahlian/Layanan/Tema : MATEMATIKA/1
Kls/Prog/Peminatan :
Atas/MATEMATIKA
Isilah tanda ceklist (v) pada kolom butir soal memenuhi kaidah dan
silang (X) pada kolom butir soal bila
soal tersebut tidak memenuhi kaidah.
No.
|
Aspek yang ditelaah
|
Butir Soal
|
1
|
||
A.
|
Materi
|
|
1.
|
Soal sesuai Kompetensi Dasar (KD)
|
ΓΌ
|
2.
|
Soal sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi (IPK)
|
ΓΌ
|
3.
|
Soal tidak mengandung unsur SARAPPPK (Suku,
Agama, Ras, Antargolongan, Pornografi, Politik, Propaganda, dan Kekerasan).
|
ΓΌ
|
4.
|
Soal menggunakan stimulus yang kontekstual (gambar/grafik, teks,
visualisasi, dll, sesuai dengan dunia nyata)*
|
ΓΌ
|
5.
|
Soal menggunakan stimulus yang imajinatif (baru, mendorong
peserta didik untuk membaca).
|
ΓΌ
|
6.
|
Soal menggunakan stimulus yang mendorong peserta didik untuk
melakukan sesuatu).
|
ΓΌ
|
7.
|
Soal mengukur level kognitif penalaran
(menganalisis, mengevaluasi, mencipta). Sebelum menentukan pilihan, peserta
didik melakukaan tahapan-tahapan tertentu.
|
ΓΌ
|
8.
|
Jawaban
tersirat pada stimulus
|
|
B.
|
Konstruksi
|
ΓΌ
|
1.
|
Pokok soal dirumuskan dengan singkat,
jelas, dan tegas.
|
ΓΌ
|
2.
|
Rumusan pokok soal dan pilihan jawaban
merupakan pernyataan yang diperlukan saja.
|
Γ»
|
3.
|
Pokok soal tidak memberi petunjuk kunci
jawaban.
|
ΓΌ
|
4.
|
Pokok soal bebas dari pernyataan yang
bersifat negatif ganda.
|
ΓΌ
|
5.
|
Pilihan jawaban homogen dan logis ditinjau
dari segi materi.
|
ΓΌ
|
6.
|
Gambar, grafik, tabel, diagram, atau
sejenisnya jelas dan berfungsi.
|
ΓΌ
|
7.
|
Panjang pilihan jawaban relatif sama.
|
ΓΌ
|
8.
|
Pilihan jawaban tidak menggunakan
pernyataan “semua jawaban di atas salah/benar” dan sejenisnya.
|
ΓΌ
|
9.
|
Pilihan jawaban yang berbentuk angka/waktu
disusun berdasarkan urutan besar kecilnya angka atau kronologisnya.
|
ΓΌ
|
10.
|
Butir soal tidak bergantung pada jawaban
soal sebelumnya.
|
ΓΌ
|
C.
|
Bahasa
|
|
1.
|
Menggunakan bahasa yang sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia,
untuk bahasa daerah dan bahasa asing sesuai kaidahnya.
|
ΓΌ
|
2.
|
Tidak menggunakan bahasa yang berlaku setempat/tabu.
|
ΓΌ
|
3.
|
Soal menggunakan kalimat yang komunikatif.
|
ΓΌ
|
Bontolebang 23 November, 2019
Penelaah
HASNAHWATI, S.Pd
Format Telaah Soal Uraian UP 2
INSTRUMEN TELAAH SOAL HOTS
BENTUK TES URAIAN
Nama Pengembang Soal :
FATMAWATI SENEN, S.Pd
Mata Pelajaran/Tema : MATEMATIKA/1
Kelas :
Atas
Isilah tanda ceklist (v) pada kolom butir soal memenuhi kaidah dan
silang (X) pada kolom butir soal bila soal tersebut tidak memenuhi kaidah.
No.
|
Aspek yang ditelaah
|
Butir Soal
|
1
|
||
A.
|
Materi
|
|
1.
|
Soal sesuai Kompetensi Dasar (KD)
|
ΓΌ
|
2.
|
Soal sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi (IPK)
|
ΓΌ
|
3.
|
Soal tidak mengandung unsur SARAPPPK (Suku,
Agama, Ras, Anatargolongan, Pornografi, Politik, Propopaganda, dan
Kekerasan).
|
ΓΌ
|
4.
|
Soal menggunakan stimulus yang kontekstual (gambar/grafik, teks,
visualisasi, dll, sesuai dengan dunia nyata)*
|
ΓΌ
|
5.
|
Soal menggunakan stimulus yang imajinatif (baru, mendorong
peserta didik untuk membaca).
|
ΓΌ
|
6.
|
Soal menggunakan stimulus yang mendorong peserta didik untuk
melakukan sesuatu).
|
ΓΌ
|
7.
|
Soal mengukur level kognitif penalaran
(menganalisis, mengevaluasi, mencipta). Sebelum menentukan pilihan, peserta
didik melakukaan tahapan-tahapan tertentu.
|
ΓΌ
|
B.
|
Konstruksi
|
|
1.
|
Rumusan kalimat soal atau pertanyaan menggunakan kata-kata tanya
atau perintah yang menuntut jawaban terurai.
|
ΓΌ
|
2.
|
Memuat petunjuk yang jelas tentang cara mengerjakan soal.
|
ΓΌ
|
3.
|
Ada pedoman penskoran/rubrik sesuai dengan kriteria/kalimat yang
mengandung kata kunci.
|
Γ»
|
4.
|
Gambar, grafik, tabel, diagram, atau sejenisnya jelas dan
berfungsi.
|
ΓΌ
|
5.
|
Butir soal tidak bergantung pada jawaban soal lain.
|
ΓΌ
|
C.
|
Bahasa
|
|
1.
|
Menggunakan bahasa yang sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia,
untuk bahasa daerah dan bahasa asing sesuai kaidahnya.
|
ΓΌ
|
2.
|
Tidak menggunakan bahasa yang berlaku setempat/tabu.
|
ΓΌ
|
3.
|
Soal menggunakan kalimat yang komunikatif.
|
ΓΌ
|
Bontolebang 23 November, 2019
Penelaah
HASNAHWATI, S.Pd
R-3. Rubrik Pengembangan Soal HOTS
Rubrik ini digunakan
fasilitator untuk menilai hasil kerja pengembangan butir soal USBN.
Langkah-langkah
penilaian hasil kajian:
1.
Cermati tugas yang diberikan kepada peserta pelatihan
pada LK-3!
2.
Berikan nilai berdasarkan penilaian anda terhadap
hasil kerja peserta sesuai rubrik berikut!
Kriteria
Penilaian:
1.
Merumuskan indikator soal dengan tepat.
2.
Menuliskan soal sesuai indikator soal.
3.
Menuliskan kisi-kisi soal dengan tepat.
4.
Menuliskan soal pilihan ganda sesuai
kriteria soal HOTS.
5.
Menuliskan kunci jawaban pilihan ganda
dengan tepat.
6.
Menuliskan soal uraian sesuai kriteria
soal HOTS.
7.
Menuliskan kunci jawaban uraian dengan
tepat.
Rubrik
Penilaian:
Nilai
|
Rubrik
|
90 < nilai £ 100
|
Tujuh aspek sesuai dengan
kriteria
|
80 < nilai £ 90
|
Enam aspek sesuai dengan
kriteria, satu aspek kurang sesuai
|
70 < nilai £ 80
|
Lima aspek sesuai dengan
kriteria, dua aspek kurang sesuai
|
60 < nilai £ 70
|
Empat aspek sesuai dengan
kriteria, tiga aspek
kurang sesuai
|
<60
|
Tiga aspek sesuai dengan
kriteria, empat aspek
kurang sesuai
|
0 Response to "LK-4. Penilaian Berorientasi HOTS UP 2"
Posting Komentar