-->

LK-4. Penilaian Berorientasi HOTS UP 2



LK-4. Penilaian Berorientasi HOTS UP 2


Tujuan Kegiatan:
Menyusun soal berorientasi HOTS.
Langkah Kegiatan:
1.       Buatlah penilaian pengetahuan dengan langkah-langkah sebagai berikut:
a.       Buatlah kisi-kisi soal sesuai dengan mata pelajaran yang diampu sesuai kompetensi dasar mata pelajaran yang telah ditentukan di desain pembelajaran! (LK-4a)
b.       Buatlah soal pada kartu soal yang tersedia, setiap peserta minimal membuat 1 (satu) soal pilihan ganda dengan level kognitif pengetahuan dan pemahaman, aplikasi (LK-4b) dan penalaran serta 1 (satu) soal uraian (LK-4c)!
c.       Anggota kelompok secara berpasangan menelaah soal menggunakan format telaah soal HOTS yang tersedia (LK-4d).
2.       Presentasikan hasil kerja, peserta lain menyimak presentasi dengan cermat  untuk memberikan saran perbaikan!
3.       Perbaiki hasil yang dibuat sesuai saran!


LK-4a. KISI KISI-KISI PENULISAN SOAL UP 2

Jenis sekolah                 : SDN No.87 TAMANROYA                                   
Jumlah soal                    : 1
Mata pelajaran             : Matematika                                                              
Bentuk soal/tes           : Pilihan Ganda
Penyusun                       : FATMAWATI SENEN
Alokasi waktu              : 35  menit
Kisi-Kisi Penulisan Soal
No.
Kompetensi Dasar
IPK
Materi
Pokok
Indikator Soal
Level
Bentuk Soal
Nomor
Soal
1
2
3
4

5
6
7








3.6   Menjelaskan hubungan antar garis (Sejajar, berpotongan, berhimpit) menggunakan model konkret


3.6.1 Menjelaskan unsur-unsur bangun datar

3.6.2 Menjelaskan hubungan antar garis sejajar

3.6.3 Menjelaskan hubungan antar garis, berpotongan menggunakan model konkret

3.6.4 Menjelaskan hubungan anter berhimpit menggunakan model konkret

3.6.5 Menjelaskan hubungan antar garis berpotongan tegak lurus menggunakan benda konkret
Hubungan antar garis
-    Disajikan beberapa garis yang saling berhubungan dalam bidang datar, ditanyakan pernyataan yang benar tentang hubungan antar garis tersebut
-    Disajikan gambar balok dengan nama-nama titik sudut dan beberapa pernyataan tentang balok tersebut, ditanyakan pernyataan yang salah

C3
kognitif
Pilihan Ganda

2



2.    KARTU SOAL

LK -4b KARTU SOAL PILIHAN GANDA UP 2

KARTU SOAL NOMOR 1
(PILIHAN GANDA)

Mata Pelajaran       : Matematika                                                  
Kelas/Semester     : Atas/ 1.                                                        

Kompetensi Dasar
3.7   Menjelaskan hubungan antar garis (Sejajar, berpotongan, berhimpit) menggunakan model konkret
Materi
Hubungan antar garis
Indikator Soal
Disajikan beberapa garis yang saling berhubungan dalam bidang datar, ditanyakan pernyataan yang benar tentang hubungan antar garis tersebut
Level Kognitif


Soal

Perhatikan gambar berikut ini.






Pernyataan berikut ini yang benar adalah….
A.      Garis AG dan AC berpotongan di C
B.      Garis AB dan FG sejajar
C.       Garis AG dan BF berpotongan di D
D.      Garis AG dan FG sejajar



Kunci  Pedoman Penskoran
NO
SOAL
KUNCI/KRITERIA JAWABAN
SKOR
1
B
10

Keterangan:                                                                                                                               
Soal ini termasuk soal HOTS karena
1.       Soal menggunakan stimulus yang imajinatif (baru, mendorong peserta didik untuk membaca).
2.       Gambar, grafik, tabel, diagram, atau sejenisnya jelas dan berfungsi.
3.       Menggunakan bahasa yang sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia, untuk bahasa daerah dan bahasa asing sesuai kaidahnya.

LK-4c KARTU SOAL PILIHAN GANDA UP 2

KARTU SOAL NOMOR 2
(PILIHAN GANDA)

Mata Pelajaran       : Matematika                                                  
Kelas/Semester     : IV/1                                                              

Kompetensi Dasar
3.6 Menjelaskan hubungan antar garis (Sejajar, berpotongan, berhimpit) menggunakan model konkret
Materi
Hubungan antar garis
Indikator Soal
Disajikan gambar balok dengan nama-nama titik sudut dan beberapa pernyataan tentang balok tersebut, ditanyakan pernyataan yang salah
Level Kognitif


Soal
Cici melakukan pengamatan terhadap balok berikut






Hasil penyelidikan Cici ditulis pada tabel berikut.

No
Hasil pengamatan
1
AD dan FG sejajar
2
AB dan BC berpotongan
3
HD dan FG sejajar
4
AB dan DC saling tegak lurus
5
AD dan CG bersilangan

Hasil pengamatan Cici yang salah adalah
A.      Nomor 1 dan 2
B.      Nomor 3 dan 4
C.       Semuanya salah
D.      Tidak ada yang salah




Kunci  Pedoman Penskoran
NO
SOAL
KUNCI/KRITERIA JAWABAN
SKOR

1

 A

10

Keterangan:
Soal ini termasuk soal HOTS karena
1.       Soal mengukur level kognitif penalaran (menganalisis, mengevaluasi, mencipta). Sebelum menentukan pilihan, peserta didik melakukaan tahapan-tahapan tertentu.
2.       Pokok soal dirumuskan dengan singkat, jelas, dan tegas.





LK-4d Format Telaah Soal UP 2

INSTRUMEN TELAAH SOAL HOTS
BENTUK TES PILIHAN GANDA
Nama Pengembang Soal                                                              : FATMAWATI SENEN, S.Pd.
Mata Pelajaran/Paket Keahlian/Layanan/Tema             : MATEMATIKA/1
Kls/Prog/Peminatan                                                                    : Atas/MATEMATIKA
Isilah tanda ceklist (v) pada kolom butir soal memenuhi kaidah dan silang (X) pada kolom  butir soal bila soal tersebut tidak memenuhi kaidah.
No.
Aspek yang ditelaah
Butir Soal
1
A.
Materi

1.        
Soal sesuai Kompetensi Dasar (KD)
ΓΌ   
2.        
Soal sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi (IPK)
ΓΌ   
3.        
Soal tidak mengandung unsur SARAPPPK (Suku, Agama, Ras, Antargolongan, Pornografi, Politik, Propaganda, dan Kekerasan).
ΓΌ   
4.        
Soal menggunakan stimulus yang kontekstual (gambar/grafik, teks, visualisasi, dll, sesuai dengan dunia nyata)*
ΓΌ   
5.        
Soal menggunakan stimulus yang imajinatif (baru, mendorong peserta didik untuk membaca).
ΓΌ   
6.        
Soal menggunakan stimulus yang mendorong peserta didik untuk melakukan sesuatu).
ΓΌ   
7.        
Soal mengukur level kognitif penalaran (menganalisis, mengevaluasi, mencipta). Sebelum menentukan pilihan, peserta didik melakukaan tahapan-tahapan tertentu.
ΓΌ   
8.        
Jawaban tersirat pada stimulus

B.
Konstruksi
ΓΌ   
1.        
Pokok soal dirumuskan dengan singkat, jelas, dan tegas.
ΓΌ   
2.        
Rumusan pokok soal dan pilihan jawaban merupakan pernyataan yang diperlukan saja.
Γ»   
3.        
Pokok soal tidak memberi petunjuk kunci jawaban.
ΓΌ   
4.        
Pokok soal bebas dari pernyataan yang bersifat negatif ganda.
ΓΌ   
5.        
Pilihan jawaban homogen dan logis ditinjau dari segi materi.
ΓΌ   
6.        
Gambar, grafik, tabel, diagram, atau sejenisnya jelas dan berfungsi.
ΓΌ   
7.        
Panjang pilihan jawaban relatif sama.
ΓΌ   
8.        
Pilihan jawaban tidak menggunakan pernyataan “semua jawaban di atas salah/benar” dan sejenisnya.
ΓΌ   
9.        
Pilihan jawaban yang berbentuk angka/waktu disusun berdasarkan urutan besar kecilnya angka atau kronologisnya.
ΓΌ   
10.    
Butir soal tidak bergantung pada jawaban soal sebelumnya.
ΓΌ   
C.
Bahasa

1.        
Menggunakan bahasa yang sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia, untuk bahasa daerah dan bahasa asing sesuai kaidahnya.
ΓΌ   
2.        
Tidak menggunakan bahasa yang berlaku setempat/tabu.
ΓΌ   
3.        
Soal menggunakan kalimat yang komunikatif.
ΓΌ   
Bontolebang 23 November, 2019
Penelaah


HASNAHWATI, S.Pd


Format Telaah Soal Uraian UP 2
INSTRUMEN TELAAH SOAL HOTS
BENTUK TES URAIAN
Nama Pengembang Soal                                                              : FATMAWATI SENEN, S.Pd
Mata Pelajaran/Tema                                                                   : MATEMATIKA/1
Kelas                                                                                                     : Atas
                                               
Isilah tanda ceklist (v) pada kolom butir soal memenuhi kaidah dan silang (X) pada kolom butir soal bila soal tersebut tidak memenuhi kaidah.

No.
Aspek yang ditelaah
Butir Soal
1
A.
Materi

1.        
Soal sesuai Kompetensi Dasar (KD)
ΓΌ   
2.        
Soal sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi (IPK)
ΓΌ   
3.        
Soal tidak mengandung unsur SARAPPPK (Suku, Agama, Ras, Anatargolongan, Pornografi, Politik, Propopaganda, dan Kekerasan).
ΓΌ   
4.        
Soal menggunakan stimulus yang kontekstual (gambar/grafik, teks, visualisasi, dll, sesuai dengan dunia nyata)*
ΓΌ   
5.        
Soal menggunakan stimulus yang imajinatif (baru, mendorong peserta didik untuk membaca).
ΓΌ   
6.        
Soal menggunakan stimulus yang mendorong peserta didik untuk melakukan sesuatu).
ΓΌ   
7.        
Soal mengukur level kognitif penalaran (menganalisis, mengevaluasi, mencipta). Sebelum menentukan pilihan, peserta didik melakukaan tahapan-tahapan tertentu.
ΓΌ   
B.
Konstruksi

1.        
Rumusan kalimat soal  atau pertanyaan menggunakan kata-kata tanya atau perintah yang menuntut jawaban terurai.
ΓΌ   
2.        
Memuat petunjuk yang jelas tentang cara mengerjakan soal.
ΓΌ   
3.        
Ada pedoman penskoran/rubrik sesuai dengan kriteria/kalimat yang mengandung kata kunci.
Γ»   
4.        
Gambar, grafik, tabel, diagram, atau sejenisnya jelas dan berfungsi.
ΓΌ   
5.        
Butir soal tidak bergantung pada jawaban soal lain.
ΓΌ   
C.
Bahasa

1.        
Menggunakan bahasa yang sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia, untuk bahasa daerah dan bahasa asing sesuai kaidahnya.
ΓΌ   
2.        
Tidak menggunakan bahasa yang berlaku setempat/tabu.
ΓΌ   
3.        
Soal menggunakan kalimat yang komunikatif.
ΓΌ   

Bontolebang 23 November, 2019
Penelaah


HASNAHWATI, S.Pd


            R-3.  Rubrik Pengembangan Soal HOTS



Rubrik   ini digunakan fasilitator untuk menilai hasil kerja pengembangan butir soal USBN.

Langkah-langkah penilaian hasil kajian:
1.       Cermati tugas yang diberikan kepada peserta pelatihan pada LK-3!
2.       Berikan nilai berdasarkan penilaian anda terhadap hasil kerja peserta sesuai rubrik berikut!

Kriteria Penilaian:
1.         Merumuskan indikator soal dengan tepat.
2.         Menuliskan soal sesuai indikator soal.
3.         Menuliskan kisi-kisi soal dengan tepat.
4.         Menuliskan soal pilihan ganda sesuai kriteria soal HOTS.
5.         Menuliskan kunci jawaban pilihan ganda dengan tepat.
6.         Menuliskan soal uraian sesuai kriteria soal HOTS.
7.         Menuliskan kunci jawaban uraian dengan tepat.

Rubrik Penilaian:
Nilai
Rubrik
90 < nilai £ 100
Tujuh aspek sesuai dengan kriteria
80 < nilai £ 90
Enam aspek sesuai dengan kriteria, satu aspek kurang sesuai
70 < nilai £ 80
Lima aspek sesuai dengan kriteria, dua aspek kurang sesuai
60 < nilai £ 70
Empat aspek sesuai dengan kriteria, tiga aspek kurang sesuai
<60
Tiga aspek sesuai dengan kriteria, empat aspek kurang sesuai


0 Response to "LK-4. Penilaian Berorientasi HOTS UP 2"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel