-->

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Matematika materi Hubungan Antar Garis

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN UP 2
(RPP)



Satuan Pendidikan                : SDN 87 TAMANROYA
Mata Pelajaran                      : Matematika
Kelas /Semester                     : IV /Genap)
Tahun Pelajaran                   : 2019/2020
Materi Pokok                         : Hubungan Antar Garis
Alokasi Waktu                       : 2 JP (1 Pertemuan)

A.  Tujuan Pembelajaran
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran mengamati, menanya, mengeksplorasi, menganalisis dan mengkomunikasikan peserta didik diharapkan dapat
1.    Mengidentifikasi rusuk-rusuk sejajar, rusuk-rusuk yang berpotongan dan berhimpit
2.    Menggambar garis-garis sejajar, berpotongan, dan berhimpit

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.10     Menjelaskan hubungan antar garis (sejajar, berpotongan, berhimpit) menggunakan model konkret
3.10.1    Menganalisis hubungan antar garis (sejajar, berpotongan, berhimpit)
3.10.2    Menganalisis sifat-sifat garis-garis sejajar, garis-garis berpotongan dan berhimpit
3.10.3    Menentukan hubungan antar garis (sejajar, berpotongan, berhimpit)
4.10     Mengidentifikasi hubungan antar garis (sejajar, berpotongan, berhimpit) menggunakan model konkret
4.10.1    Menyelesaikan permasalahan yang melibatkan hubungan antar garis (sejajar, berpotongan, dan berhimpit)
4.10.2    Menyajikan penyelesaian permasalahan yang melibatkan hubungan antar garis (sejajar, berpotongan, dan berhimpit)

C.     Materi Pembelajaran
1.      Fakta:
Contoh – contoh hubungan antar garis pada kerangka kubus atau balok, untuk mengidentifikasi rusuk-rusuk sejajar, rusuk-rusuk yang berpotongan dan berhimpit
2.      Konsep
Hubungan antar garis (sejajar, berpotongan, berhimpit)
3.      Prinsip
Mengidentifikasi hubungan antar garis (sejajar, berpotongan, berhimpit) menggunakan model konkret
4.      Prosedur
1.    Menyelesaikan permasalahan yang melibatkan hubungan antar garis (sejajar, berpotongan, dan berhimpit)
2.    Menyajikan penyelesaian permasalahan yang melibatkan hubungan antar garis (sejajar, berpotongan, dan berhimpit)

D.     Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan                    :  Scientific Learning
2.      Model Pembelajaran      :  Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)

E.     Media Pembelajaran
1.      Media LCD projector,
2.      Laptop,
3.      Bahan Tayang

F.      Sumber Belajar
1.      Buku Mata PelajaranMatematika Kelas IV SD Kurikulum 2013
2.      Modul/bahan ajar
3.      Internet
4.      Sumber lain yang relevan

G.    Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pertemuan Ke-1 (2 x 35 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
1.    Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran. (PPK: Religius)
2.    Memeriksa kehadiran peserta didik. (PPK: Disiplin)
3.    Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
1.    Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya.
2.    Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
3.    Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
1.    Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
2.    Apabila materi/tema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang: Hubungan antar garis.
3.    Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung.
4.    Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
1.    Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
2.    Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM/KBM pada pertemuan yang berlangsung.
3.    Pembagian kelompok belajar
4.    Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.



15
menit
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Orientasi peserta didik kepada masalah
MENGAMATI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik Hubungan antar garisdengan cara :
  Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto/tabel berikut iniHubungan antar garis.
  Mengamati
Lembar kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan:Hubungan antar garis.
  Membaca(Literasi)
Dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung), materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan denganHubungan antar garis.
  Mendengar
Pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan Hubungan antar garis.
  Menyimak,
Penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai : Hubungan antar garisuntuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
Mengorganisasikan peserta didik
MENANYA (4C: CRITICAL THINKING)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
  Mengajukan pertanyaan tentang : Hubungan antar garis
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
MENGUMPULKAN INFORMASI (LITERASI)
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
  Mengamati obyek/kejadian,
  Membaca sumber lain selain buku teks (Literasi)
Mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel tentang Hubungan antar garis.
  Mengumpulkan informasi
Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok yaitu Hubungan antar garis.
  Aktivitas
1.    Peserta didik diminta mengamati materi yang telah guru sajikan tentang hubungan antar garis
2.    Peserta didik diminta untuk bertanya tentang Hubungan antar garis
  Mempraktikan
  Mendiskusikan(4C: Collaboration)
  Saling Tukar Informasi (4C: Collaboration)
Saling tukar informasi tentangHubungan antar garisdengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
MENGKOMUNIKASIKAN (4C: COMMUNICATION)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
1.    Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
2.    Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :Hubungan antar garis.
3.    Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
4.    Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
5.    Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang Hubungan antar garis.
6.    Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
7.    Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
8.    Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah
MENGASOSIASIKAN (HOTS: REFLEKTIF)
Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang:
1.   Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
2.   Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai Hubungan antar garis.
3.   Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan : Hubungan antar garis.
75
menit
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
      Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
      Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan. (HOTS: Reflektif)
Guru :
      Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
      Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
      Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
      Mengagendakan pekerjaan rumah.
      Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
15
menit


2. Pertemuan Ke-2 (2 x 35 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
1.    Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran. (PPK: Spiritual)
2.    Sebelum memulai pelajaran, guru mengajak peserta didik untuk bernyanyibersama yang ada pada buku siswa, guru juga bisa mengajak peserta didikmenyanyikan lagu daerah/nasional yang sesuai dengan tema pelajaran. (PPK: Nasionalis)
3.    Memeriksa kehadiran peserta didik. (PPK: Displin)
4.    Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
1.    Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya: Hubungan antar garis.
2.    Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
3.    Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
1.    Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
2.    Apabila materi/tema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang: Garis sejajar.
3.    Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung.
4.    Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
1.    Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
2.    Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM/KBM pada pertemuan yang berlangsung.
3.    Pembagian kelompok belajar
4.    Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
15
menit
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Orientasi peserta didik kepada masalah
MENGAMATI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik Garis sejajardengan cara :
  Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto/tabel berikut ini Garis sejajar.
  Mengamati
Lembar kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan:

  Membaca(Literasi)
Dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung, materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan denganGaris sejajar.
  Mendengar
Pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan Garis sejajar.
  Menyimak
penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai : Garis sejajaruntuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
Mengorganisasikan peserta didik
MENANYA (4C: CRITICAL THINKING)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
  Mengajukan pertanyaantentang :Garis sejajaryang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
MENGUMPULKAN INFORMASI (LITERASI)
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
  Mengamati obyek/kejadian,
  Membaca sumber lain selain buku teks (Literasi)
mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel tentang Garis sejajar.
  Mengumpulkan Informasi(4C: Collaboration)
Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok yaitu Garis sejajar.
  Aktivitas
1.    Peserta didik diminta untuk mengamati Garis sejajar pada kegiatan mengamati.
2.    Peserta didik diminta untuk mengamati sifat-sifat Garis sejajar pada kegiatan mengamati.
3.    Peserta didik diminta untuk mengerjakan soal yang telah guru sediakan.
  Mempraktikan
  Mendiskusikan(4C: Collaboration)
  Saling tukar informasi (4C: Collaboration)
Saling tukar informasi tentangGaris sejajardengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
MENGKOMUNIKASIKAN (4C: COMMUNICATION)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
1.   Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
2.   Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :Garis sejajar.
3.   Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
4.   Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
5.   Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang Garis sejajar.
6.   Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
7.   Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
8.   Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
Menganalisa &mengevaluasi proses pemecahan masalah
MENGASOSIASIKAN (HOTS: REFLEKTIF)
Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang:
1.   Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
2.   Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai Garis sejajar.
3.   Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan : Garis sejajar.
75
menit
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
      Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
      Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan. (HOTS: Reflektif)
Guru :
      Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
      Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
      Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
      Mengagendakan pekerjaan rumah.
      Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
15
menit

3. Pertemuan Ke-3 (2 x 35 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
1.    Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran. (PPK: Spiritual)
2.    Sebelum memulai pelajaran, guru mengajak peserta didik untuk bernyanyibersama yang ada pada buku siswa, guru juga bisa mengajak peserta didikmenyanyikan lagu daerah/nasional yang sesuai dengan tema pelajaran. (PPK: Nasionalis)
3.    Memeriksa kehadiran peserta didik. (PPK: Disiplin)
4.    Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
1.    Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya: Garis sejajar
2.    Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
3.    Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
1.    Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
2.    Apabila materi/tema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang: Garis berpotongan.
3.    Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
4.    Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
1.    Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
2.    Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
3.    Pembagian kelompok belajar
4.    Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
15
menit
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Orientasi peserta didik kepada masalah
MENGAMATI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik Garis berpotongandengan cara :
  Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto/tabel berikut ini Garis berpotongan.
  Mengamati
Lembar kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan:
 
 

  Membaca(Literasi)
Dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung, materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan denganGaris berpotongan.
  Mendengar
Pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan Garis berpotongan.
  Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai : Garis berpotonganuntuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
Mengorganisasikan peserta didik
MENANYA (4C: CRITICAL THINKING)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
  Mengajukan pertanyaantentang :Garis berpotonganyang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
MENGUMPULKAN INFORMASI (LITERASI)
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
  Mengamati obyek/kejadian,
  Membaca sumber lain selain buku teks (Literasi)
mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel tentang Garis berpotongan.
  Mengumpulkan Informasi(4C: Collaboration)
Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok yaitu Garis berpotongan.
  Aktivitas
1.   Peserta didik diminta untuk mengamati Garis berpotongan pada kegiatan mengamati
2.   Peserta didik diminta untuk mengamati sifat-sifat Garis berpotongan pada kegiatan mengamati
3.   Peserta didik diminta untuk mengerjakan beberapa soal yang telah guru sajikan!
  Mempraktikan
  Mendiskusikan(4C: Collaboration)
  Saling tukar informasi (4C: Collaboration)
Saling tukar informasi tentangGaris berpotongandengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
MENGKOMUNIKASIKAN (4C: COMMUNICATION)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
1.     Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
2.     Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :Garis berpotongan.
3.     Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
4.     Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
5.     Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang Garis berpotongan.
6.     Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
7.     Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
8.     Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
Menganalisa &mengevaluasi proses pemecahan masalah
MENGASOSIASIKAN (HOTS: REFLEKTIF)
Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang:
1.    Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
2.    Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai Garis berpotongan.
3.    Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan: Garis berpotongan.
75
menit
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
      Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
      Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan. (HOTS: Reflektif)
Guru :
      Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
      Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
      Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
      Mengagendakan pekerjaan rumah.
      Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
15
menit

4. Pertemuan Ke-3 (2 x 35 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
1.    Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran. (PPK: Spiritual)
2.    Sebelum memulai pelajaran, guru mengajak peserta didik untuk bernyanyibersama yang ada pada buku siswa, guru juga bisa mengajak peserta didikmenyanyikan lagu daerah/nasional yang sesuai dengan tema pelajaran. (PPK: Nasionalis)
3.    Memeriksa kehadiran peserta didik. (PPK: Disiplin)
4.    Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
1.    Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya: Garis berpotongan.
2.    Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
3.    Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
1.    Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
2.    Apabila materi/tema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang: Garis berhimpit.
3.    Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
4.    Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
1.    Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
2.    Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
3.    Pembagian kelompok belajar
4.    Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.




15
menit
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Orientasi peserta didik kepada masalah
MENGAMATI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik Garis berhimpitdengan cara :
  Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto/tabel berikut iniGaris berhimpit.
  Mengamati
Lembar kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan:


  Membaca(Literasi)
Dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung), materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan denganGaris berhimpit.
  Mendengar
pemberian materi oleh guru yang berkaitan denganGaris berhimpit.
  Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai : Garis berhimpituntuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
Mengorganisasikan peserta didik
MENANYA (4C: CRITICAL THINKING)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
  Mengajukan pertanyaantentang :Garis berhimpityang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
MENGUMPULKAN INFORMASI (LITERASI)
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
  Mengamati obyek/kejadian,
  Membaca sumber lain selain buku teks (Literasi)
mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel tentang Garis berhimpit.
  Mengumpulkan Informasi(4C: Collaboration)
Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok yaituGaris berhimpit.
  Aktivitas
1.   Peserta didik diminta untuk mengamati Garis berhimpit pada kegiatan mengamati.
2.   Peserta didik diminta untuk mengamati sifat-sifat Garis berhimpit.
3.   Peserta didik diminta untuk mengerjakan beberapa contoh soal.
  Mempraktikan
  Mendiskusikan(4C: Collaboration)
  Saling Tukar Informasi (4C: Collaboration)
Saling tukar informasi tentangGaris berhimpitdengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
MENGKOMUNIKASIKAN (4C: COMMUNICATION)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
1.    Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
2.    Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang: Garis berhimpit.
3.    Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
4.    Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
5.    Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang Garis berhimpit.
6.    Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
7.    Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
8.    Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah
MENGASOSIASIKAN (HOTS: REFLEKTIF)
Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang:
1.     Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
2.     Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai Garis berhimpit.
3.     Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan : Garis berhimpit.
75
menit
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
      Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
      Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.(HOTS: Reflektif)
Guru :
      Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
      Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
      Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
      Mengagendakan pekerjaan rumah.
      Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
15
menit

F.      Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan 
1.      Teknik Penilaian
a.      Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1)      Tes Tertulis
a)      Pilihan ganda
b)      Uraian/esai
2)      Tes Lisan
b.      Penilaian Kompetensi Keterampilan
1)      Proyek, pengamatan, wawancara
a)      Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
b)      Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
c)      Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2)      Portofolio / unjuk kerja
Laporan tertulis individu/ kelompok
3)      Produk

2.      Instrumen Penilaian
a.       Pertemuan Pertama (Terlampir)
b.      Pertemuan Kedua (Terlampir)
c.       Pertemuan Ketiga (Terlampir)
d.      Pertemuan Keempat (Terlampir)

3.      PembelajaranRemedial dan Pengayaan
a.      Remedial
1)      Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
2)      Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.
  Peserta didik yang belum menguasai materi akan dijelaskan kembali oleh guru materi Guru akan melakukan penilaian kembali dengan soal yang sejenis. Remedial dilaksanakan pada waktu dan hari tertentu yang disesuaikan contoh: pada saat jam belajar, apabila masih ada waktu, atau di luar jam pelajaran (30 menit setelah jam pelajaran selesai).

b.      Pengayaan
1)      Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
2)      Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
3)      Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya
  Peserta didik yang sudah menguasai materi mengerjakan soal pengayaan yang telah  disiapkan  oleh  guru  berupa  pertanyaan-pertanyaan  pilihan ganda dalam buku panduan guru. Guru mencatat dan memberikan tambahan nilai bagi peserta didik yang berhasil dalam pengayaan.


Mengetahui                                
Kepala SDN 87 Tamanroya




M. Sila B., S.Pd.
NIP. 19671231 198803 1 083

Bontolebang, 16 November 2019
Guru Kelas




Fatmawati Senen, S.Pd.


1 Response to "RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Matematika materi Hubungan Antar Garis"

  1. Casino Site Review 2021 - Lucky Club
    Are you looking for a casino site that will let you play online and win big? Find the best games, luckyclub free spins, and casino bonus for you! Rating: 5 · ‎Review by LuckyClub

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel