RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN UP 2
(RPP)
|
Satuan
Pendidikan : SDN 87
TAMANROYA
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas /Semester : IV /Genap)
Tahun Pelajaran : 2019/2020
Materi Pokok :
Hubungan Antar Garis
Alokasi Waktu : 2 JP (1 Pertemuan)
A. Tujuan
Pembelajaran
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran mengamati, menanya, mengeksplorasi, menganalisis dan mengkomunikasikan
peserta didik diharapkan dapat
1.
Mengidentifikasi rusuk-rusuk sejajar, rusuk-rusuk yang berpotongan dan
berhimpit
2.
Menggambar garis-garis sejajar, berpotongan,
dan berhimpit
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi
Dasar (KD)
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi (IPK)
|
3.10
Menjelaskan hubungan antar garis (sejajar, berpotongan, berhimpit)
menggunakan model konkret
|
3.10.1 Menganalisis hubungan antar garis (sejajar, berpotongan, berhimpit)
3.10.2 Menganalisis sifat-sifat garis-garis sejajar, garis-garis berpotongan dan
berhimpit
3.10.3 Menentukan hubungan antar garis (sejajar, berpotongan, berhimpit)
|
4.10
Mengidentifikasi hubungan antar garis (sejajar, berpotongan, berhimpit)
menggunakan model konkret
|
4.10.1
Menyelesaikan permasalahan yang melibatkan
hubungan antar garis (sejajar, berpotongan, dan berhimpit)
4.10.2 Menyajikan penyelesaian permasalahan yang melibatkan hubungan antar
garis (sejajar, berpotongan, dan berhimpit)
|
C.
Materi Pembelajaran
1. Fakta:
Contoh – contoh hubungan antar garis
pada kerangka kubus atau balok, untuk mengidentifikasi rusuk-rusuk sejajar,
rusuk-rusuk yang berpotongan dan berhimpit
2.
Konsep
Hubungan antar garis (sejajar,
berpotongan, berhimpit)
3.
Prinsip
Mengidentifikasi
hubungan antar garis (sejajar, berpotongan, berhimpit) menggunakan model
konkret
4.
Prosedur
1. Menyelesaikan permasalahan yang
melibatkan hubungan antar garis (sejajar, berpotongan, dan berhimpit)
2. Menyajikan
penyelesaian permasalahan yang melibatkan hubungan antar garis (sejajar,
berpotongan, dan berhimpit)
D. Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan : Scientific Learning
2.
Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
E. Media
Pembelajaran
1.
Media LCD projector,
2.
Laptop,
3.
Bahan Tayang
F.
Sumber Belajar
1.
Buku Mata PelajaranMatematika Kelas IV SD Kurikulum 2013
2.
Modul/bahan ajar
3.
Internet
4.
Sumber lain yang relevan
G. Langkah-langkah Pembelajaran
1.
Pertemuan Ke-1 (2 x 35 menit )
|
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
Guru
:
Orientasi
1. Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa
untuk memulai pembelajaran. (PPK:
Religius)
2. Memeriksa
kehadiran peserta didik. (PPK: Disiplin)
3. Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
1. Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran
yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya.
2. Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
3. Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
1. Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
2. Apabila
materi/tema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang: Hubungan
antar garis.
3. Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung.
4. Mengajukan
pertanyaan.
Pemberian
Acuan
1.
Memberitahukan materi pelajaran yang
akan dibahas pada pertemuan saat itu.
2.
Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan
KKM/KBM pada pertemuan yang berlangsung.
3. Pembagian
kelompok belajar
4. Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
15
menit
|
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Orientasi peserta didik kepada masalah
|
MENGAMATI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk
memusatkan perhatian pada topik Hubungan
antar garisdengan cara :
Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto/tabel berikut iniHubungan antar garis.
Mengamati
Lembar kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk
dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb yang
berhubungan dengan:Hubungan antar
garis.
Membaca(Literasi)
Dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran
berlangsung), materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari
internet/materi yang berhubungan denganHubungan
antar garis.
Mendengar
Pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan Hubungan antar garis.
Menyimak,
Penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis
besar/global tentang materi pelajaran
mengenai : Hubungan antar
garisuntuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
|
Mengorganisasikan peserta didik
|
MENANYA (4C:
CRITICAL THINKING)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk
mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar
yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
Mengajukan pertanyaan tentang : Hubungan antar garis
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau
pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati
(dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat
hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan
pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan
belajar sepanjang hayat.
|
Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
|
MENGUMPULKAN
INFORMASI (LITERASI)
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk
menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
Mengamati obyek/kejadian,
Membaca sumber lain selain buku
teks (Literasi)
Mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah
untuk mencari dan membaca artikel tentang Hubungan antar garis.
Mengumpulkan informasi
Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok
atau kegiatan lain guna menemukan
solusimasalah terkait materi pokok yaitu Hubungan antar garis.
Aktivitas
1. Peserta
didik diminta mengamati materi yang telah guru sajikan tentang hubungan
antar garis
2. Peserta
didik diminta untuk bertanya tentang Hubungan antar garis
Mempraktikan
Mendiskusikan(4C: Collaboration)
Saling Tukar Informasi (4C: Collaboration)
Saling tukar informasi tentangHubungan antar garisdengan ditanggapi aktif oleh peserta didik
dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat
dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan
metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar
kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti,
jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi,
menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang
dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
Mengembangkan
dan menyajikan hasil karya
|
MENGKOMUNIKASIKAN (4C: COMMUNICATION)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
1.
Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis
secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur,
teliti,
toleransi,
kemampuan berpikir
sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
2. Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :Hubungan antar garis.
3.
Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan dan
ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
4. Bertanya
atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan
untuk menjawabnya.
5.
Menyimpulkan tentang point-point
penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa
: Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang Hubungan antar garis.
6. Menjawab pertanyaan yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
7. Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan
kepada siswa.
8.
Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik
atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek
penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
|
Menganalisa
& mengevaluasi proses pemecahan masalah
|
MENGASOSIASIKAN (HOTS: REFLEKTIF)
Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi
dari guru terkait pembelajaran tentang:
1. Mengolah informasi yang sudah
dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari
kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang
berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
2. Peserta didik
mengerjakan beberapa soal mengenai Hubungan
antar garis.
3. Menambah keluasan
dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari
solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai
kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin,
taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan
berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan : Hubungan antar garis.
|
|
75
menit
|
Catatan :
Selama
pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang
meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh
menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)
|
|
Kegiatan
Penutup
Peserta didik :
Membuat rangkuman/simpulan
pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran
yang baru dilakukan.
Melakukan refleksi terhadap
kegiatan yang sudah dilaksanakan. (HOTS: Reflektif)
Guru :
Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan projek dengan benar
diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
Memberikan penghargaan kepada
kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
Merencanakan kegiatan tindak
lanjut dalam bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
Mengagendakan pekerjaan rumah.
Menyampaikan rencana pembelajaran
pada pertemuan berikutnya.
|
15
menit
|
2.
Pertemuan Ke-2 (2 x 35 menit )
|
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
Guru
:
Orientasi
1. Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa
untuk memulai pembelajaran. (PPK:
Spiritual)
2. Sebelum
memulai pelajaran, guru mengajak peserta didik untuk bernyanyibersama yang
ada pada buku siswa, guru juga bisa mengajak peserta didikmenyanyikan lagu
daerah/nasional yang sesuai dengan tema pelajaran. (PPK: Nasionalis)
3. Memeriksa
kehadiran peserta didik. (PPK: Displin)
4. Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
1. Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran
yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya: Hubungan antar garis.
2. Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
3. Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
1. Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
2. Apabila
materi/tema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang: Garis
sejajar.
3. Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung.
4. Mengajukan
pertanyaan.
Pemberian
Acuan
1.
Memberitahukan materi pelajaran yang
akan dibahas pada pertemuan saat itu.
2.
Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan
KKM/KBM pada pertemuan yang berlangsung.
3. Pembagian
kelompok belajar
4. Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
15
menit
|
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Orientasi
peserta didik kepada masalah
|
MENGAMATI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk
memusatkan perhatian pada topik Garis
sejajardengan cara :
Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto/tabel berikut ini Garis sejajar.
Mengamati
Lembar kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk
dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb yang
berhubungan dengan:
Membaca(Literasi)
Dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran
berlangsung, materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari
internet/materi yang berhubungan denganGaris
sejajar.
Mendengar
Pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan Garis sejajar.
Menyimak
penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis
besar/global tentang materi pelajaran
mengenai : Garis sejajaruntuk
melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
|
Mengorganisasikan peserta didik
|
MENANYA (4C:
CRITICAL THINKING)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk
mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar
yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
Mengajukan pertanyaantentang :Garis sejajaryang tidak dipahami dari apa yang diamati atau
pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati
(dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat
hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan
merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup
cerdas dan belajar sepanjang hayat.
|
Membimbing
penyelidikan individu dan kelompok
|
MENGUMPULKAN
INFORMASI (LITERASI)
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk
menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
Mengamati obyek/kejadian,
Membaca sumber lain selain buku
teks (Literasi)
mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah
untuk mencari dan membaca artikel tentang Garis sejajar.
Mengumpulkan Informasi(4C: Collaboration)
Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok
atau kegiatan lain guna menemukan
solusimasalah terkait materi pokok yaitu Garis sejajar.
Aktivitas
1. Peserta
didik diminta untuk mengamati Garis sejajar pada kegiatan mengamati.
2. Peserta
didik diminta untuk mengamati sifat-sifat Garis sejajar pada kegiatan
mengamati.
3. Peserta
didik diminta untuk mengerjakan soal yang telah guru sediakan.
Mempraktikan
Mendiskusikan(4C: Collaboration)
Saling tukar informasi (4C: Collaboration)
Saling tukar informasi tentangGaris sejajardengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari
kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat
dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan
metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada
lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap
teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan
berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai
cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang
hayat.
|
Mengembangkan
dan menyajikan hasil karya
|
MENGKOMUNIKASIKAN (4C: COMMUNICATION)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
1. Menyampaikan
hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan,
tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi,
kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
2. Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :Garis sejajar.
3. Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan
4. Bertanya atas
presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk
menjawabnya.
5. Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan
secara tertulis tentang Garis sejajar.
6. Menjawab
pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja
yang telah disediakan.
7. Bertanya tentang
hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada
siswa.
8. Menyelesaikan uji
kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar
lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa
terhadap materi pelajaran.
|
Menganalisa &mengevaluasi proses pemecahan masalah
|
MENGASOSIASIKAN (HOTS: REFLEKTIF)
Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi
dari guru terkait pembelajaran tentang:
1. Mengolah informasi yang sudah
dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari
kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang
berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
2. Peserta didik
mengerjakan beberapa soal mengenai Garis
sejajar.
3. Menambah keluasan
dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari
solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai
kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin,
taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan
berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan : Garis sejajar.
|
|
75
menit
|
Catatan :
Selama
pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang
meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh
menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)
|
|
Kegiatan
Penutup
Peserta didik :
Membuat rangkuman/simpulan
pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran
yang baru dilakukan.
Melakukan refleksi terhadap
kegiatan yang sudah dilaksanakan. (HOTS: Reflektif)
Guru :
Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan projek dengan benar
diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
Memberikan penghargaan kepada
kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
Merencanakan kegiatan tindak
lanjut dalam bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
Mengagendakan pekerjaan rumah.
Menyampaikan rencana pembelajaran
pada pertemuan berikutnya.
|
15
menit
|
3.
Pertemuan Ke-3 (2 x 35 menit )
|
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
Guru
:
Orientasi
1. Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa
untuk memulai pembelajaran. (PPK:
Spiritual)
2. Sebelum
memulai pelajaran, guru mengajak peserta didik untuk bernyanyibersama yang
ada pada buku siswa, guru juga bisa mengajak peserta didikmenyanyikan lagu
daerah/nasional yang sesuai dengan tema pelajaran. (PPK: Nasionalis)
3. Memeriksa
kehadiran peserta didik. (PPK: Disiplin)
4. Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
1. Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan
dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya: Garis
sejajar
2. Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
3. Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
1. Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
2. Apabila
materi/tema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang: Garis
berpotongan.
3. Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
4. Mengajukan
pertanyaan.
Pemberian
Acuan
1. Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
2.
Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM
pada pertemuan yang berlangsung
3. Pembagian
kelompok belajar
4. Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
15
menit
|
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Orientasi
peserta didik kepada masalah
|
MENGAMATI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk
memusatkan perhatian pada topik Garis
berpotongandengan cara :
Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto/tabel berikut ini Garis berpotongan.
Mengamati
Lembar kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk
dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb yang
berhubungan dengan:
Membaca(Literasi)
Dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran
berlangsung, materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari
internet/materi yang berhubungan denganGaris
berpotongan.
Mendengar
Pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan Garis berpotongan.
Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis
besar/global tentang materi pelajaran
mengenai : Garis berpotonganuntuk
melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
|
Mengorganisasikan peserta didik
|
MENANYA (4C:
CRITICAL THINKING)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk
mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar
yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
Mengajukan pertanyaantentang :Garis berpotonganyang tidak dipahami dari apa yang diamati atau
pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati
(dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat
hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan
merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup
cerdas dan belajar sepanjang hayat.
|
Membimbing
penyelidikan individu dan kelompok
|
MENGUMPULKAN
INFORMASI (LITERASI)
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk
menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
Mengamati obyek/kejadian,
Membaca sumber lain selain buku
teks (Literasi)
mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah
untuk mencari dan membaca artikel tentang Garis berpotongan.
Mengumpulkan Informasi(4C: Collaboration)
Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok
atau kegiatan lain guna menemukan
solusimasalah terkait materi pokok yaitu Garis berpotongan.
Aktivitas
1. Peserta didik
diminta untuk mengamati Garis berpotongan pada kegiatan mengamati
2. Peserta didik
diminta untuk mengamati sifat-sifat Garis berpotongan pada kegiatan
mengamati
3. Peserta didik
diminta untuk mengerjakan beberapa soal yang telah guru sajikan!
Mempraktikan
Mendiskusikan(4C: Collaboration)
Saling tukar informasi (4C: Collaboration)
Saling tukar informasi tentangGaris berpotongandengan ditanggapi aktif oleh peserta didik
dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat
dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan
metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada
lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap
teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan
berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai
cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang
hayat.
|
Mengembangkan
dan menyajikan hasil karya
|
MENGKOMUNIKASIKAN (4C: COMMUNICATION)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
1.
Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis
secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur,
teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat
dengan sopan
2. Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :Garis berpotongan.
3.
Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan dan
ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
4.
Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya.
5.
Menyimpulkan tentang point-point
penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa
: Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang Garis berpotongan.
6.
Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau
lembar kerja yang telah disediakan.
7.
Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa
pertanyaan kepada siswa.
8.
Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik
atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek
penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
|
Menganalisa
&mengevaluasi proses pemecahan masalah
|
MENGASOSIASIKAN (HOTS: REFLEKTIF)
Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi
dari guru terkait pembelajaran tentang:
1. Mengolah informasi yang sudah
dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari
kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang
berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
2. Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai Garis berpotongan.
3. Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan: Garis berpotongan.
|
|
75
menit
|
Catatan :
Selama
pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang
meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh
menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)
|
|
Kegiatan
Penutup
Peserta didik :
Membuat rangkuman/simpulan
pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran
yang baru dilakukan.
Melakukan refleksi terhadap
kegiatan yang sudah dilaksanakan. (HOTS: Reflektif)
Guru :
Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan projek dengan benar
diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
Memberikan penghargaan kepada
kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
Merencanakan kegiatan tindak
lanjut dalam bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
Mengagendakan pekerjaan rumah.
Menyampaikan rencana pembelajaran
pada pertemuan berikutnya
|
15
menit
|
4.
Pertemuan Ke-3 (2 x 35 menit )
|
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
Guru
:
Orientasi
1. Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa
untuk memulai pembelajaran. (PPK:
Spiritual)
2. Sebelum
memulai pelajaran, guru mengajak peserta didik untuk bernyanyibersama yang
ada pada buku siswa, guru juga bisa mengajak peserta didikmenyanyikan lagu
daerah/nasional yang sesuai dengan tema pelajaran. (PPK: Nasionalis)
3. Memeriksa
kehadiran peserta didik. (PPK: Disiplin)
4. Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
1. Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan
dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya: Garis
berpotongan.
2. Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
3. Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
1. Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
2. Apabila
materi/tema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang: Garis
berhimpit.
3. Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
4. Mengajukan
pertanyaan.
Pemberian
Acuan
1. Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
2.
Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM
pada pertemuan yang berlangsung
3. Pembagian
kelompok belajar
4. Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
15
menit
|
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Orientasi
peserta didik kepada masalah
|
MENGAMATI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk
memusatkan perhatian pada topik Garis
berhimpitdengan cara :
Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto/tabel berikut iniGaris berhimpit.
Mengamati
Lembar kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk
dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb yang
berhubungan dengan:
Membaca(Literasi)
Dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran
berlangsung), materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari
internet/materi yang berhubungan denganGaris
berhimpit.
Mendengar
pemberian materi oleh guru yang berkaitan denganGaris berhimpit.
Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis
besar/global tentang materi pelajaran
mengenai : Garis berhimpituntuk
melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
|
Mengorganisasikan peserta didik
|
MENANYA (4C:
CRITICAL THINKING)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk
mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar
yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
Mengajukan pertanyaantentang :Garis berhimpityang tidak dipahami dari apa yang diamati atau
pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati
(dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat
hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan
merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup
cerdas dan belajar sepanjang hayat.
|
Membimbing
penyelidikan individu dan kelompok
|
MENGUMPULKAN
INFORMASI (LITERASI)
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk
menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
Mengamati obyek/kejadian,
Membaca sumber lain selain buku
teks (Literasi)
mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah
untuk mencari dan membaca artikel tentang Garis berhimpit.
Mengumpulkan Informasi(4C: Collaboration)
Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok
atau kegiatan lain guna menemukan
solusimasalah terkait materi pokok yaituGaris
berhimpit.
Aktivitas
1. Peserta didik
diminta untuk mengamati Garis berhimpit pada kegiatan mengamati.
2. Peserta didik
diminta untuk mengamati sifat-sifat Garis berhimpit.
3. Peserta didik
diminta untuk mengerjakan beberapa contoh soal.
Mempraktikan
Mendiskusikan(4C: Collaboration)
Saling Tukar Informasi (4C: Collaboration)
Saling tukar informasi tentangGaris berhimpitdengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari
kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat
dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan
metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada
lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti,
jujur,
sopan,
menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan
kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari,
mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
|
MENGKOMUNIKASIKAN (4C: COMMUNICATION)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
1.
Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis
secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur,
teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat
dengan sopan
2.
Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang: Garis berhimpit.
3.
Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan dan
ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
4. Bertanya
atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan
untuk menjawabnya.
5.
Menyimpulkan tentang point-point
penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa
: Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang Garis berhimpit.
6. Menjawab
pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja
yang telah disediakan.
7. Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan
kepada siswa.
8.
Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik
atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek
penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
|
Menganalisa
& mengevaluasi proses pemecahan masalah
|
MENGASOSIASIKAN (HOTS: REFLEKTIF)
Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi
dari guru terkait pembelajaran tentang:
1. Mengolah informasi yang sudah
dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari
kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang
berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
2.
Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai Garis berhimpit.
3.
Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang
bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang
berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur,
teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur
dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan : Garis berhimpit.
|
|
75
menit
|
Catatan :
Selama
pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang
meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi
masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)
|
|
Kegiatan
Penutup
Peserta didik :
Membuat rangkuman/simpulan
pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran
yang baru dilakukan.
Melakukan refleksi terhadap
kegiatan yang sudah dilaksanakan.(HOTS: Reflektif)
Guru :
Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan projek dengan benar
diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
Memberikan penghargaan kepada
kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
Merencanakan kegiatan tindak
lanjut dalam bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
Mengagendakan pekerjaan rumah.
Menyampaikan rencana pembelajaran
pada pertemuan berikutnya
|
15
menit
|
F.
Penilaian, Pembelajaran Remedial dan
Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian
Kompetensi Pengetahuan
1) Tes
Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes
Lisan
b.
Penilaian Kompetensi Keterampilan
1)
Proyek, pengamatan, wawancara’
a) Mempelajari buku teks dan
sumber lain tentang materi pokok
b) Menyimak tayangan/demo
tentang materi pokok
c) Menyelesaikan tugas yang
berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
Laporan
tertulis individu/ kelompok
3) Produk
2. Instrumen Penilaian
a. Pertemuan Pertama
(Terlampir)
b. Pertemuan Kedua (Terlampir)
c. Pertemuan Ketiga
(Terlampir)
d. Pertemuan Keempat
(Terlampir)
3. PembelajaranRemedial dan Pengayaan
a. Remedial
1) Remedial dapat diberikan
kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang
sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum
mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
2) Guru memberi semangat
kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal).
Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM
(Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.
Peserta didik yang belum menguasai
materi akan dijelaskan kembali oleh guru materi Guru akan melakukan penilaian
kembali dengan soal yang sejenis. Remedial dilaksanakan pada waktu dan hari
tertentu yang disesuaikan contoh: pada saat jam belajar, apabila masih ada
waktu, atau di luar jam pelajaran (30 menit setelah jam pelajaran selesai).
b.
Pengayaan
1) Pengayaan diberikan untuk
menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat
diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai
Kompetensi Dasar.
2) Pengayaan dapat ditagihkan
atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
3) Direncanakan berdasarkan
IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya
Peserta didik yang sudah menguasai
materi mengerjakan soal pengayaan yang telah
disiapkan oleh guru
berupa pertanyaan-pertanyaan pilihan ganda dalam buku panduan guru. Guru
mencatat dan memberikan tambahan nilai bagi peserta didik yang berhasil dalam
pengayaan.
Mengetahui
Kepala SDN 87 Tamanroya
M.
Sila B., S.Pd.
NIP. 19671231 198803 1 083
|
|
Bontolebang, 16 November 2019
Guru Kelas
Fatmawati
Senen, S.Pd.
|
Casino Site Review 2021 - Lucky Club
BalasHapusAre you looking for a casino site that will let you play online and win big? Find the best games, luckyclub free spins, and casino bonus for you! Rating: 5 · Review by LuckyClub