LK-7 JURNAL PRAKTEK MENGAJAR UP 1
LK-7 jURNAL pRAKTEK mENGAJAR up 1
Nama Peserta : FATMAWATI SENEN,S.Pd
Sekolah : SDN NO.87 TAMANROYA
Jenjang :
SD
Aspek
Praktek Pembelajaran
|
Deskripsi
|
Dokumentasi
|
||
Kegiatan
Pendahuluan
|
◼
Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa
berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius
◼
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi
lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk
disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
◼
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang ”Selalu Berhemat Energi”.
◼
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang
meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan
menyimpulkan.
◼
Menyanyikan lagu Indonesia Raya Nasionalis
◼
Guru melakukan tanya jawab tentang pengertian energi
|
|
||
Kegiatan
Inti
|
|
|
||
1
|
Proses
Saintifik (5M)
|
▪
Bagaimana cara kipas angin dapat berputar? (Menanya)
▪
Siswa yang mengacungkan tangan diminta untuk
mempraktikkan cara untuk menyalakan kipas
tersebut. Mandiri
▪
Siswa membuat kincir berdasarkan instruksi di
buku. Siswa mengamati teks visual dan intruksi yang ada di buku siswa. Guru
memotivasi siswa untuk membaca dengan cermat teks yang ada. Guru meminta
siswa untuk saling menceritakan isi teks kepada temannya. Guru berkeliling
dan membuat catatan bagi siswa yang masih kesulitan memahami gagasan dari
teks yang dibacanya. (Mengekplorasi)
|
|
|
2
|
Aktivitas
Pembelajaran HOTS
|
|
|
|
|
a.
|
Transfer
Knowledge
|
Siswa mempresentasikan hasil diskusi
(perwakilan)
|
|
|
b.
|
Critical
Thinking, Creativity
|
Siswa
menuliskan hasil diskusi pada lembar kertas yang telah tersedia kemudian
ditempelkan pada dindng (windowshowpee) kemudian siswa dari kelompok lain
mengamati dan memberikan tanda bintang pada hasil diskusi yang berbeda. Creativity and Innovation
|
|
|
c.
|
Problem
Solving
|
Siswa melakukan percobaan menggunakan tiupan
angin untuk kincir kertas. Critical Thinking and Problem Solving
|
|
3
|
Kecakapan
Abad 21 (PPK, Literasi,
|
Siswa kemudian membaca teks singkat tentang
bacaan macam-macam sumber energi. Literasi
|
|
|
4
|
Dimensi
Pengetahuan
|
▪
Guru menyajikan media pembelajaran berupa
tayangan video tentang sumber energi alternatif.
Siswa mengamati tayangan tersebut.Siswa tanya
jawab dengan guru tentang tayangan video (hal-hal/ istilah yang belum
dipahami)
|
|
|
5
|
Pelaksanaan
Penilaian
|
Melakukan penilaian hasil belajar
|
|
|
Kegiatan
Penutup
|
◼
Bersama-sama siswa
membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas
◼
Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
◼
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan
keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius
|
|
Bontolebang, 16 November 2019
Mengetahui
Kepala Sekolah
|
Guru Kelas
|
M.SILA B,S.Pd FATMAWATI SENEN,S.Pd
NIP.1967231 198803 1 083
Rubrik
Praktik Pembelajaran
Rubrik ini digunakan pengawas untuk menilai hasil praktik pembelajaran peserta.
Langkah-langkah
penilaian hasil kajian:
1.
Cermati tugas yang
diberikan kepada peserta pembekalan pada LK-5!
2.
Berikan nilai pada
hasil kajian berdasarkan penilaian anda terhadap hasil kerja peserta sesuai
rubrik berikut!
A.
Kegiatan Praktik
- Praktik kegiatan pendahuluan dilaksanakan dengan baik.
- Praktik kegiatan inti memperlihatkan pembelajaran berorientasi HOTS.
- Praktik kegiatan inti memperlihatkan pembelajaran berorientasi HOTS.
terintegrasi PPK.
- Praktik kegiatan inti memperlihatkan pembelajaran berorientasi HOTS.
Terintegrasi
keterampilan Abad 21.
- Praktik kegiatan penutup dilaksanakan dengan baik.
- Praktik kegiatan dilengkapi dengan penilaian.
Rubrik Penilaian:
Nilai
|
Rubrik
|
90 < nilai £ 100
|
Enam aspek sesuai dengan
kriteria
|
80 < nilai £ 90
|
Lima aspek sesuai dengan
kriteria, tiga aspek kurang sesuai
|
70 < nilai £ 80
|
Empat sesuai dengan kriteria,
lima aspek kurang sesuai
|
60 < nilai £ 70
|
Tiga sesuai dengan kriteria,
tujuh aspek kurang sesuai
|
<60
|
Dua aspek sesuai dengan
kriteria, sepuluh aspek kurang sesuai
|
0 Response to "LK-7 JURNAL PRAKTEK MENGAJAR UP 1"
Posting Komentar