-->

LK-7 JURNAL PRAKTEK MENGAJAR UP 1


LK-7 jURNAL pRAKTEK mENGAJAR up 1


Nama Peserta                   : FATMAWATI SENEN,S.Pd
Sekolah                                : SDN NO.87 TAMANROYA
Jenjang                                 : SD
Aspek Praktek Pembelajaran
Deskripsi
Dokumentasi
Kegiatan Pendahuluan
              Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius

              Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.

              Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Selalu Berhemat Energi”.


              Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.


              Menyanyikan lagu Indonesia Raya Nasionalis


              Guru melakukan tanya jawab tentang pengertian energi
Description: C:\Users\User\AppData\Local\Temp\WhatsApp Image 2019-12-02 at 5.10.27 PM.jpeg
Description: C:\Users\User\AppData\Local\Temp\WhatsApp Image 2019-12-03 at 07.19.49.jpeg
Description: C:\Users\User\AppData\Local\Temp\WhatsApp Image 2019-12-02 at 5.34.03 PM.jpeg
Description: C:\Users\User\AppData\Local\Temp\WhatsApp Image 2019-12-02 at 5.34.03 PM-1.jpeg
Description: C:\Users\User\AppData\Local\Temp\WhatsApp Image 2019-12-03 at 07.30.35.jpeg
Description: C:\Users\User\AppData\Local\Temp\WhatsApp Image 2019-12-03 at 07.32.51.jpeg
Kegiatan Inti


1
Proses Saintifik (5M)
         Bagaimana cara kipas angin dapat berputar? (Menanya)




         Siswa yang mengacungkan tangan diminta untuk mempraktikkan cara untuk menyalakan kipas  tersebut. Mandiri

         Siswa membuat kincir berdasarkan instruksi di buku. Siswa mengamati teks visual dan intruksi yang ada di buku siswa. Guru memotivasi siswa untuk membaca dengan cermat teks yang ada. Guru meminta siswa untuk saling menceritakan isi teks kepada temannya. Guru berkeliling dan membuat catatan bagi siswa yang masih kesulitan memahami gagasan dari teks yang dibacanya. (Mengekplorasi)






Description: C:\Users\User\AppData\Local\Temp\WhatsApp Image 2019-12-02 at 5.48.09 PM.jpeg
Description: C:\Users\User\AppData\Local\Temp\WhatsApp Image 2019-12-02 at 5.51.24 PM.jpeg


Description: C:\Users\User\AppData\Local\Temp\WhatsApp Image 2019-12-02 at 5.53.56 PM.jpeg
2
Aktivitas Pembelajaran HOTS



a.
Transfer Knowledge
Siswa mempresentasikan hasil diskusi (perwakilan)
Description: C:\Users\User\AppData\Local\Temp\WhatsApp Image 2019-12-02 at 5.56.37 PM.jpeg

b.
Critical Thinking, Creativity
Siswa menuliskan hasil diskusi pada lembar kertas yang telah tersedia kemudian ditempelkan pada dindng (windowshowpee) kemudian siswa dari kelompok lain mengamati dan memberikan tanda bintang pada hasil diskusi yang berbeda. Creativity and Innovation

Description: C:\Users\User\AppData\Local\Temp\WhatsApp Image 2019-12-02 at 5.59.38 PM.jpeg

c.
Problem Solving
Siswa melakukan percobaan menggunakan tiupan angin untuk kincir kertas. Critical Thinking and Problem Solving
Description: C:\Users\User\AppData\Local\Temp\WhatsApp Image 2019-12-02 at 6.01.55 PM.jpeg

3
Kecakapan Abad 21 (PPK, Literasi, 
Siswa kemudian membaca teks singkat tentang bacaan macam-macam sumber energi. Literasi
Description: C:\Users\User\AppData\Local\Temp\WhatsApp Image 2019-12-02 at 6.03.05 PM.jpeg
4
Dimensi Pengetahuan
         Guru menyajikan media pembelajaran berupa tayangan video tentang sumber energi alternatif.
Siswa mengamati tayangan tersebut.Siswa tanya jawab dengan guru tentang tayangan video (hal-hal/ istilah yang belum dipahami)

Description: C:\Users\User\AppData\Local\Temp\WhatsApp Image 2019-12-02 at 6.07.39 PM.jpeg
5
Pelaksanaan Penilaian


Melakukan penilaian hasil belajar

Description: C:\Users\User\AppData\Local\Temp\WhatsApp Image 2019-12-02 at 6.12.32 PM.jpeg
Kegiatan Penutup
               
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas




              Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)





              Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius

Description: C:\Users\User\AppData\Local\Temp\WhatsApp Image 2019-12-02 at 6.10.31 PM.jpeg
Description: C:\Users\User\AppData\Local\Temp\WhatsApp Image 2019-12-02 at 6.14.05 PM.jpeg

Description: C:\Users\User\AppData\Local\Temp\WhatsApp Image 2019-12-02 at 6.15.48 PM.jpeg


 









Bontolebang,  16 November 2019


Mengetahui
Kepala Sekolah

Guru Kelas



 M.SILA B,S.Pd                                                     FATMAWATI SENEN,S.Pd
 NIP.1967231 198803 1 083        


 Rubrik  Praktik Pembelajaran 

Rubrik ini digunakan pengawas untuk menilai hasil praktik pembelajaran peserta.
Langkah-langkah penilaian hasil kajian:
1.       Cermati tugas yang diberikan kepada peserta pembekalan pada LK-5!
2.       Berikan nilai pada hasil kajian berdasarkan penilaian anda terhadap hasil kerja peserta sesuai rubrik berikut!

A.      Kegiatan Praktik
  1. Praktik kegiatan pendahuluan dilaksanakan dengan baik.
  2. Praktik kegiatan inti memperlihatkan pembelajaran berorientasi HOTS.
  3. Praktik kegiatan inti memperlihatkan pembelajaran berorientasi HOTS. terintegrasi PPK.
  4. Praktik kegiatan inti memperlihatkan pembelajaran berorientasi HOTS.
Terintegrasi keterampilan Abad 21.
  1. Praktik kegiatan penutup dilaksanakan dengan baik.
  2. Praktik kegiatan dilengkapi dengan penilaian.

Rubrik Penilaian:
Nilai
Rubrik
90 < nilai £ 100
Enam aspek sesuai dengan kriteria
80 < nilai £ 90
Lima aspek sesuai dengan kriteria, tiga aspek kurang sesuai
70 < nilai £ 80
Empat sesuai dengan kriteria, lima aspek kurang sesuai
60 < nilai £ 70
Tiga sesuai dengan kriteria, tujuh aspek kurang sesuai
<60
Dua aspek sesuai dengan kriteria, sepuluh aspek kurang sesuai


0 Response to "LK-7 JURNAL PRAKTEK MENGAJAR UP 1"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel