LK 2 ANALISIS UNIT PEMBELAJARANHUBUNGAN GAYA DAN GERAK (ENERGI DAN PERUBANHANNYA)
LK 2 Analisis Unit Pembelajaran
JENJANG : Kelas IV
KD
|
IPK
|
Materi
|
Kegiatan Pembelajaran
|
||
HOTS
|
|||||
Transfer Knowledge
|
Critical thinking, Creativity
|
Problem Solving
|
|||
3.4 menghubungkan gaya dan
gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar
|
3.6.1 Menjelaskan
pengertian gaya
3.6.2 Menjelaskan
pengertian gerak
3.6.3 Menyelidiki hubungan gaya dan gerak
|
Gayadan Gerak
|
Siswa memahami tugas kelompok yang tertulis pada
LKPD.
Siswa membuktikkan gaya mempengaruhi gerak.
Siswa menyimpulkan hasil praktik
|
Siswa berdiskusi, berdiskusi tentang
hasil percobaan ( membuktikkan gaya mempengaruhi gerak benda).
Siswa mencoba menjawab persoalan yang dikemukaan
salah satu siswa “
Manakah yang jatuh terlebih dahulu kelereng atau kertas tisu “
|
Siswa mencari pembuktian untuk menyelesaiakn
persoalan “Mengapa kelereng jatuh terlebih dahulu daripda tisu”
|
|
|
|
|
|
|
Unsur Keterampilan Abad 21 pada Kegiatan Pembelajaran
KD
|
IPK
|
Materi
|
Kegiatan Pembelajaran
|
||
Keterampilan abad 21
|
|||||
PPK
|
Literasi
|
4C
|
|||
4.4 Menyajikan hasil
percobaan tentang hubungan gaya dan gerak
|
4.4 .1 Menyajikan hasil
percobaan tentang hubungan gaya dan gerak
|
Gaya dan gerak
|
Siswa membuktikan pengaruh gaya dengan gerak (kejujuran, tanggung jawab,
ketelitian)
Siswa berdiskusi menyelesaikan persoalan berdasarkan
LKPD
( gotong
royong)
|
Mencari informasi pendukung melalui bahan bacaan
tentang pengaruh gaya berat terhadap kecepatan.
Mempraktikkan percobaan dengann mengaitkan hubungan
gaya berat terhadap kecepatan gerak benda
(literai
sains)
|
Creativity :
menjawab pertanyaan, menyimpulkan hasil percobaan.
Critical thinking :
Melakukan percobaan untuk membuktikan pengaruh gaya
terhadap gerak.
Mencari informasi dengan bahan bacaan dari berbagai
sumber.
Collaboration :
berdiskusi
Communication :
presentasi
hasil diskusi
|
|
|
|
|
|
|
Penilaian
Pengembangan Soal
|
Kesesuaian Penilaian
|
HOTS
|
|
IPK
|
Materi
|
||
Pengetahuan
|
3.6.1 Menjelaskan pengertian gaya
3.6.2 Menjelaskan pengertian gerak
3.6.3
Menyelidiki hubungan gaya dan gerak
Sesuai
|
Gaya dan gerak
Sesuai
|
Sudah HOTS
|
Keterampilan
|
4.4 .1 Menyajikan hasil percobaan tentang
hubungan gaya dan gerak
Sesuai
|
Gaya dan gerak
Sesuai
|
Sudah HOTS
|
Nama Unit Pembelajaran ke 2 :HUBUNGAN ANTAR GARIS
KD
|
IPK
|
Materi
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
||
HOTS
|
|||||
Transfer
Knowledge
|
Critical
thinking, Creativity
|
Problem
Solving
|
|||
3.10 Menjelaskan
hubungan antar garis ( sejajar, berpotongan, berhimpit) menggunakan model
konkret
4.10
Mengidentifikasi hubungan antar garis (sejajar, berpotongan, berhimpit)
menggunakan model konkret
|
3.6.2 Menjelaskan
hubungan antar garis sejajar
3.6.3 Menjelaskan
hubungan antar garis, berpotongan menggunakan benda konkret
|
Hubungan Antar Garis
|
Siswa memahami tugas yang
diberikan oleh gurunya.
Siswa membuktikan hubungan
antar garis sejajar, berpotongan, berhimpit dengan benda konkret
|
Siswa dapat menunjukkan
benda – benda konkret yang menunjukkan hubungan antar garis.
|
Siswa mencari pembuktian
untuk menyelesaikan persoalan “benda – benda konkret yang menunjukkan
hubungan antar garis”
|
Unsur
Keterampilan Abad 21 pada Kegiatan Pembelajaran
KD
|
IPK
|
Materi
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
||
Keterampilan
abad 21
|
|||||
PPK
|
Literasi
|
4C
|
|||
3.10 Menjekaskan hubungan antar garis (sejajar,berpotongan, berhimpit)
menggunakan model konkret
4.10 Mengidentifikasi hubungan antar garis (sejajar, berpotongan,
berhimpit) menggunakan model berhimpit
|
3.6.2 Menjelaskan
hubungan antar garis sejajar
3.6.3 Menjelaskan
hubungan antar garis berpotongan menggunakan benda konkret
|
Hubungan Antar Garis
|
1. Siswa berdoa sebelum dan sesudah pelajaran
2. Guru mengajak siswa untuk selalu bersyukur karena
masih diberi kesehatan
3. Guru menggunakan kata-kata baku selama pembelajaran
4. Guru menggunakan benda – benda konkret sebagai media
pembelajaran
|
Guru mengajak siswa membaca
15 menit sebelum pelajaran dimulai
|
Guru saling berinteraksi
dengan siswa.
Guru menjalin komunikasi
yang baik dengan siswa supaya siswa dengan mudah menerima pelajaran.
Dengan berbagai benda
konkret yang digunakan siswa untuk membuktikan hubungan antar garis.
Siswa dengan teliti
mengamati media ( benda konkret) untuk membuktikan hubungan antar garis.
|
Penilaian
Pengembangan
Soal
|
Kesesuaian
Penilaian
|
HOTS
|
|
IPK
|
Materi
|
||
Perhatikan gambar berikut
Apakah gambar di atas
menunjukkan hubungan antar garis?
|
3.6.2 Menjelaskan
hubungan antar garis sejajar
3.6.3 Menjelaskan
hubungan antar garis,berpotongan menggunakan benda konkret
|
Hubungan Antar Garis
|
Bukan HOTS
(level C1, Mengingat)
|
R-2. Rubrik Desain Pembelajaran Berorientasi HOTS
Rubrik ini
digunakan fasilitator untuk menilai hasil kerja analisis KD, rumusan IPK dan
kegiatan pembelajaran sesuai model pembelajaran.
Langkah-langkah
penilaian hasil kajian:
1.
Cermati tugas yang diberikan kepada peserta pembekalan
pada LK-2!
2.
Berikan nilai berdasarkan penilaian anda terhadap
hasil kerja peserta sesuai rubrik berikut!
Kriteria
Penilaian:
1.
Menuliskan
Unsur HOTS pada
analisis unit pembelajaran 1 dengan tepat.
2.
Menuliskan
Keterampilan Abad 21 pada analisis unit pembelajaran 1 dengan tepat.
3.
Menuliskan
penilaian pada analisis unit pembelajaran 1 dengan tepat.
4.
Menuliskan
Unsur HOTS pada
analisis unit pembelajaran 2 dengan tepat.
5.
Menuliskan
Keterampilan Abad 21 pada analisis unit pembelajaran 2 dengan tepat.
6.
Menuliskan
penilaian pada analisis unit pembelajaran 2 dengan tepat.
Rubrik
Penilaian:
Nilai
|
Rubrik
|
90 < nilai £ 100
|
Enam aspek sesuai dengan kriteria
|
80 < nilai £ 90
|
Lima aspek sesuai dengan kriteria,satu aspek kurang sesuai
|
70 < nilai £ 80
|
Empat aspek sesuai dengan kriteria, dua aspek kurang sesuai
|
60 < nilai £ 70
|
Tiga aspek sesuai dengan kriteria,
tiga aspek kurang sesuai
|
<60
|
Dua aspek sesuai dengan kriteria, empat aspek kurang sesuai
|
0 Response to "LK 2 ANALISIS UNIT PEMBELAJARANHUBUNGAN GAYA DAN GERAK (ENERGI DAN PERUBANHANNYA)"
Posting Komentar